9 Ayat Al-Quran Tentang Kuda

9 Ayat Al-Quran Tentang Kuda
9 Ayat Al-Quran Tentang Kuda

AlQuranPedia.Org - Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah menciptakan berbagai hewan di muka bumi ini, ada yang memiliki kaki dua, empat, memiliki sayap, hidup di air, di darat, di udara, berjalan dengan perutnya, berjalan dengan kakinya dan lain sebagainya.

Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Q.S. An-Nuur : 45)


Semua hewan yang diciptakan Allah, terutama hewan ternak dimaksudkan Allah agar kita mengambil pelajaran darinya.

Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya. (Q.S. An-Nahl : 66)

Pada ayat lain Allah berfirman,

Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan, dan di atas punggung binatang-binatang ternak itu dan (juga) di atas perahu-perahu kamu diangkut. (Q.S. Al-Mu’minuun : 21-22)

Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang membahas tentang kuda. Adapun alasannya adalah dikarenakan fungsi kuda yang sangat banyak, untuk kendaraan, untuk berperang, untuk mengangkut barang, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah ayat-ayat Al-Quran yang menyebutkan maupun membicarakan tentang kuda.

1
Demi kuda perang yang berlari kencang dengan terengah-engah, (Q.S. Al-‘Aadiyaat : 1)

2
dan kuda yang mencetuskan api dengan pukulan (kuku kakinya), (Q.S. Al-‘Aadiyaat : 2)


3
dan kuda yang menyerang dengan tiba-tiba di waktu pagi, (Q.S. Al-‘Aadiyaat : 3)

4
Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan). (Q.S. Al-Anfaal : 60)

5
Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). (Q.S. Ali ‘Imran : 14)

6
dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya. (Q.S. An-Nahl : 8)

7
(ingatlah) ketika dipertunjukkan kepadanya kuda-kuda yang tenang di waktu berhenti dan cepat waktu berlari pada waktu sore, (Q.S. Shaad : 31)

8
maka ia berkata: "Sesungguhnya aku menyukai kesenangan terhadap barang yang baik (kuda) sehingga aku lalai mengingat Tuhanku sampai kuda itu hilang dari pandangan." (Q.S. Shaad : 32)

9
"Bawalah kuda-kuda itu kembali kepadaku." Lalu ia potong kaki dan leher kuda itu. (Q.S. Shaad : 33)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang membahas dan membicarakan tentang kuda. Semoga tulisan ini menambah wawasan kita dan menambah ilmu pengetahuan Al-Quran kita.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 28 Rabiul Awwal 1439 Hijriyah/17 Desember 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon