18 Ayat Al-Quran Tentang Mata Air


18 Ayat Al-Quran Tentang Mata Air
18 Ayat Al-Quran Tentang Mata Air
AlQuranPedia.Org - Kalau kita membaca Al-Quran maka kita akan sering mendapati ayat-ayat tentang surga dan kenikmatannya. Banyak disebutkan bahwa di dalam surga kita akan mendapatkan bidadari, memakan buah-buahan, dikelilingi sungai-sungai, tidak merasakan panas matahari, ada mata air-mata air yang sangat indah.


Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai mata air. Namun mata air yang kita bahas kali ini bukan hanya kenikmatan surga, tetapi mata air yang terdapat di dunia juga. Simak selengkapnya pada tulisan ini.

1
Alangkah banyaknya taman dan mata air yang mereka tinggalkan, (Q.S. Ad-Dukhaan : 25)

2
(yaitu) di dalam taman-taman dan mata-air-mata-air; (Q.S. Ad-Dukhaan : 52)

3
Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air, (Q.S. Adz-Dzaariyaat : 15)

4
Dan mereka Kami bagi menjadi dua belas suku yang masing-masingnya berjumlah besar dan Kami wahyukan kepada Musa ketika kaumnya meminta air kepadanya: "Pukullah batu itu dengan tongkatmu!." Maka memancarlah dari padanya duabelas mata air. Sesungguhnya tiap-tiap suku mengetahui tempat minum masing-masing. Dan Kami naungkan awan di atas mereka dan Kami turunkan kepada mereka manna dan salwa[576]. (Kami berfirman): "Makanlah yang baik-baik dari apa yang telah Kami rezkikan kepadamu." Mereka tidak menganiaya Kami, tapi merekalah yang selalu menganiaya dirinya sendiri. (Q.S. Al-A’raaf : 160)

5
Dan (ingatlah) ketika Musa memohon air untuk kaumnya, lalu Kami berfirman: "Pukullah batu itu dengan tongkatmu". Lalu memancarlah daripadanya dua belas mata air. Sungguh tiap-tiap suku telah mengetahui tempat minumnya (masing-masing). Makan dan minumlah rezki (yang diberikan) Allah, dan janganlah kamu berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan. (Q.S. Al-Baqarah : 60)

6
Di dalamnya ada mata air yang mengalir. (Q.S. Al-Ghaasyiyah : 12)

7
Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam surga (taman-taman) dan (di dekat) mata air-mata air (yang mengalir). (Q.S. Al-Hijr : 45)


8
(Yang didatangkan dari) sebuah mata air surga yang dinamakan salsabil. (Q.S. Al-Insaan : 18)

9
(yaitu) mata air (dalam surga) yang daripadanya hamba-hamba Allah minum, yang mereka dapat mengalirkannya dengan sebaik-baiknya. (Q.S. Al-Insaan : 6)

10
Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam naungan (yang teduh) dan (di sekitar) mata-mata air. (Q.S. Al-Mursalaat : 41)

11
(yaitu) mata air yang minum daripadanya orang-orang yang didekatkan kepada Allah. (Q.S. Al-Muthaffifiin : 28)

12
Dan Kami jadikan bumi memancarkan mata air-mata air, maka bertemu- lah air-air itu untuk suatu urusan yang sungguh telah ditetapkan. (Q.S. Al-Qamar : 12)

13
Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air, (Q.S. Yaasiin : 34)

14
Di dalam kedua syurga itu ada dua buah mata air yang mengalir. (Q.S. Ar-Rahmaan : 50)

15
Di dalam kedua syurga itu ada dua buah mata air yang memancar. (Q.S. Ar-Rahmaan : 66)

16
Maka Kami keluarkan Fir'aun dan kaumnya dari taman-taman dan mata air, (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 57)

17
dan kebun-kebun dan mata air, (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 137)

18
di dalam kebun-kebun serta mata air, (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 147)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang mata air. Semoga pembahasan ini menambah wawasan dan pengetahuan kita terhadap Al-Quranul Karim. Semoga tulisan ini juga membuat kita semakin rindu dengan surga Allah ‘Azza Wa Jalla.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 2 Rabiul Akhir 1439 Hijriyah/21 Desember 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon