9 Ayat Al-Quran Tentang Nasrani

9 Ayat Al-Quran Tentang Nasrani
9 Ayat Al-Quran Tentang Nasrani


AlQuranPedia.Org - Di dunia ini banyak sekali agama dan keyakinan, ada Islam, Kristen/Nasrani, Yahudi, Shinto, Konghuchu, Buddha, Hindu, Ateis, Anamisme, Dinamisme, dan lain sebagainya. Akan tetapi hanya 1 agama saja yang diridhoi oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Esa, yaitu Islam.

Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al-Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. (Q.S. Ali ‘Imran : 19)

Maka dari itu selain Islam dia tidak akan diterima. Telah sahih hadits dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa tidak ada jalan bagi Yahudi dan Nasrani (dan semua kepercayaan) selain masuk Islam. Kalau mereka mati tidak dalam keadaan Islam, maka dapat dipastikan dia masuk neraka Jahannam, kekal selama-lamanya.

Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni Ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk. (Q.S. Al-Bayyinah : 6)


Pada tulisan ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang membicarakan tentang Nasrani/Kristen. Di dalam Al-Quran, Nasrani disebut “An-Nashoro”. Al-Quran banyak menyebutkan kesesatan umat Nasrani, membantah ucapan-ucapan mereka (seperti mengatakan Allah punya anak dan mengatakan Allah itu salah satu dari yang tiga), dan mengajak mereka kembali kepada kebenaran dengan mengikuti ajaran yang dibawa oleh nabi terakhir Muhammad shallallahu ‘alaihi  wa sallam yaitu Islam. Simak selengkapnya ayat-ayat di bawah ini.

1
Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Q.S. Al-Baqarah : 62)

2
Dan mereka (Yahudi dan Nasrani) berkata: "Sekali-kali tidak akan masuk surga kecuali orang-orang (yang beragama) Yahudi atau Nasrani." Demikian itu (hanya) angan-angan mereka yang kosong belaka. Katakanlah: "Tunjukkanlah bukti kebenaranmu jika kamu adalah orang yang benar." (Q.S. Al-Baqarah : 111)

3
Dan orang-orang Yahudi berkata: "Orang-orang Nasrani itu tidak mempunyai suatu pegangan", dan orang-orang Nasrani berkata: "Orang-orang Yahudi tidak mempunyai sesuatu pegangan," padahal mereka (sama-sama) membaca Al-Kitab. Demikian pula orang-orang yang tidak mengetahui, mengatakan seperti ucapan mereka itu. Maka Allah akan mengadili diantara mereka pada hari Kiamat, tentang apa-apa yang mereka berselisih padanya. (Q.S. Al-Baqarah : 113)

4
Dan mereka berkata: "Hendaklah kamu menjadi penganut agama Yahudi atau Nasrani, niscaya kamu mendapat petunjuk". Katakanlah : "Tidak, melainkan (kami mengikuti) agama Ibrahim yang lurus. Dan bukanlah dia (Ibrahim) dari golongan orang musyrik". (Q.S. Al-Baqarah : 134)


5
ataukah kamu (hai orang-orang Yahudi dan Nasrani) mengatakan bahwa Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, adalah penganut agama Yahudi atau Nasrani?" Katakanlah: "Apakah kamu lebih mengetahui ataukah Allah, dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang menyembunyikan syahadah dari Allah yang ada padanya?" Dan Allah sekali-kali tiada lengah dari apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-Baqarah : 140)

6
Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus lagi berserah diri (kepada Allah) dan sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik. (Q.S. Ali ‘Imran : 67)

7
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. (Q.S. Al-Maa’idah : 51)

8
Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya kami ini orang Nasrani." Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menymbongkan diri. (Q.S. Al-Maa’idah : 82)

9
(yaitu) orang-orang yang telah diusir dari kampung halaman mereka tanpa alasan yang benar, kecuali karena mereka berkata: "Tuhan kami hanyalah Allah." Dan sekiranya Allah tiada menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain, tentulah telah dirobohkan biara-biara Nasrani, gereja-gereja, rumah-rumah ibadat orang Yahudi dan masjid- masjid, yang di dalamnya banyak disebut nama Allah. Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa, (Q.S. Al-Hajj : 40)

Itulah berbagai ayat Al-Quran tentang Nasrani. Kami hanya menampilkan beberapa penyebutan “Nasrani” di Al-Quran. Adapun kesesatan akidah dan kepercayaan mereka tidak kami bahas di sini karena pembahasannya panjang sekali.


Semoga ayat-ayat di atas menambah pengetahuan kita mengenai ayat Al-Quran. Semoga Allah beri hidayah kepada orang-orang Kristen/Nasrani dan orang non-muslim lainnya agar masuk Islam, satu-satunya agama yang benar.

Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 15 Rabiul Awwal 1439 Hijriyah/4 Desember 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon