7 Ayat Paling Keren di Al-Quran

7 Ayat Paling Keren di Al-Quran
7 Ayat Paling Keren di Al-Quran


AlQuranPedia.Org - Allah ‘Azza Wa Jalla telah menurunkan Al-Quran kepada kita, Kitab terbaik, Kitab yang tidak ada tandingannya. Sesungguhnya Al-Quran diturunkan dalam sebaik-baik bahasa yaitu bahasa Arab, yang disusun dengan struktur dan komposisi yang sempurna.

(Ialah) Al-Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa. (Q.S. Az-Zumar : 28)


Isi Al-Quran sempurna, tidak ada kekurangan sedikitpun, merupakan bahasa Tuhan Pemilik Langit dan Bumi. Maka dari itu kami tertarik membahas mengenai ayat-ayat keren yang ada di Al-Quran. Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al-Baqarah : 261)

Perhatikan bahasanya, Allah Ta’ala menjelaskan perumpamaan orang yang bersedekah di jalan Allah seperti benih yang menumbuhkan tujuh bulir, setiap bulirnya ada seratus biji. Dengan kata lain Allah akan membalas orang yang bersedekah hingga 700 kali lipat.

2
Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik. (Q.S. Al-Mu’minuun : 12-14)

Ayat di atas menjelaskan tentang penciptaan manusia dari awal, dari mani sampai jadi manusia dengan bentuk yang sempurna. Bahasa Allah Ta’ala begitu runtut dan indah.

3
Tidaklah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian)nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan. (Q.S. An-Nuur : 43)

Ayat di atas menjelaskan tentang proses pembentukan hujan dari awal sampai turunnya air. Proses dijelaskan dari awan yang berkumpul sampai terjadinya hujan. Allah menjelaskannya secara singkat, padat dan jelas. Penggunaan bahasa yang sangat sempurna.


4
Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Az-Zumar : 53)

Ayat di atas menrangkan tentang rahmat dan ampunan Allah Ta’ala yang sangat luas. Allah memanggil hamba-hamba-Nya agar jangan berputus asa terhadap rahmat Allah dan bertaubat kepada-Nya, sesungguhnya Allah itu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

5
Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al-Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman. (Q.S. Yusuf : 111)

Allah Ta’ala menjelaskan mengenai Al-Quran, kandungannya dan fungsinya. Al-Quran itu bukan dongeng, tapi menjelaskan segala sesuatu. Al-Quran itu juga sebagai petunjuk dan rahmat untuk orang-orang beriman.

6
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (Q.S. Al-Baqarah : 186)

7
Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. (Q.S. Al-An’aam : 99)

Ayat di atas menjelaskan tentang cara Allah menghidupkan dan menyuburkan tanaman, Allah menurunkan hujan, kemudian proses pertumbuhan tanamannya dijelaskan Allah secara ringkas namun lengkap.

Itulah 7 ayat-ayat Al-Quran paling keren dan indah. Sebenarnya semua ayat Al-Quran itu keren karena susunannya sempurna dan menggunakan tata bahasa yang terstruktur, namun kami hanya mengambil 7 saja di antara semuanya. Semoga ayat-ayat di atas semakin menambah kecintaan dan keimanan kita terhadap Al-Quranul Karim.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 24 Shafar 1439 Hijriyah/13 November 2017 Masehi.

1 comment:


EmoticonEmoticon