18 Ayat Al-Quran Tentang Minum

18 Ayat Al-Quran Tentang Minum
18 Ayat Al-Quran Tentang Minum
AlQuranPedia.Org – Minum adalah di antara kenikmatan yang dilimpahkan Allah Jalla Dzikruhu kepada para hamba-hamba-Nya. Seteguk air yang kita rasakan begitu nikmat sekali rasanya. Kita wajib bersyukur atas nikmat-nikmat Allah tersebut. Karena betapa banyak manusia yang sehari-harinya hidup dalam kehausan dan kelaparan. Sebagai seorang mukmin maka suatu perbuatan yang mulia jika bisa membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu. Tidak ada ruginya kita membantu saudara kita, bahkan keuntungan yang besarlah yang akan kita peroleh.


Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia akan mencoba membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan minum. Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (Q.S. Al-A’raaf : 31)

2
Dan (ingatlah) ketika Musa memohon air untuk kaumnya, lalu Kami berfirman: "Pukullah batu itu dengan tongkatmu". Lalu memancarlah daripadanya dua belas mata air. Sungguh tiap-tiap suku telah mengetahui tempat minumnya (masing-masing). Makan dan minumlah rezki (yang diberikan) Allah, dan janganlah kamu berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan. (Q.S. Al-Baqarah : 60)

3
Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi ma'af kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa. (Q.S. Al-Baqarah : 187)

4
(kepada mereka dikatakan): "Makan dan minumlah dengan sedap disebabkan amal yang telah kamu kerjakan pada hari-hari yang telah lalu." (Q.S. Al-Haaqqah : 24)

5
Maka tatkala Thalut keluar membawa tentaranya, ia berkata: "Sesungguhnya Allah akan menguji kamu dengan suatu sungai. Maka siapa di antara kamu meminum airnya; bukanlah ia pengikutku. Dan barangsiapa tiada meminumnya, kecuali menceduk seceduk tangan, maka dia adalah pengikutku." Kemudian mereka meminumnya kecuali beberapa orang di antara mereka. Maka tatkala Thalut dan orang-orang yang beriman bersama dia telah menyeberangi sungai itu, orang-orang yang telah minum berkata: "Tak ada kesanggupan kami pada hari ini untuk melawan Jalut dan tentaranya." Orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Allah, berkata: "Berapa banyak terjadi golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar." (Q.S. Al-Baqarah : 249)

6
Di dalam syurga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe. (Q.S. Al-Insaan : 17)


7
Dan katakanlah: "Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir." Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek. (Q.S. Al-Kahf : 29)

8
Dan bahwasanya: jikalau mereka tetap berjalan lurus di atas jalan itu (agama Islam), benar-benar Kami akan memberi minum kepada mereka air yang segar (rezki yang banyak). (Q.S. Al-Jinn : 16)

9
(Dikatakan kepada mereka): "Makan dan minumlah dengan enak sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan", (Q.S. Ath-Thuur : 19)

10
Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan, (Q.S. Al-Mu’minuun : 21)

11
(Dikatakan kepada mereka): "Makan dan minumlah kamu dengan enak karena apa yang telah kamu kerjakan." (Q.S. Al-Mursalaat : 43)

12
Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur, (Q.S. Al-Insaan : 5)

13
Mereka diberi minum dari khamar murni yang dilak (tempatnya), (Q.S. Al-Muthaffifiin : 25)

14
Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini." (Q.S. Maryam : 25-26)

15
dan Tuhanku, Yang Dia memberi makan dan minum kepadaku, (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 95)

16
(Warnanya) putih bersih, sedap rasanya bagi orang-orang yang minum. (Q.S. Ash-Shaaffaat : 46)

17
Maka kamu minum seperti unta yang sangat haus minum. (Q.S. Al-Waaqi’ah : 55)

18
Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum. (Q.S. Al-Waaqi’ah : 68)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang minum. Semoga menambah ilmu dan wawasan kita seputar kitabullah.


Semoga bermanfaat.


Diselesaikan pada 21 Dzulhijjah 1439 Hijriyah/1 September 2018 Masehi.


EmoticonEmoticon