7 Ayat Al-Quran Tentang Sutera

7 Ayat Al-Quran Tentang Sutera
7 Ayat Al-Quran Tentang Sutera
AlQuranPedia.Org – Di antara kenikmatan surga yang diberikan Allah kepada hamba pilihan-Nya adalah sutera yang indah dan sungguh nikmat.  Sutera yang diberikan Allah adalah sebagai balasan bagi mereka terutama para lelaki yang diharamkan memakai sutera saat di dunia. Para lelaki yang menahan diri tidak memakai sutera dengan harapan diberi ganti dengan sutera yang tidak ada duanya ketika di surga.

Ada ancaman dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa siapa saja yang memakai sutera di dunia, dia tidak akan memakainya di akhirat (di surga).

Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian memakai sutera karena siapa yang mengenakannya di dunia, maka ia tidak mengenakannya di akhirat.” (HR. Bukhari no. 5633 dan Muslim no. 2069)


Hal senada juga diungkapkan oleh ‘Umar bin Khattab radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya yang mengenakan sutera di dunia, ia tidak akan mendapatkan bagian di akhirat.” (HR. Bukhari no. 5835 dan Muslim no. 2068)

Sementara bagi wanita diperbolehkan. Sama halnya dengan perhiasan emas, para wanita diperbolehkan sementara lelaki tidak diperbolehkan.

Pada tulisan kali ini kita akan membahas menenai ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan sutera. Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga 'Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah; (Q.S. Al-Kahf : 31)

2
Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera. (Q.S. Al-Hajj : 23)


3
(Bagi mereka) syurga 'Adn mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka didalamnya adalah sutera. (Q.S. Faathir : 33)

4
mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal, (duduk) berhadap-hadapan, (Q.S. Ad-Dukhaan : 53)

5
Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutera. Dan buah-buahan di kedua syurga itu dapat (dipetik) dari dekat. (Q.S. Ar-Rahmaan : 54)

6
Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka (dengan) surga dan (pakaian) sutera, (Q.S. Al-Insaan : 12)

7
Mereka memakai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih. (Q.S. Al-Insaan : 21)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang sutera. Semoga kita dapat mengenakan sutera di surga kelak, sebagai balasan amal sholih dan ketaatan kita kepada Allah Jalla Jalaluh.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 20 Dzulhijjah 1439 Hijriyah/1 September 2018 Masehi.


EmoticonEmoticon