8 Ayat Tantangan Al-Quran Mustahil Dipenuhi

8 Ayat Tantangan Al-Quran Mustahil Dipenuhi
8 Ayat Tantangan Al-Quran Mustahil Dipenuhi

AlQuranPedia.Org - Al-Quran adalah Kitab yang diturunkan Robb Penguasa Semesta Alam. Al-Quran adalah sebaik-baik Kitab yang diturunkan Allah Ta’ala kepada umat manusia. Al-Quran menyempurnakan risalah kitab-kitab sebelumnya. Al-Quran adalah kitab yang sempurna, terbebas dari kesalahan, terpelihara dari segala kerusakan, tidak terdapat kekurangan sedikitpun, menjelaskan segala sesuatu.

Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba-Nya Al-Kitab (Al-Quran) dan Dia tidak mengadakan kebengkokan di dalamnya; (Q.S. Al-Kahf : 1)


Di dalam Al-Quran ada satu tantangan yang sampai kapanpun orang mustahil bisa memenuhinya. Apa tantangan itu? Simak ayat-ayat di bawah ini.

1
Katakanlah: "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al-Quran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain." (Q.S. Al-Israa’ : 88)

Kalau ragu Al-Quran itu benar, Al-Quran itu bukan datang dari Allah. Coba buat kitab yang serupa dengan Al-Quran. Silahkan buat, bahkan dengan bantuan jin dan manusia. Sampai kapanpun tidak akan ada manusia bahkan makhluk pun yang mampu membuatnya.

2
Maka hendaklah mereka mendatangkan kalimat yang semisal Al Quran itu jika mereka orang-orang yang benar. (Q.S. Ath-Thuur : 34)

Coba buat serupa seperti Al-Quran, yang bahasanya luar biasa, maknanya mendalam, susunan katanya sempurna, dan membuat yang membacanya takjub.

3
Katakanlah: "Datangkanlah olehmu sebuah kitab dari sisi Allah yang kitab itu lebih (dapat) memberi petunjuk daripada keduanya (Taurat dan Al-Quran) niscaya aku mengikutinya, jika kamu sungguh orang-orang yang benar." (Q.S. Al-Qashash : 49)

Kalau merasa mampu membuat yang lebih bagus dan lebih baik dari Al-Quran, silahkan buatlah suatu kitab yang mampu menandingi Al-Quran.

4
Maka bawalah kitabmu jika kamu memang orang-orang yang benar. (Q.S. Ash-Shaaffaat : 157)

Bawalah kitab karanganmu, buatlah sebuah kitab yang mampu menandingi Al-Quran, kalau kalian mengaku orang-orang yang benar.


5
Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku tentang apa yang kamu sembah selain Allah; perlihatkan kepada-Ku apakah yang telah mereka ciptakan dari bumi ini atau adakah mereka berserikat (dengan Allah) dalam (penciptaan) langit? Bawalah kepada-Ku Kitab yang sebelum (Al-Quran) ini atau peninggalan dari pengetahuan (orang-orang dahulu), jika kamu adalah orang-orang yang benar" (Q.S. Al-Ahqaaf : 4)

Allah menantang kalau memang kalian ragu terhadap Al-Quran, tidak percaya Al-Quran itu kebenaran yang datang dari Tuhan. Maka coba buat kitab sebelum Al-Quran atau kitab dari mana saja peninggalan orang-orang terdahulu. Kita bandingkan, mana yang lebih hebat dan lebih baik.

6
Bahkan mereka mengatakan: "Muhammad telah membuat-buat Al-Quran itu", Katakanlah: "(Kalau demikian), maka datangkanlah sepuluh surat-surat yang dibuat-buat yang menyamainya, dan panggillah orang-orang yang kamu sanggup (memanggilnya) selain Allah, jika kamu memang orang-orang yang benar." (Q.S. Huud : 13)

Kalau tidak bisa membuat yang serupa dengan Al-Quran. Coba buat sepuluh surat saja yang seperti Al-Quran. Tidak perlu surat yang panjang, yang pendek-pendek saja. Kita lihat nanti, mana yang lebih baik.

7
Atau (patutkah) mereka mengatakan "Muhammad membuat-buatnya." Katakanlah: "(Kalau benar yang kamu katakan itu), maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya dan panggillah siapa-siapa yang dapat kamu panggil (untuk membuatnya) selain Allah, jika kamu orang yang benar." (Q.S. Yunus : 38)

Kalau masih ragu dengan Al-Quran, menuduh Al-Quran itu buatan Muhammad. Silahkan buat saja satu surat seperti Al-Quran, surat yang pendek saja, 3 ayat saja. Silahkan panggil pembantu-pembantu kalau butuh bantuan. Silahkan coba tantangan Al-Quran ini.

8
Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al-Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al-Quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. (Q.S. Al-Baqarah : 23)

Allah mengatakan, bahwa siapa saja yang masih ragu dengan Al-Quran. Buat saja yang seperti Al-Quran, kalau tidak sanggup semuanya, kalau tidak sanggup sepuluh surat, coba buat satu surat saja seperti Al-Quran. Tidak usah yang panjang-panjang seperti Al-Baqarah, buat saja satu surat singkat seperti Al-‘Ashr atau Al-Ikhlash. Silahkan buat yang sehebat surat tersebut kalau mampu.

Itulah tantangan Al-Quran yang sampai kapanpun tidak akan pernah dapat dipenuhi oleh siapapun. Pernah ada yang ingin membuat surat “Al-Fil” (Gajah). Isinya adalah :
1. Al-Fiil. (Gajah)
2. Mal Fiil. (Apakah itu gajah?)
3. Wa maa adrooka mal fiil. (Dan tahukah kamu apakah gajah itu?)

Bandingkan dengan surat Al-Quran, surah Al-‘Ashr saja, 3 ayat.

1. Demi masa.
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Kelihatan bukan mana yang firman Allah dan buatan manusia? Kelihatan bukan mana yang bahasanya dari Tuhan yang sempurna dan mana bahasa manusia yang penuh dengan kekurangan? Itulah bukti kebenaran Al-Quran.

Maka dari itu jangan ada keraguan terhadap Al-Quran. Banyaklah belajar Al-Quran dan memperdalamnya. Niscaya akan bertambah iman kita kepada Al-Quran, semakin cinta kita kepada Al-Quran dan semakin takut kita kepada Allah Tabaraka Wa Ta’ala.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 2 Rabiul Akhir 1439 Hijriyah/21 Desember 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon