5 Ayat Al-Quran Tentang Haman

5 Ayat Al-Quran Tentang Haman
5 Ayat Al-Quran Tentang Haman


AlQuranPedia.Org - Nabi Musa ‘alaihissalam adalah nabi yang paling banyak disebut dan diceritakan Al-Quranul Karim. Ada 136 kali penyebutan Musa di Al-Quran. Nabi Musa dijuluki Allah “Kalamullah” karena Allah berfirman langsung kepadanya.

Dan (Kami telah mengutus) rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu. Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung. (Q.S. An-Nisaa’ : 164)
Di Al-Quran Nabi Musa ‘alaihissalam sering dikisahkan ketika dia berdakwah kepada Fir’aun dan bala tentaranya. Bahkan ceritanya begitu detail dan jelas. Salah satu di antara pemuka Fir’aun adalah Haman. Haman bisa dibilang adalah tangan kanan Fir’aun. Haman juga adalah salah satu di antara orang yang zalim di zaman Nabi Musa ‘alaihissalam. Haman ikut durhaka bersama Fir’aun, Qarun dan juga Samiri.

Maka dari itulah Blog Al-Quran Pedia tertarik untuk membahas ayat-ayat Al-Quran tentang Haman. Simak selengkapnya pada tulisan ini.

1
dan akan Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi dan akan Kami perlihatkan kepada Fir'aun dan Haman beserta tentaranya apa yang selalu mereka khawatirkan dari mereka itu. (Q.S. Al-Qashash : 6)

Pada ayat di atas Allah Ta’ala menjelaskan mengenai kedudukan Bani Israil di muka bumi. Allah Ta’ala juga menyebutkan bahwa Fir’aun dan Haman beserta tentara mereka akan diperlihatkan Allah mengenai apa yang selalu mereka khawatirkan, yakni seseorang yang bisa mengancam kerajaannya dari kalangan Bani Israil.

2
Dan berkata Fir'aun: "Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah hai Haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa dia termasuk orang-orang pendusta." (Q.S. Al-Qashash : 38)

Ayat di atas menjelaskan tentang kebangkangan Fir’aun. Fir’aun mengakui dirinya adalah tuhan dan menantang siapa saja yang tidak menjadikannya tuhan. Fir’aun memerintahkan kepada Haman agar membuat suatu bangunan yang tinggi agar Fir’aun dapat melihat Tuhannya Musa.
3
dan (juga) Qarun, Fir'aun dan Haman. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka Musa dengan (membawa bukti-bukti) keterangan-keterangan yang nyata. Akan tetapi mereka berlaku sombong di (muka) bumi, dan tiadalah mereka orang-orang yang luput (dari kehancuran itu). (Q.S. Al-‘Ankabuut : 39)

Ayat di atas menyebutkan 3 orang durhaka pada zaman Musa ‘alaihissalam, yaitu Qarun, Fir’aun dan Haman. Mereka bertiga sombong terhadap Allah dan tidak mengikuti risalah yang dibawa Musa ‘alaihissalam.

4
kepada Fir'aun, Haman dan Qarun; maka mereka berkata: "(Ia) adalah seorang ahli sihir yang pendusta." (Q.S. Al-Mu’min : 24)

Ayat di atas menjelaskan perintah Allah Ta’ala kepada Musa agar berdakwah kepada tiga orang ini. Akan tetapi ketiga orang ini malah mengatakan Musa itu seorang ahli sihir dan pendusta. Sungguh keji sekali tuduhan mereka.

5
Dan berkatalah Fir'aun: "Hai Haman, buatkanlah bagiku sebuah bangunan yang tinggi supaya aku sampai ke pintu-pintu, (yaitu) pintu-pintu langit, supaya aku dapat melihat Tuhan Musa dan sesungguhnya aku memandangnya seorang pendusta." Demikianlah dijadikan Fir'aun memandang baik perbuatan yang buruk itu, dan dia dihalangi dari jalan (yang benar); dan tipu daya Fir'aun itu tidak lain hanyalah membawa kerugian. (Q.S. Al-Mu’min : 36-37)

Ayat ini hampir sama seperti Surah Al-Qashash ayat 38 yang telah kita jelaskan sebelumnya bahwa Fir’aun memerintahkan kepada Haman untuk membuat sebuah bangunan yang tinggi agar dia bisa menggapai pintu-pintu langit dan kiranya dia dapat melihat Tuhan Musa. Itulah Fir’aun, sampai-sampai Allah Ta’ala membuat Fir’aun memandang baik perbuatan buruknya.

Itulah penjelasan singkat kita mengenai Haman di dalam Al-Quran. Semoga tulisan ini menambah pengetahuan dan keimanan kita terhadap Allah Jalla Jalaluh.
Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 25 Rabiul Awwal 1439 Hijriyah/14 Desember 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon