16 Ayat Al-Quran Tentang Kubur

16 Ayat Al-Quran Tentang Kubur
16 Ayat Al-Quran Tentang Kubur


AlQuranPedia.Org  - Sesungguhnya alam kubur/barzakh itu nyata. Betapa banyak manusia yang sudah terbujur lemah tidak bisa bergerak lagi di dalam kuburnya. Apa yang mereka bawa? Apakah hartanya? Apakah jabatannya? Apakah rumah mewahnya? Apakah uangnya? Tidak wahai saudaraku. Seseorang yang sudah mati, hanya membawa amal. Amal yang akan menemani seseorang di kuburannya. Maka dari itu perbanyak amal.

Akan tetapi mengenai kuburan ini orang banyak persepsi. Orang menganggap bahwa orang yang sudah mati itu berada di dalam kuburnya. Memang iya, tetapi hanya jasadnya saja. Jiwanya tidak berada di kubur itu. Jiwanya berada di alam barzakh. Penyebutan alam kubur hanyalah memudahkan manusia dalam memahaminya. Sebenarnya yang tepat adalah alam barzakh, yaitu alam penantian kita menuju akhirat. Kalau seseorang beriman dan beramal sholih, dia akan mendapatkan nikmat kubur, akan tetapi kalau seseorang banyak dosanya, maka dia akan mendapatkan siksa kubur.


Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran tentang kubur. Simak selengkapnya di bawah ini.

1
kemudian Dia mematikannya dan memasukkannya ke dalam kubur, (Q.S. ‘Abasa : 21)

2
Maka apakah dia tidak mengetahui apabila dibangkitkan apa yang ada di dalam kubur, (Q.S. Al-‘Aadiyaat : 9)

3
Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur- angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah. (Q.S. Al-Hajj : 5)

4
dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur. (Q.S. Al-Hajj : 7)

5
(yaitu) pada hari mereka keluar dari kubur dengan cepat seakan-akan mereka pergi dengan segera kepada berhala-berhala (sewaktu di dunia), (Q.S. Al-Ma’aarij : 43)


6
(Yaitu) hari (ketika) mereka keluar (dari kubur); tiada suatupun dari keadaan mereka yang tersembunyi bagi Allah. (Lalu Allah berfirman): "Kepunyaan siapakah kerajaan pada hari ini?" Kepunyaan Allah Yang Maha Esa lagi Maha Mengalahkan. (Q.S. Al-Mu’min : 16)

7
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu jadikan penolongmu kaum yang dimurkai Allah. Sesungguhnya mereka telah putus asa terhadap negeri akhirat sebagaimana orang-orang kafir yang telah berada dalam kubur berputus asa. (Q.S. Al-Mumtahanah : 13)

8
Berkatalah orang-orang yang kafir: "Apakah setelah kita menjadi tanah dan (begitu pula) bapak-bapak kita; apakah sesungguhnya kita akan dikeluarkan (dari kubur)? (Q.S. An-Naml : 67)

9
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah berdirinya langit dan bumi dengan iradat-Nya. Kemudian apabila Dia memanggil kamu sekali panggil dari bumi, seketika itu (juga) kamu keluar (dari kubur). (Q.S. Ar-Ruum : 25)

10
sampai kamu masuk ke dalam kubur. (Q.S. At-Takaatsur : 2)

11
dan tidak (pula) sama orang-orang yang hidup dan orang-orang yang mati. Sesungguhnya Allah memberi pendengaran kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan kamu sekali-kali tiada sanggup menjadikan orang yang didalam kubur dapat mendengar. (Q.S. Faathir : 22)

12
Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kamu (dari dalam kubur) itu melainkan hanyalah seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa saja. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (Q.S. Luqman : 28)

13
(Yaitu) pada hari mereka mendengar teriakan dengan sebenar-benarnya itulah hari ke luar (dari kubur). (Q.S. Qaaf : 42)

14
Dan ditiuplah sangkalala, maka tiba-tiba mereka keluar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka. (Q.S. Yaasiin : 51)

15
Mereka berkata: "Aduhai celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat-tidur kami (kubur)?" Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul-rasul(Nya). (Q.S. Yaasiin : 52)

16
yaitu pada hari Dia memanggil kamu, lalu kamu mematuhi-Nya sambil memuji-Nya dan kamu mengira, bahwa kamu tidak berdiam (di dalam kubur) kecuali sebentar saja. (Q.S. Al-Israa’ : 52)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang membicarakan dan membahas tentang kubur. Semoga tulisan ini menjadi renungan bagi kita bahwa kita pun akan menyusul mereka (yang sudah mati). Bahkan, tujuan ziarah kubur itu bukan untuk mengenang si mayyit, akan tetapi tujuan utamanya adalah mengingatkan kita akan kematian. Perbanyaklah mengingat pemutus kelezatan dunia, yaitu kematian.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 6 Rabiul Akhir 1439 Hijriyah/25 Desember 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon