5 Ayat Al-Quran Tentang Istana

5 Ayat Al-Quran Tentang Istana
5 Ayat Al-Quran Tentang Istana


AlQuranPedia.Org - Allah ‘Azza Wa Jalla telah menurunkan Al-Quran kepada kita dengan susunan yang sempurna. Al-Quran terdiri dari 6.236 ayat, 114 surah, 60 hizb dan 30 juz. Dari ayat-ayat itu banyak sekali jenis isi Al-Quran. Ada ayat Al-Quran yang membahas tentang sains, hukum, ibadah, aqidah, kekuasaan Allah, keesaan Allah, kisah-kisah dan lain sebagainya. Ada ayat yang dijelaskan secara rinci dan ada juga ayat yang hanya disebutkan saja.


Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran tentang istana. Di dalam Al-Quran istana banyak disebut ketika menyebutkan kisah-kisah. Penasaran bukan? Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Maha Suci (Allah) yang jika Dia menghendaki, niscaya dijadikan-Nya bagimu yang lebih baik dari yang demikian, (yaitu) surga-surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, dan dijadikan-Nya (pula) untukmu istana-istana. (Q.S. Al-Furqaan : 10)

Ayat di atas menjelaskan mengenai nikmat Allah di surga, penghuni surga akan diberikan sungai-sungai yangmengalir di bawahnya dan diberikan istana pula.

2
Dikatakan kepadanya: "Masuklah ke dalam istana." Maka tatkala dia melihat lantai istana itu, dikiranya kolam air yang besar, dan disingkapkannya kedua betisnya. Berkatalah Sulaiman: "Sesungguhnya ia adalah istana licin terbuat dari kaca." Berkatalah Balqis: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah berbuat zalim terhadap diriku dan aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Allah, Tuhan semesta alam." (Q.S. An-Naml : 44)

Ayat di atas menjelaskan tentang kisah Nabi Sulaiman dengan Ratu Balqis. Ketika itu Balqis masuk ke dalam istana Sulaiman ‘alaihissalam dan dia pun takjub akan itu. Kemudian Balqis sadar bahwa dirinya tidak ada apa-apanya, dia pun berserah diri kepada Allah Jalla Jalaluh.

3
Dan ingatlah olehmu di waktu Tuhan menjadikam kamu pengganti-pengganti (yang berkuasa) sesudah kaum 'Aad dan memberikan tempat bagimu di bumi. Kamu dirikan istana-istana di tanah-tanahnya yang datar dan kamu pahat gunung-gunungnya untuk dijadikan rumah; maka ingatlah nikmat-nikmat Allah dan janganlah kamu merajalela di muka bumi membuat kerusakan. (Q.S. Al-A’raaf : 74)

Ayat di atas adalah teguran sekaligus perintah Allah Ta’ala agar selalu mengingat nikmat-nikmat-Nya. Jangan kita mendustakan nikmat Allah, terlebih lagi berbuat kerusakan di bumi.


4
Berapalah banyaknya kota yang Kami telah membinasakannya, yang penduduknya dalam keadaan zalim, maka (tembok-tembok) kota itu roboh menutupi atap-atapnya dan (berapa banyak pula) sumur yang telah ditinggalkan dan istana yang tinggi, (Q.S. Al-Hajj : 45)

Pada ayat di atas Allah Ta’ala mengingatkan kepada kita bahwa banyak kaum dan kota yang dimusnahkan Allah Ta’ala.

4
Sesungguhnya neraka itu melontarkan bunga api sebesar dan setinggi istana. (Q.S. Al-Mursalaat : 32)

Ayat di atas menjelaskan tentang neraka dan siksaannya. Neraka itu melonarkan bunga api yang sangat besar, karena besar dan tingginya seperti istana.

Tidak banyak memang ayat-ayat Al-Quran menyebutkan tentang istana, Allah Ta’ala menyebutkan hanya 5 kali saja di dalam kitab-Nya.

Itulah pembahasan singkat kita mengenai ayat-ayat Al-Quran tentang istana. Semoga ayat-ayat di atas menambah pengetahuan dan wawasan kita seputar Al-Quran. Terlebih lagi sekarang ini banyak orang yang hanya menjadikan Al-Quran pajangan saja, malas sekali orang untuk membacanya dan meneliti isi kandungannya.


Semoa bermanfaat.

Diselesaikan pada 26 Shafar 1439 Hijriyah/15 November 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon