10 Hadits Tentang Sutera

Tags

10 Hadits Tentang Sutera
10 Hadits Tentang Sutera
AlQuranPedia.Org – Allah Tabaraka Wa Ta’ala menjanjikan kenikmatan-kenikmatan yang sangat besar bagi penghuni surga. Di antaranya adalah sutera. Sebagaimana yang disebutkan dalam banyak hadits bahwa sutera diharamkan bagi laki-laki dan dihalalkan bagi wanita. Akan tetapi sebagai balasan bagi itu semua, Allah Ta’ala akan menggantikannya dengan sutera terbaik ketika di surga. Jadi para lelaki yang tidak memakai sutera di dunia karena ketaatan kepada Allah, insya Allah akan diganti dengan sutera di surga.


Pada tulisan kali ini kita akan membahas hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menyebutkan tentang sutera. Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Emas dan sutera dihalalkan bagi kaum wanita umatku dan diharamkan bagi kaum laki-lakinya." (HR. An-Nasa'i dan Ahmad)

2
Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian memakai sutera karena siapa yang mengenakannya di dunia, maka ia tidak mengenakannya di akhirat.” (HR. Bukhari no. 5633 dan Muslim no. 2069)

3
Dari ‘Umar bin Khattab radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya yang mengenakan sutera di dunia, ia tidak akan mendapatkan bagian di akhirat.” (HR. Bukhari no. 5835 dan Muslim no. 2068)

4
Dari Abu Musa Al-Asy’ari radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Diharamkan bagi laki-laki dari umatku sutera dan emas, namun dihalalkan bagi perempuan.” (HR. Tirmidzi no. 1720)

5
Dari Hudzaifah bin Al-Yaman radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian mengenakan pakaian sutera dan juga dibaaj (sejenis sutera). Janganlah kalian minum di bejana dari emas dan perak. Jangan pula makan di mangkoknya. Karena wadah semacam itu adalah untuk orang kafir di dunia, sedangkan bagi kita nanti di akhirat.” (HR. Bukhari no. 5426 dan Muslim no. 2067)


6
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh, benar-benar akan ada di kalangan umatku sekelompok orang yang menghalalkan zina, sutera, khamr, dan alat musik. Dan beberapa kelompok orang akan singgah di lereng gunung dengan binatang ternak mereka. Seorang yang fakir mendatangi mereka untuk suatu keperluan, lalu mereka berkata, ‘Kembalilah kepada kami esok hari.’ Kemudian Allah mendatangkan siksaan kepada mereka dan menimpakan gunung kepada mereka serta Allah mengubah sebagian mereka menjadi kera dan babi hingga hari kiamat.” (HR. Bukhari)

7
Dari 'Umar bin Khattab radhiyallahu 'anhu, dia berkata, "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang mengenakan sutra kecuali seukuran dua jari, tiga atau empat." (HR. Muslim)

8
Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu’anhu, bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang memakai pakaian dari sutra di dunia, dia tidak akan memakainya di akhirat. Walaupun ia masuk surga dan penduduk surga yang lain memakainya, namun ia tidak memakainya.” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya, no. 5437, dishahihkan oleh Al-Aini dalam Nukhabul Afkar 13/277)

9
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ’anhu beliau berkata, “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam memberikan kelonggaran untuk Zubair dan 'Abdurrahman untuk memakai sutra karena penyakit gatal yang mereka derita.” (HR. Bukhari no. 5839 dan Muslim no. 2076)

10
Dari 'Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengambil sutera, kemudian di letakkan di tangan kanannya dan mengambil emas, kemudian di letakkan di tangan kirinya, lalu beliau bersabda, “Sesungguhnya kedua benda ini (sutera dan emas) diharamkan bagi laki-laki dari umatku.” Ibnu Majah menambahkan dalam riwayatnya, “Halal bagi perempuan mereka”. (HR. Ahmad 750, Abu Dawud 4057, An-Nasa’i 5144, dan Ibnu Majah 3595)

Itulah berbagai hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menyebutkan dan menjelaskan tentang sutera. Semoga menambah ilmu dan pengetahuan agama kita semua.


Semoga bermanfaat.


Diselesaikan pada 20 Dzulhijjah 1439 Hijriyah/1 September 2018 Masehi.

8 comments:

  1. mantap, artikel yang sangat bermanfaat untuk yang kurang paham tentang agama nya

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas ilmunya gan ...semangat terus tebar kebaikan biar pahala berlimpah aamiin

    ReplyDelete
  3. Artikel nya ini dri kmrin saya cri min. Makasih ya infonya Artikel nya bgus min. Menambah wawasan nih...

    ReplyDelete
  4. artikel yg bermanfaat dan bisa buat dasar wawasan hadit tentang Sutera

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon