5 Ayat Al-Quran Tentang Ular

5 Ayat Al-Quran Tentang Ular
5 Ayat Al-Quran Tentang Ular
AlQuranPedia.Org – Sebagaimana yang dikutip dari WikiPedia, Ular adalah reptilia tak berkaki yang bertubuh panjang. Ular memiliki sisik seperti kadal dan sama-sama digolongkan ke dalam reptil bersisik (Squamata). Perbedaannya adalah kadal pada umumnya berkaki, memiliki lubang telinga, dan kelopak mata yang dapat dibuka tutup. Akan tetapi untuk kasus-kasus kadal tak berkaki (misalnya Ophisaurus spp.) perbedaan ini menjadi kabur dan tidak dapat dijadikan pegangan. Namun ular tetap dapat dibedakan karena ular tidak memiliki telinga dan kelopak mata.


Di dalam Al-Quran ular juga beberapa kali disebut. Semua penyebutan ular di Al-Quran berkaitan dengan tongkat Nabi Musa ‘alaihissalam yang berubah menjadi ular. Itu merupakan salah satu dari 9 mukjizat yang diberikan Allah Ta’ala kepada nabi Musa ‘alaihissalam.

Dan sesungguhnya Kami telah memberikan kepada Musa sembilan buah mukjizat yang nyata, maka tanyakanlah kepada Bani Israil, tatkala Musa datang kepada mereka lalu Fir'aun berkata kepadanya: "Sesungguhnya aku sangka kamu, hai Musa, seorang yang kena sihir." (Q.S. Al-Israa’ : 101)

Adapun kesembilan mukjizat itu adalah tongkat yang berubah menjadi ular dan digunakan untuk membelah lautan, tangan beliau yang mengeluarkan cahaya putih ketika dimasukkan ke leher baju, belalang, kutu, katak, darah, taupan, laut yang membelah menjadi 2 bagian, dan bukit Sinai. Sebenarnya mukjizat nabi Musa sangatlah banyak, namun sembilan hal tersebut adalah di antara yang utama.

Pada tulisan kali ini kita akan membahas sedikit mengenai ayat-ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang ular. Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Maka Musa menjatuhkan tongkatnya, lalu seketika itu juga tongkat itu menjadi ular yang sebenarnya. (Q.S. Al-A’raaf : 107)


2
dan lemparkanlah tongkatmu. Maka tatkala (tongkat itu menjadi ular dan) Musa melihatnya bergerak-gerak seolah-olah dia seekor ular yang gesit, larilah ia berbalik ke belakang tanpa menoleh. (Kemudian Musa diseru): "Hai Musa datanglah kepada-Ku dan janganlah kamu takut. Se- sungguhnya kamu termasuk orang-orang yang aman. (Q.S. Al-Qashash : 31)

3
dan lemparkanlah tongkatmu." Maka tatkala (tongkat itu menjadi ular dan) Musa melihatnya bergerak-gerak seperti dia seekor ular yang gesit, larilah ia berbalik ke belakang tanpa menoleh. "Hai Musa, janganlah kamu takut. Sesungguhnya orang yang dijadikan rasul, tidak takut di hadapan-Ku. (Q.S. An-Naml : 10)

4
Maka Musa melemparkan tongkatnya, lalu tiba-tiba tongkat itu (menjadi) ular yang nyata. (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 32)

5
Lalu dilemparkannyalah tongkat itu, maka tiba-tiba ia menjadi seekor ular yang merayap dengan cepat. (Q.S. Thaahaa : 20)

Itulah penjelasan singkat kita mengenai ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan ular. Semoga menambah ilmu agama dan wawasan kita semua.


Semoga bermanfaat.


Diselesaikan pada 19 Muharram 1440 Hijriyah/29 September 2018 Masehi.


EmoticonEmoticon