7 Ayat Al-Quran Tentang Zaitun

7 Ayat Al-Quran Tentang Zaitun
7 Ayat Al-Quran Tentang Zaitun

AlQuranPedia.Org - Zaitun adalah salah satu di antara buah-buahan yang disebut Allah Jalla Jalaluh di dalam Al-Quran. Zaitun ini memiliki banyak manfaat. Selain untuk dikonsumsi, zaitun juga bisa dijadikan minyak untuk makanan dan pengobatan. Karena banyak faedah dan manfaat itulah mengapa Allah Subhanahu Wa Ta’ala menyebutkannya beberapa kali. Bahkan Allah Ta’ala bersumpah dengan buah Zaitun pada Surah At-Tiin.


Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran tentang Zaitun. Simak ayat-ayat berikut ini.

1
Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun, (Q.S. At-Tiin : 1)

2
zaitun dan kurma, (Q.S. ‘Abasa : 29)

3
Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. (Q.S. Al-An’aam : 141)


4
Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (Q.S. An-Nuur : 35)

5
Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. (Q.S. An-Nahl : 11)

6
dan pohon kayu keluar dari Thursina (pohon zaitun), yang menghasilkan minyak, dan pemakan makanan bagi orang-orang yang makan. (Q.S. Al-Mu’minuun : 20)

7
Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. (Q.S. Al-An’aam : 99)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang membicarakan dan menyebutkan tentang Zaitun. Semoga ayat-ayat di atas menjadi renungan kita atas ciptaan Allah Jalla Jalaluh. Dan semoga tulisan ini menambah wawasan dan pengetahuan kita terhadap agama Allah Subhanahu Wa Ta’ala.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 5 Rabiul Akhir 1439 Hijriyah/24 Desember 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon