6 Ayat Al-Quran Tentang Hari Sabtu

6 Ayat Al-Quran Tentang Hari Sabtu
6 Ayat Al-Quran Tentang Hari Sabtu
AlQuranPedia.Org – Hari Sabtu adalah hari yang sangat diagungkan oleh orang-orang Yahudi sebagaimana kaum muslimin memuliakan hari Jum’at dan kaum Nasrani memuliakan hari Ahad (Minggu).

Dari Kuzhaifah dan Rabi’i bin Harrasy radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Allah menyesatkan orang-orang sebelum kami pada hari jum’at, Yahudi pada hari sabtu, dan Nasrani pada hari ahad, kemudian Allah mendatangkan kami dan memberi petunjuk pada hari jum’at, mereka umat sebelum kami akan menjadi pengikut pada hari kiamat, kami adalah yang terakhir dari penghuni dunia ini dan yang pertama pada hari kiamat yang akan dihakimi sebelum umat yang lain.” (HR. Muslim dan Ibnu Majah)


Kalau kita membaca Al-Quran maka akan kita jumpai beberapa kali penyebutan hari Sabtu. Maksud “hari Sabtu” di dalam Al-Quran adalah hari di mana orang-orang Yahudi diwajibkan menghormatinya yakni dengan memperbanyak ibadah, mengerjakan perintah Allah dan menjauhi dari apa-apa yang dilarang-Nya. Akan tetapi ada sebagian orang Yahudi yang melanggar perjanjian dengan Allah. Ketika itu Allah melarang mereka untuk menangkap ikan pada hari Sabtu, akan tetapi mereka tetap menangkapnya meskipun dengan makar-makar tertentu. Akhirnya Allah kutuk mereka menjadi kera dan babi.

Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang membicarakan tentang hari Sabtu. Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Dan sesungguhnya telah kamu ketahui orang-orang yang melanggar diantaramu pada hari Sabtu, lalu Kami berfirman kepada mereka: "Jadilah kamu kera yang hina". (Q.S. Al-Baqarah : 65)

2
Hai orang-orang yang telah diberi Al-Kitab, berimanlah kamu kepada apa yang telah Kami turunkan (Al-Quran) yang membenarkan Kitab yang ada pada kamu sebelum Kami mengubah muka (mu), lalu Kami putarkan ke belakang atau Kami kutuki mereka sebagaimana Kami telah mengutuki orang-orang (yang berbuat maksiat) pada hari Sabtu. Dan ketetapan Allah pasti berlaku. (Q.S. An-Nisaa’ : 47)


3
Dan telah Kami angkat ke atas (kepala) mereka bukit Thursina untuk (menerima) perjanjian (yang telah Kami ambil dari) mereka. Dan kami perintahkan kepada mereka: "Masuklah pintu gerbang itu sambil bersujud", dan Kami perintahkan (pula) kepada mereka: "Janganlah kamu melanggar peraturan mengenai hari Sabtu", dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang kokoh. (Q.S. An-Nisaa’ : 154)

4
Katakanlah: "Apakah akan aku beritakan kepadamu tentang orang-orang yang lebih buruk pembalasannya dari (orang-orang fasik) itu disisi Allah, yaitu orang-orang yang dikutuki dan dimurkai Allah, di antara mereka (ada) yang dijadikan kera dan babi dan (orang yang) menyembah thaghut?." Mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus. (Q.S. Al-Maa’idah : 60)

5
Dan tanyakanlah kepada Bani Israil tentang negeri yang terletak di dekat laut ketika mereka melanggar aturan pada hari Sabtu, di waktu datang kepada mereka ikan-ikan (yang berada di sekitar) mereka terapung-apung di permukaan air, dan di hari-hari yang bukan Sabtu, ikan-ikan itu tidak datang kepada mereka. Demikianlah Kami mencoba mereka disebabkan mereka berlaku fasik. (Q.S. Al-A’raaf : 163)

6
Sesungguhnya diwajibkan (menghormati) hari Sabtu atas orang-orang (Yahudi) yang berselisih padanya. Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar akan memberi putusan di antara mereka di hari kiamat terhadap apa yang telah mereka perselisihkan itu. (Q.S. An-Nahl : 124)

Itulah pembahasan singkat kita mengenai ayat-ayat Al-Quran yang membicarakan tentang hari Sabtu. Semoga menambah ilmu dan pengetahuan agama kita semua.


Semoga bermanfaat.


Diselesaikan pada 6 Muharram 1440 Hijriyah/16 September 2018 Masehi.


EmoticonEmoticon