9 Ayat Al-Quran Tentang Warna Hijau

9 Ayat Al-Quran Tentang Warna Hijau
9 Ayat Al-Quran Tentang Warna Hijau

AlQuranPedia.Org - Mungkin di antara kita ada yang tidak tahu bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala menyebutkan banyak warna di dalam Al-Quran. Ada beberapa jenis warna yang disebut Al-Quran, seperti warna merah, hitam, biru, hijau dan lain sebagainya. Hal itu dikarenakan sedikit sekali orang yang mau meneliti dan mempelajari Al-Quran lebih dalam lagi.

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? (Q.S. Al-Qamar : 17)


Pada ayat lain Allah Ta’ala berfirman,

Dan sesungguhnya Al-Quran itu benar-benar suatu pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. (Q.S. Al-Qamar : 48)

Pada tulisan ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang warna hijau. Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. (Q.S. Al-An’aam : 99)

2
Raja berkata (kepada orang-orang terkemuka dari kaumnya): "Sesungguhnya aku bermimpi melihat tujuh ekor sapi betina yang gemuk-gemuk dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus-kurus dan tujuh bulir (gandum) yang hijau dan tujuh bulir lainnya yang kering." Hai orang-orang yang terkemuka: "Terangkanlah kepadaku tentang ta'bir mimpiku itu jika kamu dapat mena'birkan mimpi." (Q.S. Yusuf : 43)


3
(Setelah pelayan itu berjumpa dengan Yusuf dia berseru): "Yusuf, hai orang yang amat dipercaya, terangkanlah kepada kami tentang tujuh ekor sapi betina yang gemuk-gemuk yang dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus-kurus dan tujuh bulir (gandum) yang hijau dan (tujuh) lainnya yang kering agar aku kembali kepada orang-orang itu, agar mereka mengetahuinya." (Q.S. Yusuf : 46)

4
Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga 'Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah; (Q.S. Al-Kahf : 31)

5
Apakah kamu tiada melihat, bahwasanya Allah menurunkan air dari langit, lalu jadilah bumi itu hijau? Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al-Hajj : 63)

6
yaitu Tuhan yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau, maka tiba-tiba kamu nyalakan (api) dari kayu itu." (Q.S. Yaasiin : 80)

7
Kedua syurga itu (kelihatan) hijau tua warnanya. (Q.S. Ar-Rahmaan : 64)

8
Mereka bertelekan pada bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah. (Q.S. Ar-Rahmaan : 76)

9
Mereka memakai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih. (Q.S. Al-Insaan : 21)

Itulah pembahasan singkat kita mengenai warna hijau yang disebut Al-Quran. Semoga pembahasan ini menambah khazanah pen getahuan agama dan Al-Quran kita sehingga kita tidak buta terhadap Al-Quran dan memperbanyak mempelajari Al-Quranul Karim.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 20 Shafar 1439 Hijriyah/9 November 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon