20 Ayat Al-Quran Tentang Gunung

20 Ayat Al-Quran Tentang Gunung
20 Ayat Al-Quran Tentang Gunung


AlQuranPedia.Org - Gunung adalah salah satu ciptaan Allah Ta’ala yang besar di muka bumi. Gunung diciptakan Allah dengan berbagai fungsi bagi manusia, bisa untuk menumbuhkan tanaman, untuk membangun rumah, dan yang terpenting adalah sebagai renungan bagi manusia bahwa kita adalah makhluk yang sangat kecil, dibandingkan gunung saja sudah kalah jauh, konon lagi dibandingkan sama Allah Yang Maha Besar?

Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia? Dan banyak di antara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya. Dan barangsiapa yang dihinakan Allah maka tidak seorangpun yang memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki. (Q.S. Al-Hajj : 18)


Kebanyakan penyebutan gunung di Al-Quran adalah tentang penciptaannya, tentang kisahnya dengan Nabi Musa ‘alaihissalam (gunung Sinai) dan juga tentang hari Kiamat (gunung dihancur luluhkan). Maka dari itulah sangat menarik jikalau kami membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran tentang gunung. Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Dan sekiranya ada suatu bacaan (kitab suci) yang dengan bacaan itu gunung-gunung dapat digoncangkan atau bumi jadi terbelah atau oleh karenanya orang-orang yang sudah mati dapat berbicara, (tentulah Al-Quran itulah dia). Sebenarnya segala urusan itu adalah kepunyaan Allah. Maka tidakkah orang-orang yang beriman itu mengetahui bahwa seandainya Allah menghendaki (semua manusia beriman), tentu Allah memberi petunjuk kepada manusia semuanya. Dan orang-orang yang kafir senantiasa ditimpa bencana disebabkan perbuatan mereka sendiri atau bencana itu terjadi dekat tempat kediaman mereka, sehingga datanglah janji Allah. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji. (Q.S. Ar-Ra’d : 31)

2
Pada hari bumi dan gunung-gunung bergoncangan, dan menjadilah gunung-gunung itu tumpukan-tumpukan pasir yang berterbangan. (Q.S. Al-Muzzammil : 14)

3
Hai Bani Israil, sesungguhnya Kami telah menyelamatkan kamu sekalian dari musuhmu, dan Kami telah mengadakan perjanjian dengan kamu sekalian (untuk munajat) di sebelah kanan gunung itu dan Kami telah menurunkan kepada kamu sekalian manna dan salwa. (Q.S. Thaahaa : 80)

4
Dan gunung-gunung dipancangkan-Nya dengan teguh, (Q.S. An-Naazi’aat : 32)

5
dan gunung-gunung sebagai pasak? (Q.S. An-Naba’ : 7)

6
dan dijalankanlah gunung-gunung maka menjadi fatamorganalah ia. (Q.S. An-Naba’ : 20)

7
dan apabila gunung-gunung telah dihancurkan menjadi debu, (Q.S. Al-Mursalaat : 10)

8
Dan mereka bertanya kepadamu tentang gunung-gunung, maka katakanlah: "Tuhanku akan menghancurkannya (di hari kiamat) sehancur-hancurnya, (Q.S. Thaahaa : 105)

9
dan gunung-gunung menjadi seperti bulu (yang berterbangan), (Q.S. Al-Ma’aarij : 9)

10
Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan? (Q.S. Al-Ghaasyiyah : 19)

11
maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat); dan kepada masing-masing mereka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bertasbih bersama Daud. Dan kamilah yang melakukannya. (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 79)

12
Dan sesungguhnya mereka telah membuat makar yang besar padahal di sisi Allah-lah (balasan) makar mereka itu. Dan sesungguhnya makar mereka itu (amat besar) sehingga gunung-gunung dapat lenyap karenanya. (Q.S. Ibrahim : 46)


13
Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran. (Q.S. Al-Hijr : 19)

14
Tidaklah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian)nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan. (Q.S. An-Nuur : 43)

15
Atau siapakah yang telah menjadikan bumi sebagai tempat berdiam, dan yang menjadikan sungai-sungai di celah-celahnya, dan yang menjadikan gunung-gunung untuk (mengkokohkan)nya dan menjadikan suatu pemisah antara dua laut? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) kebanyakan dari mereka tidak mengetahui. (Q.S. An-Naml : 61)

16
Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat. (Q.S. Faathir : 27)

17
Dan Kami hamparkan bumi itu dan Kami letakkan padanya gunung-gunung yang kokoh dan Kami tumbuhkan padanya segala macam tanaman yang indah dipandang mata, (Q.S. Qaaf : 7)

18
Dan kepunyaan-Nya lah bahtera-bahtera yang tinggi layarnya di lautan laksana gunung-gunung. (Q.S. Ar-Rahmaan : 24)

19
Kalau sekiranya Kami turunkan Al-Quran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir. (Q.S. Al-Hasyr : 21)

20
Dan ingatlah olehmu di waktu Tuhan menjadikam kamu pengganti-pengganti (yang berkuasa) sesudah kaum 'Aad dan memberikan tempat bagimu di bumi. Kamu dirikan istana-istana di tanah-tanahnya yang datar dan kamu pahat gunung-gunungnya untuk dijadikan rumah; maka ingatlah nikmat-nikmat Allah dan janganlah kamu merajalela di muka bumi membuat kerusakan. (Q.S. Al-A’raaf : 74)

Itulah pembahasan singkat kita mengenai ayat-ayat Al-Quran yang membahas tentang gunung. Semoga ayat-ayat di atas menambah wawasan agama kita terhadap Al-Quran sehingga kita jadi lebih tahu. Dan semoga juga tulisan di atas menjadi renungan bagi kita, bahwasannya kita itu kecil sekali dibandingkan Allah Tabaraka Wa Ta’ala Yang telah menciptakan kita dan semua gunung yang ada di dunia ini.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 24 Shafar 1439 Hijriyah/13 November 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon