Orang Yang Dicintai Allah Menurut Al-Quran

9 Orang Yang Dicintai Allah Menurut Al-Quran
9 Orang Yang Dicintai Allah Menurut Al-Quran

AlQuranPedia.Org - Siapa yang tidak mau dicintai Allah? Kita semua pasti ingin dicintai oleh Allah, Tuhan kita semua. Ketika Allah sudah mencintai seorang hamba, maka apapun yang diminta hamba tersebut pasti Allah kabulkan. Jikalau Allah Tabaraka Wa Ta’ala sudah mencintai seorang hamba, maka hamba tersebut akan dijaga, dipelihara dan dilindungi dengan sebaik-baiknya oleh Allah. Maka dari itu wajib bagi kita untuk meraih cinta Allah.


Bagaimana caranya? Pada tulisan kali ini Blog Al-Quran Pedia akan membahasnya. Tulisan ini akan menjelaskan tentang siapa-siapa yang dicintai Allah menurut Al-Quranul Karim. Simak selengkapnya.

1. Orang yang mengikuti Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam

Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Ali ‘Imran : 31)

2. Bersikap lemah lembut terhadap mukmin, keras terhadap orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, tidak takut celaan orang terhadapnya

Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al-Maa’idah : 54)

3. Orang yang berlaku adil

Dan kalau ada dua golongan dari mereka yang beriman itu berperang hendaklah kamu damaikan antara keduanya! Tapi kalau yang satu melanggar perjanjian terhadap yang lain, hendaklah yang melanggar perjanjian itu kamu perangi sampai surut kembali pada perintah Allah. Kalau dia telah surut, damaikanlah antara keduanya menurut keadilan, dan hendaklah kamu berlaku adil; sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil. (Q.S. Al-Hujuraat : 9)


4. Orang yang berbuat baik

Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. (Q.S. Al-Baqarah : 195)

5. Orang yang bertaubat dan menyucikan diri

Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: "Haidh itu adalah suatu kotoran." Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. (Q.S. Al-Baqarah : 222)

6. Orang yang bertawakkal kepada Allah

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. (Q.S. Ali ‘Imran : 159)

7. Orang yang bertaqwa kepada Allah

(Bukan demikian), sebenarnya siapa yang menepati janji (yang dibuat)nya dan bertakwa, maka sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertakwa. (Q.S. Ali ‘Imran : 76)

8. Orang yang sabar

Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut (nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar. (Q.S. Ali ‘Imran : 146)

9. Orang yang berperang (berjihad) di jalan Allah dengan barisan yang teratur

Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh. (Q.S. Ash-Shaff : 4)

Itulah berbagai orang-orang yang dicintai Allah Subhanahu Wa Ta’ala berdasarkan ayat-ayat Al-Quranul Karim. Sudah sepantasnya kita melakukan ke-sembilan hal di atas. Mari kita kejar cinta Allah dan keridhoan-Nya.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 3 Rabiul Akhir 1439 Hijriyah/22 Desember 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon