11 Ayat Al-Quran Tentang Surga 'Adn

11 Ayat Al-Quran Tentang Surga 'Adn
11 Ayat Al-Quran Tentang Surga 'Adn
AlQuranPedia.Org – Kalau kita membaca Al-Quran maka kita akan sering menjumpai penyebutan surga ‘Adn. Biasanya penyebutannya diiringi dengan kenikmatan-kenikmatan di dalamnya seperti mengalir di bawahnya sungai-sungai, kekal di dalamnya dan lain sebagainya. Lalu apa sebenarnya Jannat ‘Adn atau Surga ‘Adn ini?

Imam At-Thabari menyebutkan beberapa pendapat tentang makna Jannat Adn, “Disebut “Jannat Adn” karena tempat itu berupa kebun-kebun yang abadi dan menjadi tempat tinggal. Tidak ada seorangpun yang pergi meninggalkannya. Ada juga yang mengatakan, disebut “Jannat Adn” karena surga adalah negeri Allah yang dia istimewakan untuk dirinya dan untuk makhluk-Nya yang dia kehendaki. Diambil dari kalimat orang arab; ‘Adana Fulan bi Ardhin Kadza’ artinya menempatkan si fulan di derah tersebut dan menyuruhnya tinggal di sana.” (Tafsir at-Thabari, 14/350).

Dalam Tafsir Zadul Masir dinyatakan, “Firman Allah: ‘Mereka dalam surga-surga Adn’. Kata Abu Ubaid, “Maksudnya dalam surga yang kekal.”” (Zadul Masir, 3/203)


Pada tulisan kali ini blog Al-Quran akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang surga ‘Adn. Simak selengkapnya di bawah ini

1
Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah syurga 'Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Bayyinah : 8)

2
Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga 'Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah; (Q.S. Al-Kahf : 31)

3
ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam syurga 'Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan isteri-isteri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana, (Q.S. Al-Mu’min : 8)

4
(yaitu) syurga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai-sungai, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bertakwa, (Q.S. An-Nahl : 31)


5
(yaitu) syurga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu; (Q.S. Ar-Ra’d : 23)

6
Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam jannah 'Adn. Itulah keberuntungan yang besar. (Q.S. Ash-Shaff : 12)

7
Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga 'Adn. Dan keridhaan Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar. (Q.S. At-Taubah : 72)

8
(Bagi mereka) syurga 'Adn mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka didalamnya adalah sutera. (Q.S. Faathir : 33)

9
yaitu syurga 'Adn yang telah dijanjikan oleh Tuhan Yang Maha Pemurah kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (syurga itu) tidak nampak. Sesungguhnya janji Allah itu pasti akan ditepati. (Q.S. Maryam : 61)

10
(yaitu) syurga 'Adn yang pintu-pintunya terbuka bagi mereka, (Q.S. Shad : 50)

11
(yaitu) syurga 'Adn yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Dan itu adalah balasan bagi orang yang bersih (dari kekafiran dan kemaksiatan). (Q.S. Thaahaa : 76)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang membciarakan tentang surga ‘Adn. Semoga menambah wawasan kita tentang Al-Quran dan agama Islam.


Semoga bermanfaat.


Diselesaikan pada 29 Dzulhijjah 1439 Hijriyah/10 September 2018 Masehi.


EmoticonEmoticon