8 Ayat Al-Quran Tentang Naik

8 Ayat Al-Quran Tentang Naik
8 Ayat Al-Quran Tentang Naik

AlQuranPedia.Org – Di dalam Al-Quranul Karim terdapat beberapa ayat yang menyebutkan dan mengisyaratkan tentang “naik”. Sebagai contohnya adalah para malaikat yang naik ke langit. Amal-amal sholih yang dinaikkan ke langit kepada Allah. Fir’aun dahulu pun memerintahkan kepada Haman agar membuatkan bangunan sehingga dia bisa naik melihat Tuhannya Nabi Musa ‘alaihissalaam. Nabi Nuh ‘alaihissalam pun ketika air bah mulai meninggi maka dia memerintahkan agar anaknya naik ke bahtera yang telah dibangun ayahnya atas perintah Robbnya ‘Azza Wa Jalla.

 

(Baca Juga : Hukum Minum dari Sedotan)


Pada tulisan kali ini kita akan membahas sedikit mengenai ayat-ayat Al-Quran yang membicarakan tentang naik. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

1

Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa: Kemudian Dia bersemayam di atas ´arsy, Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-Hadiid : 4)

 

2

Atau kamu mempunyai sebuah rumah dari emas, atau kamu naik ke langit. Dan kami sekali-kali tidak akan mempercayai kenaikanmu itu hingga kamu turunkan atas kami sebuah kitab yang kami baca." Katakanlah: "Maha Suci Tuhanku, bukankah aku ini hanya seorang manusia yang menjadi rasul?" (Q.S. Al-Israa’ : 93)

 

3

(yang datang) dari Allah, Yang mempunyai tempat-tempat naik. Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun. (Q.S. Al-Ma’aarij : 3-4)

 

4

Dan berkata Fir'aun: "Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah hai Haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa dia termasuk orang-orang pendusta." (Q.S. Al-Qashash : 38)

 

(Baca Juga : Bacaan Ketika Sujud Syukur)


5

Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu. (Q.S. As-Sajdah : 5)

 

6

Barangsiapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allah-lah kemuliaan itu semuanya. Kepada-Nyalah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya. Dan orang-orang yang merencanakan kejahatan bagi mereka azab yang keras. Dan rencana jahat mereka akan hancur. (Q.S. Fathir : 10)

 

7

Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi, apa yang ke luar daripadanya, apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepadanya. Dan Dia-lah Yang Maha Penyayang lagi Maha Pengampun. (Q.S. Saba’ : 2)

 

8

Dan Nuh berkata: "Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya." Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan bahtera itu berlayar membawa mereka dalam gelombang laksana gunung. Dan Nuh memanggil anaknya, sedang anak itu berada di tempat yang jauh terpencil: "Hai anakku, naiklah (ke kapal) bersama kami dan janganlah kamu berada bersama orang-orang yang kafir." (Q.S. Huud : 41-42)

 

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang naik. Semoga pembahasan kita yang ringkas ini meningkatkan pengetahuan kita seputar kandungan Al-Quranul Karim.

 

(Baca Juga : 29 Ayat Al-Quran Tentang Azab)


Semoga bermanfaat.

 

Diselesaikan pada 20 Shafar 1444 Hijriyah/16 September 2022 Masehi. 


EmoticonEmoticon