15 Ayat Al-Quran Tentang Mani

15 Ayat Al-Quran Tentang Mani
15 Ayat Al-Quran Tentang Mani

AlQuranPedia.Org - Sesungguhnya seorang manusia itu diciptakan dari saripati yang berasal dari tanah, yang mana saripati itu dijadikan Allah berupa air mani. Kita itu dahulunya dari air mani semuanya. Kita diciptakan dari sesuatu yang hina. Apakah kita layak menyombongkan diri di hadapan Allah Ta’ala? Apakah kita layak menyombongkan diri di hadapan banyak orang? Kita itu semua dari air mani. Kita itu semua hamba yang lemah. Maka janganlah kita menjadi hamba yang sombong. Itu adalah salah satu tujuan mengapa Allah jelaskan kepada kita bahwa kita itu diciptakan dari air mani yang hina.


Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran tentang mani. Simak ayat-ayat berikut ini.

1
sekali-kali tidak! Sesungguhnya Kami ciptakan mereka dari apa yang mereka ketahui (air mani). (Q.S. Al-Ma’aarij: 39)

2
Dia telah menciptakan manusia dari mani, tiba-tiba ia menjadi pembantah yang nyata. (Q.S. An-Nahl : 4)

3
Kawannya (yang mukmin) berkata kepadanya - sedang dia bercakap-cakap dengannya: "Apakah kamu kafir kepada (Tuhan) yang menciptakan kamu dari tanah, kemudian dari setetes air mani, lalu Dia menjadikan kamu seorang laki-laki yang sempurna? (Q.S. Al-Kahf : 37)

4
Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur- angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah. (Q.S. Al-Hajj : 5)

5
Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). (Q.S. Al-Mu’minuun : 13)

6
Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik. (Q.S. Al-Mu’minuun : 14)


7
Dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan). Dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya. Dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam Kitab (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah. (Q.S. Faathir : 11)

8
Dan apakah manusia tidak memperhatikan bahwa Kami menciptakannya dari setitik air (mani), maka tiba-tiba ia menjadi penantang yang nyata? (Q.S. Yaasiin : 77)

9
Dia-lah yang menciptakan kamu dari tanah kemudian dari setetes mani, sesudah itu dari segumpal darah, kemudian dilahirkannya kamu sebagai seorang anak, kemudian (kamu dibiarkan hidup) supaya kamu sampai kepada masa (dewasa), kemudian (dibiarkan kamu hidup lagi) sampai tua, di antara kamu ada yang diwafatkan sebelum itu. (Kami perbuat demikian) supaya kamu sampai kepada ajal yang ditentukan dan supaya kamu memahami(nya). (Q.S. Al-Mu’min : 67)

10
dari air mani, apabila dipancarkan. (Q.S. An-Najm : 46)

11
Bukankah dia dahulu setetes mani yang ditumpahkan (ke dalam rahim), (Q.S. Al-Qiyaamah : 37)

12
Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat. (Q.S. Al-Insaan : 2)

13
Bukankah Kami menciptakan kamu dari air yang hina (air mani)? (Q.S. Al-Mursalaat : 20)

14
Dari setetes mani, Allah menciptakannya lalu menentukannya. (Q.S. ‘Abasa : 19)

15
kemudian mani itu menjadi segumpal darah, lalu Allah menciptakannya, dan menyempurnakannya, (Q.S. Al-Qiyaamah : 38)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang menjelaskan dan membicarakan tentang mani. Semoga ayat-ayat di atas menjadi renungan bagi kita bahwa kita itu bukanlah apa-apa dan siapa-siapa. Tidak pantas kita menyombongkan diri. Semoga juga tulisan ini menambah wawasan kita terhadap kitab Allah Jalla Jalaluh.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 7 Rabiul Akhir 1439 Hijriyah/25 Desember 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon