16 Ayat Al-Quran Tentang Janji

16 Ayat Al-Quran Tentang Janji
16 Ayat Al-Quran Tentang Janji


AlQuranPedia.Org - Memenuji janji adalah kewajiban yang harus ditunaikan. Tidak boleh bagi seseorang ketika dia berjanji namun tidak menepatinya. Wajib bagi setiap orang berusaha mati-matian menjaga janjinya. Karena setiap janji akan dimintai pertanggung jawaban di hadapan Allah kelak. Ingatlah kisah Bani Israil yang melanggar janji pada hari Sabtu, mereka dijadikan kera dan babi oleh Allah. Ingatlah kisah-kisah orang yang melanggar perjanjian dengan Allah, mereka diazab dan disiksa. Saat ini kita lihat banyak sekali ucapan insya Allah dijadikan sebagai tameng dan alat untuk menghindar dari suatu janji. Ini tidaklah benar. Kalau kita tidak berniat menepati janji, maka jangan sekalipun mengatakan janji. Kalau kita tidak berniat melakukan sesuatu, jangan mengatakan insya Allah. Kata insya Allah itu adalah janji kita, dan wajib bagi kita menepatinya. Adapun kalau terjadi sesuatu maka itu adalah kehendak Allah. Itulah yang dimaksud dengan insya Allah. Kita berjanji, wajib memenuhinya dan tidak boleh menyepelekannya, namun bagaimana nanti yang akan terjadi itu adalah kehendak Allah.


Di dalam Al-Quran, Allah Ta’ala menyebutkan keutamaan orang yang memenuhi janjinya dan menyebutkan pula akibat kalau tidak memenuhi janji. Maka dari itulah blog Al-Quran Pedia tertarik mengangkat pembahasan mengenai ayat-ayat Al-Quran tentang janji. Simak selengkapnya pada tulisan ini.

1
Dan Kami tidak mendapati kebanyakan mereka memenuhi janji. Sesungguhnya Kami mendapati kebanyakan mereka orang-orang yang fasik. (Q.S. Al-A’raaf : 102)

2
Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling. (Q.S. Al-Baqarah : 83)

3
Bahwasanya orang-orang yang berjanji setia kepada kamu sesungguhnya mereka berjanji setia kepada Allah. Tangan Allah di atas tangan mereka, maka barangsiapa yang melanggar janjinya niscaya akibat ia melanggar janji itu akan menimpa dirinya sendiri dan barangsiapa menepati janjinya kepada Allah maka Allah akan memberinya pahala yang besar. (Q.S. Al-Fath : 10)

4
Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik (bermanfaat) sampai ia dewasa dan penuhilah janji; sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungan jawabnya. (Q.S. Al-Israa’ : 34)

5
Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi. (Q.S. Al-Mu’min : 55)

6
Hai Nabi, apabila datang kepadamu perempuan-perempuan yang beriman untuk mengadakan janji setia, bahwa mereka tiada akan menyekutukan Allah, tidak akan mencuri, tidak akan berzina, tidak akan membunuh anak-anaknya, tidak akan berbuat dusta yang mereka ada-adakan antara tangan dan kaki mereka dan tidak akan mendurhakaimu dalam urusan yang baik, maka terimalah janji setia mereka dan mohonkanlah ampunan kepada Allah untuk mereka. Sesungguhnya Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Al-Mumtahanah : 12)


7
(Bukan demikian), sebenarnya siapa yang menepati janji (yang dibuat)nya dan bertakwa, maka sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertakwa. (Q.S. Ali ‘Imran : 76)

8
Sesungguhnya orang-orang yang menukar janji (nya dengan) Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit, mereka itu tidak mendapat bahagian (pahala) di akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka dan tidak akan melihat kepada mereka pada hari kiamat dan tidak (pula) akan mensucikan mereka. Bagi mereka azab yang pedih. (Q.S. Ali ‘Imran : 77)

9
Syaitan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal syaitan itu tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka. (Q.S. An-Nisaa’ : 120)

10
(yaitu) orang-orang yang memenuhi janji Allah dan tidak merusak perjanjian, (Q.S. Ar-Ra’d : 20)

11
Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syaitan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah. (Q.S. Faathir : 5)

12
Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. (Q.S. Al-Ma’aarij : 32)

13
(Sebagai) janji yang sebenarnya dari Allah. Allah tidak akan menyalahi janjiNya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. (Q.S. Ar-Ruum : 6)

14
Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. (Q.S. Al-Mu’minuun : 8)

15
(Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, Kami kutuki mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merobah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit diantara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. (Q.S. Al-Maa’idah : 13)

16
kecuali orang-orang musyrikin yang kamu telah mengadakan perjanjian (dengan mereka) dan mereka tidak mengurangi sesuatu pun (dari isi perjanjian)mu dan tidak (pula) mereka membantu seseorang yang memusuhi kamu, maka terhadap mereka itu penuhilah janjinya sampai batas waktunya. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaqwa. (Q.S. At-Taubah : 4)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang menyebutkan dan menjelaskan tentang janji. Semoga tulisan ini menambah wawasan dan pengetahuan kita terhadap Al-Quran dan agama Islam.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 15 Jumadil Awal 1439 Hijriyah/1 Februari 2018 Masehi.


EmoticonEmoticon