6 Ayat Al-Quran Tentang Baitul Maqdis

6 Ayat Al-Quran Tentang Baitul Maqdis
6 Ayat Al-Quran Tentang Baitul Maqdis

AlQuranPedia.Org - Baitul Maqdis adalah kiblat pertama umat Islam sebelum Ka’bah. Beberapa bulan umat Islam sholat menghadap Baitul Maqdis lalu Allah Ta’ala perintahkan bahwa kiblat diganti ke Masjidil Haram yakni Ka’bah. Baitul Maqdis terletak di bumi Syam, tepatnya Palestina. Allah Tabaraka Wa Ta’ala memberkahi Baitul Maqdis dan daerah sekelilingnya, begitupula Syam. 


Keutamaan Baitul Maqdis sangatlah banyak, banyak hadits yang menyebutkannya.

Dari Abdullah bin Amru bin Al-'Ash radhiyallahu 'anhuma, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda, "Ketika Sulaiman bin Dawud 'alaihimassalam membangun Baitul Maqdis, (ia) meminta kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala tiga perkara. (Yaitu), meminta kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar (diberi taufiq) dalam memutuskan hukum yang menepati hukum-Nya, lalu dikabulkan ; dan meminta kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dianugerahi kerajaan yang tidak patut diberikan kepada seseorang setelahnya, lalu dikabulkan ; serta memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala bila selesai membangun masjid, agar tidak ada seorangpun yang berkeinginan shalat disitu, kecuali agar dikeluarkan dari kesalahannya, seperti hari kelahirannya” (Dalam riwayat lain berbunyi : Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata : “Adapun yang dua, maka telah diberikan. Dan saya berharap, yang ketigapun dikabulkan)” (Hadits ini diriwayatkan An-Nasa’i, dan ini lafadz beliau, Ahmad dalam musnadnya dengan lebih panjang lagi. Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Hakim dalam kitab Mustadrak dan Baihaqi dalam kitab Syu’abul Iman, serta selain mereka)

Hadits lainnya adalah,

Diriwayatkan bahwa Abu Dzar Al-Ghifari radhiyallahu 'anhu bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam : “ Wahai Rasulullah, masjid apakah yang pertama kali diletakkan di bumi? Nabi menjawab: Masjidil Haram, aku bertanya lagi. Kemudian apa? . Nabi menjawab: Masjidil Aqsha. Aku bertanya. Berapakah jarak antara keduanya? Nabi menjawab. 40 tahun. Kemudian di manapun kalian mendapati waktu shalat, maka shalatlah sesungguhnya ada keutamaan di dalamnya. (HR. Bukhari dan Muslim)

Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang berhubungan dengan Baitul Maqdis, termasuk Palestina dan bumi Syam. Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al-Israa’ : 1)


2
Dan Kami seIamatkan Ibrahim dan Luth ke sebuah negeri yang Kami telah memberkahinya untuk sekalian manusia. (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 71)

Yang dimaksud dengan negeri pada ayat di atas adalah negeri Syam, termasuk di dalamnya Palestina. Allah memberkahi negeri tersebut, karena para nabi banyak diutus di sana dan tanahnya pun memang Allah berkahi, Allah suburkan tanahnya.

3
Dan (telah Kami tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berhembus dengan perintahnya ke negeri yang kami telah memberkatinya. Dan adalah Kami Maha Mengetahui segala sesuatu. (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 81)

4
Hai kaumku, masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentukan Allah bagimu, dan janganlah kamu lari kebelakang (karena takut kepada musuh), maka kamu menjadi orang-orang yang merugi. (Q.S. Al-Maa’idah : 21)

5
Dan Kami pusakakan kepada kaum yang telah ditindas itu, negeri-negeri bahagian timur bumi dan bahagian baratnya yang telah Kami beri berkah padanya. Dan telah sempurnalah perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka. Dan Kami hancurkan apa yang telah dibuat Fir'aun dan kaumnya dan apa yang telah dibangun mereka. (Q.S. Al-A’raaf : 137)

6
Dan sesungguhnya Kami telah menempatkan Bani Israil di ternpat kediaman yang bagus dan Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik. Maka mereka tidak berselisih, kecuali setelah datang kepada mereka pengetahuan (yang tersebut dalam Taurat). Sesungguhnya Tuhan kamu akan memutuskan antara mereka di hari kiamat tentang apa yang mereka perselisihkan itu. (Q.S. Yunus : 93)

Itulah berbagai keutamaan dan ayat Al-Quran yang membahas tentang Baitul Maqdis yang ada di Palestina. Semoga menambah keimanan dan wawasan kita terhadap agama Allah.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 28 Rabiul Awwal 1439 Hijriyah/17 Desember 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon