8 Ayat Al-Quran Tentang Kulit

8 Ayat Al-Quran Tentang Kulit
8 Ayat Al-Quran Tentang Kulit
AlQuranPedia.Org - Allah Tabaraka Wa Ta’ala beberapa kali menyebut “kulit” di dalam Al-Quran. Kulit yang dimaksudkan tentu saja kulit manusia, baik itu kulit tangan, kaki, kepala, wajah, badan dan lain sebagainya. Di dalam Al-Quran, kata kulit disebut dengan “Al-Julud”. Adapun masalah kulit ini tidak bisa dipandang sepele. Kulit kelak akan memberikan kesaksian terhadap apa-apa saja yang telah kita lakukan selama di dunia. Kita bahkan terheran-heran dan terkejut dengan kulit karena tiba-tiba nanti dia bisa berbicara. Semua akan bersaksi, kulit, tangan, kaki, penglihatan dan pendengaran.

Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan. (Q.S. Yaasiin : 65)


Bahkan di antara siksaan neraka Jahannam adalah kulit dibakar. Setelah hangus, kulit akan diganti lagi dengan kulit yang lain, lalu dibakar lagi dan hangus kembali. Lalu diganti lagi dan begitulah seterusnya. Siksaan akan berlangsung terus-menerus dan tidak akan pernah berhenti. Maka dari itu berhati-hatilah kita, kulit tangan, wajah, kaki, tubuh dan semuanya kelak akan bersaksi di hadapan Allah atas segala perbuatan kita.

Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran berkenaan dengan kulit. Simak selengkapnya pada tulisan ini.

1
Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Q.S. An-Nisaa’ : 56)

2
Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al-Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun. (Q.S. Az-Zumar : 23)


3
Sehingga apabila mereka sampai ke neraka, pendengaran, penglihatan dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S. Fushshilat : 20)

4
Dan mereka berkata kepada kulit mereka: "Mengapa kamu menjadi saksi terhadap kami?" Kulit mereka menjawab: "Allah yang menjadikan segala sesuatu pandai berkata telah menjadikan kami pandai (pula) berkata, dan Dia-lah yang menciptakan kamu pada kali pertama dan hanya kepada-Nya lah kamu dikembalikan." (Q.S. Fushshilat : 21)

5
Kamu sekali-sekali tidak dapat bersembunyi dari kesaksian pendengaran, penglihatan dan kulitmu kepadamu bahkan kamu mengira bahwa Allah tidak mengetahui kebanyakan dari apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Fushshilat : 22)

6
Dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit (mereka). (Q.S. Al-Hajj : 20)

7
yang mengelupas kulit kepala, (Q.S. Al-Ma’aarij : 16)

8
(Neraka Saqar) adalah pembakar kulit manusia. (Q.S. Al-Muddatstsir : 29)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang menyebutkan dan membicarakan tentang kulit. Semoga ayat-ayat di atas menjadi renungan bagi kita agar selalu mengintrospeksi diri masing-masing. Begitu banyak dosa dan maksiat yang telah kita perbuat dengan kulit kita. Bertaubatlah dan berubahlah dari sekarang, jangan ditunda besok-besok. Semoga tulisan ini juga menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah ‘Azza Wa Jalla.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 7 Rabiul Akhir 1439 Hijriyah/26 Desember 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon