Siapa Nama Malaikat Pencabut Nyawa?

Siapa Nama Malaikat Pencabut Nyawa?
Siapa Nama Malaikat Pencabut Nyawa?

AlQuranPedia.Org - Tidak ada yang tahu berapa jumlah malaikat melainkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Jumlah malaikat itu sangatlah banyak, lebih banyak daripada jumlah manusia. Setiap malaikat memiliki tugasnya masing-masing. Contohnya adalah malaikat pemikul ‘Arsy.

(Malaikat-malaikat) yang memikul 'Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala, (Q.S. Al-Mu’min : 7)


Ada juga malaikat Malik (penjaga neraka)

Mereka berseru: "Hai Malik biarlah Tuhanmu membunuh kami saja." Dia menjawab: "Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)." (Q.S. Az-Zukhruf : 77)

Jadi setiap malaikat memiliki tugasnya masing-masing, ada yang bertugas menyampaikan wahyu, ada yang membantu nabi berperang, ada yang tugasnya hanya bertasbih kepada Allah, ada malaikat yang memikul ‘Arsy Allah, ada malaikat yang mencatat amal manusia, ada malaikat yang meniup sangkakala dan ada pula yang mencabut nyawa.

Saking besarnya pekara mencabut nyawa ini, Allah sampai-sampai bersumpah dengannya

Demi (malaikat-malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan keras, dan (malaikat-malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan lemah-lembut, (Q.S. An-Naazi’aat : 1-2)


Di antara kita mungkin masih ada yang bertanya-tanya siapakah nama malaikat pencabut nyawa. Benarkah nama malaikat pencabut nyawa Izrail? Karena sudah menjadi familiar di telinga kita bahwa Malaikat Izrail adalah malaikat pencabut nyawa. Benarkah hal ini?

Itu adalah sebuah kekeliruan. Tidak ada dalil baik dari Al-Quran maupun Hadits sahih yang menyebutkan nama malaikat pencabut nyawa adalah Izrail. Sementara kita tidaklah boleh selain dari Al-Quran dan Hadits. Apa yang telah ditetapkan Allah dan Rasul-Nya di dalam Al-Quran dan Sunnah itulah yang kita pegang. Ketika ada nama malaikat seperti Jibril yang menyampaikan wahyu, maka kita harus mengimaninya. Akan tetapi kalau tidak ada namanya, hanya disebutkan tugasnya saja maka kita juga harus mengimaninya seperti malaikat pencatat amal.

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul dan janganlah kamu merusakkan (pahala) amal-amalmu. (Q.S. Muhammad : 33)

Sama halnya dengan malaikat pencabut nyawa. Di dalam Al-Quran, malaikat pencabut nyawa diberikan nama hanya “Malakul Maut (Malaikat Maut)”. Cukup itu saja. Allah Ta’ala berfirman,

Katakanlah: "Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan." (Q.S. As-Sajdah : 11)

Jadi malaikat pencabut nyawa adalah malaikat Maut, bukanlah Izrail. Para ‘ulama mengatakan bahwa nama ‘Izrail’ adalah berdasarkan riwayat Israilliyat dari Ahli Kitab. Tidak ada dalil ataupun nash yang menyebutkannya baik itu Al-Quran dan Hadits, di dalam Hadits Lemah pun tidak ada, apalagi Hadits Sahih.

Jadi cukuplah kita mengatakan nama malaikat pencabut nyawa dengan sebutan “malaikat Maut”. Inilah yang terdapat di dalam Al-Quran dan Hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Inilah yang dipegang oleh Ahlussunnah Wal Jama’ah dan disepakati para ‘ulama.


Semoga pembahasan singkat kita ini bermanfaat.

Diselesaikan para 13 Shafar 1439 Hijriyah/2 November 2017.


EmoticonEmoticon