23 Ayat Al-Quran Tentang Unta

23 Ayat Al-Quran Tentang Unta
23 Ayat Al-Quran Tentang Unta

AlQuranPedia.Org - Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah menciptakan berbagai hewan di muka bumi ini. Ada yang hidup di darat, di air, di udara. Ada yang berkaki dua, berkaki empat. Ada yang jalan dengan kakinya, ada yang dengan perutnya, ada yang terbang. Maha Sempurna Allah atas segala ciptaan-Nya.

Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Q.S. An-Nuur : 45)


Pada tulisan kali ini kita akan terfokus kepada pembahasan ayat-ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang unta. Kenapa harus unta? Karena Allah Ta’ala sendiri yang memerintahkan kepada kita untuk memperhatikan, mempelajari dan meneliti bagaimana unta itu.

Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan, (Q.S. Al-Ghaasyiyah : 17)

Di dalam Al-Quran, unta terkadang disebut al-jamal, al-ba’ir, al-ibili, an-naqoti. Tentu saja itu berbeda-beda tergantung situasi dan kondisi. Misalnya pada kisah unta betina Nabi Sholih ‘alaihissalam, maka sebutannya an-naqoti. Untuk mengetahui ayat-ayat mana saja yang membahas tentang unta. Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit dan tidak (pula) mereka masuk surga, hingga unta masuk ke lubang jarum. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat kejahatan. (Q.S. Al-A’raaf : 40)

2
Dan (Kami telah mengutus) kepada kaum Tsamud saudara mereka Shaleh. Ia berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain-Nya. Sesungguhnya telah datang bukti yang nyata kepadamu dari Tuhammu. Unta betina Allah ini menjadi tanda bagimu, maka biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apapun, (yang karenanya) kamu akan ditimpa siksaan yang pedih." (Q.S. Al-A’raaf : 73)

3
Kemudian mereka sembelih unta betina itu, dan mereka berlaku angkuh terhadap perintah Tuhan. Dan mereka berkata: "Hai Shaleh, datangkanlah apa yang kamu ancamkan itu kepada kami, jika (betul) kamu termasuk orang-orang yang diutus (Allah)." (Q.S. Al-A’raaf : 77)

4
dan sepasang dari unta dan sepasang dari lembu. Katakanlah: "Apakah dua yang jantan yang diharamkan ataukah dua yang betina, ataukah yang ada dalam kandungan dua betinanya? Apakah kamu menyaksikan di waktu Allah menetapkan ini bagimu? Maka siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang membuat-buat dusta terhadap Allah untuk menyesatkan manusia tanpa pengetahuan ?" Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. (Q.S. Al-An’aam : 144)

5
Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan, (Q.S. Al-Ghaasyiyah : 17)

6
Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh, (Q.S. Al-Hajj : 27)

7
Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syi'ar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan untua-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur. (Q.S. Al-Hajj : 36)

8
Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik. (Q.S. Al-Hajj : 37)

9
Dan sekali-kali tidak ada yang menghalangi Kami untuk mengirimkan (kepadamu) tanda-tanda (kekuasan Kami), melainkan karena tanda-tanda itu telah didustakan oleh orang-orang dahulu. Dan telah Kami berikan kepada Tsamud unta betina itu (sebagai mukjizat) yang dapat dilihat, tetapi mereka menganiaya unta betina itu. Dan Kami tidak memberi tanda-tanda itu melainkan untuk menakuti. (Q.S. Al-Israa’ : 59)


10
Seolah-olah ia iringan unta yang kuning. (Q.S. Al-Mursalaat : 33)

11
Sesungguhnya Kami akan mengirimkan unta betina sebagai cobaan bagi mereka, maka tunggulah (tindakan) mereka dan bersabarlah. (Q.S. Al-Qamar : 27)

12
Dan beritakanlah kepada mereka bahwa sesungguhnya air itu terbagi antara mereka (dengan unta betina itu); tiap-tiap giliran minum dihadiri (oleh yang punya giliran) (Q.S. Al-Qamar : 28)

13
Maka mereka memanggil kawannya, lalu kawannya menangkap (unta itu) dan membunuhnya. (Q.S. Al-Qamar : 29)

14
Maka kamu minum seperti unta yang sangat haus minum. (Q.S. Al-Waaqi’ah : 55)

15
lalu Rasul Allah (Saleh) berkata kepada mereka: ("Biarkanlah) unta betina Allah dan minumannya." (Q.S. Asy-Syams : 13)

16
Lalu mereka mendustakannya dan menyembelih unta itu, maka Tuhan mereka membinasakan mereka disebabkan dosa mereka, lalu Allah menyama-ratakan mereka (dengan tanah) (Q.S. Asy-Syams : 14)

17
Shaleh menjawab: "Ini seekor unta betina, ia mempunyai giliran untuk mendapatkan air, dan kamu mempunyai giliran pula untuk mendapatkan air di hari yang tertentu. (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 155)

18
Dan janganlah kamu sentuh unta betina itu dengan sesuatu kejahatan, yang menyebabkan kamu akan ditimpa oleh azab hari yang besar." (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 156)

19
dan apabila unta-unta yang bunting ditinggalkan (tidak diperdulikan) (Q.S. At-Takwiir : 4)

20
Hai kaumku, inilah unta betina dari Allah, sebagai mukjizat (yang menunjukkan kebenaran) untukmu, sebab itu biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apapun yang akan menyebabkan kamu ditimpa azab yang dekat." (Q.S. Huud : 64)

21
Mereka membunuh unta itu, maka berkata Shaleh: "Bersukarialah kamu sekalian di rumahmu selama tiga hari, itu adalah janji yang tidak dapat didustakan." (Q.S. Huud : 65)

22
Tatkala mereka membuka barang-barangnya, mereka menemukan kembali barang-barang (penukaran) mereka, dikembalikan kepada mereka. Mereka berkata: "Wahai ayah kami apa lagi yang kita inginkan. Ini barang-barang kita dikembalikan kepada kita, dan kami akan dapat memberi makan keluarga kami, dan kami akan dapat memelihara saudara kami, dan kami akan mendapat tambahan sukatan (gandum) seberat beban seekor unta. Itu adalah sukatan yang mudah (bagi raja Mesir)." (Q.S. Yusuf : 65)

23
Penyeru-penyeru itu berkata: "Kami kehilangan piala raja, dan siapa yang dapat mengembalikannya akan memperoleh bahan makanan (seberat) beban unta, dan aku menjamin terhadapnya." (Q.S. Yusuf : 72)

Itulah ayat-ayat Al-Quran yang menjelaskan ataupun menyebutkan tentang unta. Semoga ayat-ayat di atas menjadi renungan bagi kita terhadap ciptaan-ciptaan Allah Ta’ala, bahwa tidak ada yang sia-sia apa yang diciptakan Allah Tabaraka Wa Ta’ala.

Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan, (Q.S. Al-Mu’minuun : 21)


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 17 Shafar 1439 Hijriyah/5 November 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon