19 Ayat Al-Quran Tentang ‘Arsy

19 Ayat Al-Quran Tentang ‘Arsy
19 Ayat Al-Quran Tentang ‘Arsy


AlQuranPedia.Org – Salah satu di antara ciptaan Allah Tabaraka Wa Ta’ala adalah ‘Arsy. ‘Arsy adalah makhluk Allah Ta’ala yang paling besar. ‘Arsy berada di atas langit. Di atas ‘Arsy inilah Tuhan kita Allah Jalla Jalaluh bersemayam sesuai yang dikehendaki-Nya. ‘Arsy memiliki empat pemikul, dan pada hari kiamat akan berjumlah delapan (karena ditambah empat). ‘Arsy memiliki kaki yang ditopang oleh para malaikat-Nya. Adapun salah satu sifat ‘Arsy disebutkan dalam banyak hadits.

Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda,
"Aku telah diizinkan untuk menyampaikan tentang para malaikat Allah pembawa ‘Arsy. Sesungguhnya antara daun telinga dan lehernya berjarak tujuh ratus tahun." (HR. Abu Daud, no. 4727)

Dari 'Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu, dia berkata,
"Antara langit dunia dengan langit berikutnya berjarak lima ratus tahun dan jarak antara masing-masing langit berjarak lima ratus tahun. Antara langit ketujuh dengan Kursi berjarak lima ratus tahun. Sedangkan jarak antara Kursy dengan air berjarak lima ratus tahun. ‘Arsy berada di atas air, sedangkan Allah berada di atas ‘Arsy. Tidak ada yang tersembunyi bagi-Nya amal-amal kalian." (HR. Ibnu Khuzaimah dalam At-Tauhid, hal. 105, Baihaqi dalam 'Al-Asma wa Ash-Shifat, hal. 401. Riwayat ini dishahihkan oleh Al-Imam Ibnu Qayim dalam 'Ijtima Juyusy Islamiyah', hal. 100 dan Al-Imam Adz-Dzahabi dalam 'Al-Uluw', hal. 64)

(Baca Juga : Apakah 'Arsy Makhluk?)

Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang menyebutkan ‘Arsy Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

1
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam. (Q.S. Al-A’raaf : 54)

2
yang mempunyai 'Arsy, lagi Maha Mulia, (Q.S. Al-Buruuj : 15)

3
yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai 'Arsy, (Q.S. At-Takwiir : 20)

4
Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu delapan orang malaikat menjunjung 'Arsy Tuhanmu di atas (kepala) mereka. (Q.S. Al-Haaqqah : 17)

5
Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa: Kemudian Dia bersemayam di atas ´arsy Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-Hadiid : 4)

6
(Malaikat-malaikat) yang memikul 'Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala, (Q.S. Al-Mu’min : 7)

7
(Dialah) Yang Maha Tinggi derajat-Nya, Yang mempunyai 'Arsy, Yang mengutus Jibril dengan (membawa) perintah-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya, supaya dia memperingatkan (manusia) tentang hari pertemuan (hari kiamat). (Q.S. Al-Mu’min : 15)

8
Maha Suci Tuhan Yang empunya langit dan bumi, Tuhan Yang empunya 'Arsy, dari apa yang mereka sifatkan itu. (Q.S. Az-Zukhruf : 82)

9
Allah, tiada Tuhan Yang disembah kecuali Dia, Tuhan Yang mempunyai 'Arsy yang besar." (Q.S. An-Naml : 26)


10
Dan kamu (Muhammad) akan melihat malaikat-mmlaikat berlingkar di sekeliling 'Arsy bertasbih sambil memuji Tuhannya; dan diberi putusan di antara hamba-hamba Allah dengan adil dan diucapkan: "Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam." (Q.S. Az-Zumar : 75)

11
Allah-lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy. Tidak ada bagi kamu selain dari padaNya seorang penolongpun dan tidak (pula) seorang pemberi syafa'at. Maka apakah kamu tidak memperhatikan? (Q.S. As-Sajdah : 4)

12
Yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, kemudian dia bersemayam di atas ‘Arsy, (Dialah) Yang Maha Pemurah, maka tanyakanlah (tentang Allah) kepada yang lebih mengetahui (Muhammad) tentang Dia. (Q.S. Al-Furqaan : 59)

13
Sekiranya ada di langit dan di bumi tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu telah rusak binasa. Maka Maha Suci Allah yang mempunyai 'Arsy daripada apa yang mereka sifatkan. (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 22)

14
Katakanlah: "Siapakah Yang Empunya langit yang tujuh dan Yang Empunya 'Arsy yang besar?" (Q.S. Al-Mu’minuun : 86)

15
Maka Maha Tinggi Allah, Raja Yang Sebenarnya; tidak ada Tuhan selain Dia, Tuhan (Yang mempunyai) 'Arsy yang mulia. (Q.S. Al-Mu’minuun : 116)

16
(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah. Yang bersemayam di atas 'Arsy. (Q.S. Thaahaa : 5)

17
Katakanlah: "Jikalau ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagaimana yang mereka katakan, niscaya tuhan-tuhan itu mencari jalan kepada Tuhan yang mempunyai 'Arsy." (Q.S. Al-Israa’ : 42)

18
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran? (Q.S. Yunus : 3)

19
Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung." (Q.S. At-Taubah : 129)

Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah, meskipun Allah Ta’ala bersemayam di atas ‘Arsy, itu tidak menunjukkan Allah membutuhkan ‘Arsy, melainkan sebaliknya, ‘Arsy lah yang membutuhkan Allah. Karena ‘Arsy itu makhluk ciptaan Allah, dan Allah tidak membutuhkan makhluk.

Itulah pembahasan kita mengenai ayat-ayat Al-Quranul Hakim tentang ‘Arsy. Semoga pembahasan kita ini menambah iman dan taqwa kita kepada Allah Ta’ala, bahwasannya ‘Arsy itu sangatlah besar, dan Allah Ta’ala adalah Penciptanya, Pencipta segala apa yang ada di langit dan di bumi. Dia bersemayam di atas ‘Arsy, tetapi ilmu-Nya meliputi segala sesuatu sehingga tidak ada yang luput dari-Nya.

Dia mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan yang kamu nyatakan. Dan Allah Maha Mengetahui segala isi hati. (Q.S. At-Taghaabun : 4)


Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Diselesaikan pada 12 Muharram 1439 Hijriyah/1 Oktober 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon