4 Ayat Al-Quran Tentang Asmaul Husna

4 Ayat Al-Quran Tentang Asmaul Husna
4 Ayat Al-Quran Tentang Asmaul Husna

AlQuranPedia.Org – Asmaul Husna artinya nama-nama baik. Jadi Allah Tabaraka Wa Ta’ala telah memberitahu kepada kita bahwa Dia memiliki Asmaul Husna, Dia memiliki nama-nama yang baik. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut dalam haditsnya.

“Sesunguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu, siapa yang menjaganya maka dia masuk surga.” (HR. Bukhari, no.2736, Muslim, no.2677 dan Ahmad, no.7493)


Tetapi perlu untuk diketahui bahwa Asmaul Husna tidak terbatas hanya 99 saja seperti yang kita ketahui, karena nama Allah Ta’ala sangatlah banyak, lebih dari 99. Adapun yang tertulis di mushaf Al-Quran hanyalah beberapa dan penentuan 99 nama Allah di mushaf Al-Quran bukanlah berdasarkan dalil yang shahih, melainkan berdasarkan ijtihad seseorang. Adapun untuk mendapatkan keutamaan menghafal nama-nama Allah dapat dilakukan dengan menghafal Al-Quran dan hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan mereka yang mendapatkan keutamaan tersebut adalah mereka yang menghafal, merenunginya, dan mengamalkannya.

Adapun beberapa tulisan ataupun karangan yang menyatakan kalau kita baca Ya Allah sekian akan mendapatkan sekian, kalau kit abaca Ya Quddus akan mendapatkan sekian. Ini semua dapat dipastikan bid’ah, sesat dan menyesatkan, tidak berdasarkan nash Al-Quran dan Hadits shahih. Tinggalkan saja amalan tersebut.

Syaikh Prof. Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al-Badr ketika menjelaskan tentang kesalahan-kesalahan seputar pengamalan Asmaul Husna mengatakan,
“Di antara (kesalahan-kesalahan tersebut) selebaran yang dibagikan akhir-akhir ini diantara orang awam dan orang-orang yang tidak tahu, penulisnya menyangka bahwa setiap nama diantara nama-nama Allah yang husna keutamaan penyembuhan untuk penyakit tertentu, ada nama khusus untuk penyakit-penyakit mata, ada nama khusus untuk penyakit-penyakit telinga, ada nama khusus untuk penyakit-penyakit tulang, ada nama khusus untuk penyakit-penyakit kepala, dan seterusnya, dengan menentukan untuk setiap penyakit beberapa nama-nama Allah. Ini semua adalah kebathilan yang Allah tidak menurunkan dalil tentangnya, tidak berdasarkan hujjah dan keterangan yang jelas, bahkan yang ada di dalam dzikir-dzikir yang disyariatkan dan ruqyah-ruqyah yang ada dalilnya adalah kalimat yang sempurna, dan tidak ada mengulang-ulang nama, sebagaimana dalam selebaran tersebut.”
Penulis tersebut dengan amalan ini telah melanggar 2 perkara:
Pertama: Memasukkan manusia di dalam amalan baru yang tidak disyariatkan ini
Kedua: Memalingkan manusia dari dzikir-dzikir dan ruqyah-ruqyah yang disyari’atkan di dalam Al-Quran dan As-Sunnah. (Fiqh Al-Asmaul Husna hal: 66-67)


Adapun di antara pengamalan Asmaul Husna yang tepat adalah berdoa dengannya. Contohkan “Yaa Razzaq karuniakanlah aku rezeki”, “Yaa Rahman Yaa Rahim sayangilah aku dan kedua orangtuaku”, “Yaa Ghoffar, Yaa Ghofur, ampunilah dosaku.”. Ini ada dalilnya di dalam Al-Quran dan Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bahkan ini termasuk tawassul yang disunnahkan karena Allah sendiri yang memerintahkannya.

Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang lafadz Asmaul Husna. Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Hanya milik Allah Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S. Al-A’raaf : 180)

2
Katakanlah: "Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai Asmaul Husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu." (Q.S. Al-Israa’ : 110)

3
Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Dia mempunyai Asmaul Husna (nama-nama yang baik), (Q.S. Thaahaa : 8)

4
Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaul Husna. Bertasbih kepada-Nya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Q.S. Al-Hasyr : 24)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang Asmaul Husna dan pembahasan sedikit kita tentang pengamalan Asmaul Husna. Semoga menambah ilmu dan pengetahuan kita semua.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 3 Dzulhijjah 1439 Hijriyah/14 Agustus 2018 Masehi.


EmoticonEmoticon