10 Ayat Al-Quran Tentang Bidadari

10 Ayat Al-Quran Tentang Bidadari
10 Ayat Al-Quran Tentang Bidadari


AlQuranPedia.Org - Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjanjikan surga bagi hamba-Nya yang beriman dan beramal sholih. Surga yang dijanjikan Allah tidak main-main, memang benar-benar nyata dan memang betul-betul akan diberikan Allah ‘Azza Wa Jalla. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji-Nya.

Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga 'Adn. Dan keridhaan Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar. (Q.S. At-Taubah : 72)


Pada ayat lain Allah Ta’ala berfirman,

kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, maka mereka itu akan masuk syurga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikitpun, yaitu syurga 'Adn yang telah dijanjikan oleh Tuhan Yang Maha Pemurah kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (syurga itu) tidak nampak. Sesungguhnya janji Allah itu pasti akan ditepati. (Q.S. Maryam : 60-61)

Bahkan Allah menggunakan bahasa “membeli” orang mukmin. Seakan-akan Allah ingin menunjukkan keseriusan dan kebenaran janji-Nya.

Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al-Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar. (Q.S. At-Taubah : 111)

Itulah perniagaan sama Allah, perniagaan yang tidak akan rugi, malah mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. (Q.S. Ash-Shaff : 10-11)

Pada ayat lain Allah Ta’ala berfirman,

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. (Q.S. Faathir : 29-30)

Salah satu di antara kenikmatan surga yang dijanjikan Allah adalah diberikannya kepada kita bidadari. Bidadari ini kalau kata Al-Quran, tidak pernah disentuh manusia dan jin sebelumnya, bermata jeli, cantik, perawan, yang membuat mata kita senang dan tentram dengannya.

Maka dari itu pada tulisan kali ini Blog Al-Quran Pedia tertarik untuk membahas ayat-ayat Al-Quran tentang bidadari. Bidadari di Al-Quran disebut dengan “Al-Huur”. Inilah ayat-ayat Al-Quran yang membicarakan tentang bidadari.

1
Di sisi mereka ada bidadari-bidadari yang tidak liar pandangannya dan jelita matanya, (Q.S. Ash-Shaffaat : 48)


2
Dan pada sisi mereka (ada bidadari-bidadari) yang tidak liar pandangannya dan sebaya umurnya. (Q.S. Shad : 52)

3
mereka bertelekan di atas dipan-dipan berderetan dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik bermata jeli. (Q.S. Ath-Thuur : 20)

4
Di dalam syurga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni syurga yang menjadi suami mereka), dan tidak pula oleh jin. (Q.S. Ar-Rahmaan : 56)

5
Di dalam syurga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik. (Q.S. Ar-Rahmaan : 70)

6
(Bidadari-bidadari) yang jelita, putih bersih, dipingit dalam rumah. (Q.S. Ar-Rahmaan : 72)

7
Dan ada bidadari-bidadari bermata jeli, (Q.S. Al-Waaqi’ah : 22)

8
Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung. (Q.S. Al-Waaqi’ah : 35)

9
demikianlah. Dan Kami berikan kepada mereka bidadari. (Q.S. Ad-Dukhaan : 54)

10
Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan. (Q.S. Ar-Rahmaan : 58)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang membicarakan tentang bidadari. Semoga ayat-ayat di atas membuat kita semakin rindu dengan surga yang dijanjikan Allah. Surga yang luasnya seluas langit dan bumi.

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (Q.S. Ali ‘Imran : 133)

Bahkan ada satu hal yang membuat kita semakin rindu dengan surga, yakni berjumpa dengan Allah Tabaraka Wa Ta’ala. Di dalam surga kita akan melihat wajah Allah, wajah Tuhan yang selama ini kita ruku’ dan sujud kepada-Nya.

Wajah-wajah (orang-orang mukmin) pada hari itu berseri-seri. Kepada Tuhannyalah mereka melihat. (Q.S. Al-Qiyaamah : 22-23)

Ya Allah masukkanlah kami ke dalam surga-Mu, surga Firdaus-Mu Ya Robb. Amin Allahumma Amin.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 30 Rabiul Awwal 1439 Hijriyah/19 Desember 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon