6 Ayat Al-Quran Tentang Salib

6 Ayat Al-Quran Tentang Salib
6 Ayat Al-Quran Tentang Salib
AlQuranPedia.Org – Salib biasanya identik dengan agama Nasrani/Kristen. Menurut keyakinan Nasrani bahwa Yesus Kristus mati disalib pada kayu salib untuk menebus dosa umat manusia. Kemudian Yesus bangkit pada hari ketiga. Jadi menurut keyakinan Kristen semua manusia itu berdosa diakibatkan dosa Adam dan Hawa pada zaman dahulu. Untuk mendapatkan pengampunan dosa tersebut kita harus percaya bahwa Yesus adalah Tuhan, dia mati untuk menebus dosa umat manusia. Akan tetapi itu menurut keyakinan Nasrani. Menurut agama Islam tentu saja keyakinan itu sesat dan sangat batil. Menurut Islam, dosa ayah tidak bisa ditanggung anak dan begitu pula sebaliknya. Menurut Islam pula Yesus/Nabi ‘Isa tidak mati dan tidak pula disalib. Dan menurut Islam Yesus/Nabi ‘Isa itu bukan anak Tuhan, bukan Tuhan dan bukan pula satu di antara yang tiga.


Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan salib. Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka dengan bertimbal balik, atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya). Yang demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka didunia, dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar, (Q.S. Al-Maa’idah : 33)

2
Hai kedua penghuni penjara: "Adapun salah seorang diantara kamu berdua, akan memberi minuman tuannya dengan khamar; adapun yang seorang lagi maka ia akan disalib, lalu burung memakan sebagian dari kepalanya. Telah diputuskan perkara yang kamu berdua menanyakannya (kepadaku)." (Q.S. Yusuf : 41)

3
dan karena ucapan mereka: "Sesungguhnya kami telah membunuh Al-Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan ‘Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) ‘Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah ‘Isa. (Q.S. An-Nisaa’ : 157)


4
demi, sesungguhnya aku akan memotong tangan dan kakimu dengan bersilang secara bertimbal balik, kemudian sungguh-sungguh aku akan menyalib kamu semuanya." (Q.S. Al-A’raaf : 124)

5
Berkata Fir'aun: "Apakah kamu telah beriman kepadanya (Musa) sebelum aku memberi izin kepadamu sekalian. Sesungguhnya ia adalah pemimpinmu yang mengajarkan sihir kepadamu sekalian. Maka sesungguhnya aku akan memotong tangan dan kaki kamu sekalian dengan bersilang secara bertimbal balik, dan sesungguhnya aku akan menyalib kamu sekalian pada pangkal pohon kurma dan sesungguhnya kamu akan mengetahui siapa di antara kita yang lebih pedih dan lebih kekal siksanya." (Q.S. Thaahaa : 71)

6
Fir'aun berkata: "Apakah kamu sekalian beriman kepada Musa sebelum aku memberi izin kepadamu? Sesungguhnya dia benar-benar pemimpinmu yang mengajarkan sihir kepadamu maka kamu nanti pasti benar-benar akan mengetahui (akibat perbuatanmu); sesungguhnya aku akan memotong tanganmu dan kakimu dengan bersilangan dan aku akan menyalibmu semuanya." (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 49)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang membicarakan tentang salib. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.


Semoga bermanfaat.


Diselesaikan pada 21 Dzulhijjah 1439 Hijriyah/1 September 2018 Masehi.


EmoticonEmoticon