2 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Idris

 

2 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Idris
2 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Idris

AlQuranPedia.Org – Nabi Idris ‘alaihissalam adalah salah seorang Nabi yang diutus Allah Tabaraka Wa Ta’ala. Beliau adalah Nabi yang dijumpai oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam saat mi’raj ke langit dan berjumpa di langit ke-4. Nama beliau disebutkan sebanyak 2 kali di dalam Al-Quranul Karim, pada surat Maryam dan Surat Al-Anbiyaa’. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan tentang sifat Nabi Idris ‘alaihissalaam:

 

Seorang Nabi dari para nabi yang menggaris nasib, maka barangsiapa yang mampu melakukannya (dengan bekal ilmu yang pasti dan mencocoki) maka hal itu boleh baginya. [HR. Muslim]

 

(Baca Juga : 21 Ayat Al-Quran Tentang Sihir)


Pada tulisan ini blog Al-Quran Pedia akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang menyebutkan dan membahas tentang Nabi Idris ‘alaihissalaam. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

1

وَاذْكُرْ فِى الْكِتٰبِ اِدْرِيْسَۖ اِنَّهٗ كَانَ صِدِّيْقًا نَّبِيًّا ۙ وَّرَفَعْنٰهُ مَكَانًا عَلِيًّا

 

Dan ceritakanlah (Nabi Muhammad kisah) Idris di dalam Kitab (Al-Qur’an). Sesungguhnya dia adalah orang yang sangat benar dan membenarkan lagi seorang nabi. Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi. (Q.S. Maryam : 56-57)

 

Asy-Syaikh ‘Abdurahman As-Sa’di menafsirkan ayat di atas menyebutkan, “Nabi Idris ‘alaihissalaam adalah seorang nabi yang Allah puji dengan sifat pembenaran yang sempurna, mempunyai ilmu yang sempurna, keyakinan yang kokoh, dan banyaknya amal sholih. Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengangkat namanya ke seluruh alam dan mengangkat kedudukannya di antara makhluk yang dekat dengannya.”

 

Syaikh Prof Dr. Wahbah Az-Zuhaili dalam Tafsir Al-Wajiz nya menyebutkan, “Ceritakanlah kepada mereka wahai Nabi, tentang kisah Idris yang disebut di Al-Quran. Dia adalah putra Syith dan cucu Nabi Nuh. Dia merupakan orang pertama yang menulis dengan pena. Sesungguhnya Idris adalah seseorang yang sangat jujur dan membenarkan yang haq dan merupakan seorang nabi dari nabi-nabi yang mulia. Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi di dunia dan akhirat dengan pangkat dan kemuliaan dari sisi Allah. Allah telah mengangkatnya sampai langit ke-4. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits shahih dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

 

(Baca Juga : 28 Ayat Al-Quran Tentang Bersyukur)


2

وَاِسْمٰعِيْلَ وَاِدْرِيْسَ وَذَا الْكِفْلِۗ كُلٌّ مِّنَ الصّٰبِرِيْنَ

 

Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Dzulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar. (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 85)

 

Dalam tafsir Al-Muyassar disebutkan, “Dan ingatlah Isma’il dan Idris serta Dzulkifli. Masing-masing dari mereka termasuk orang-orang yang sabar dalam menjalani ketaatan kepada Allah, menjauhi maksiat kepada-Nya, dan menghadapi takdir-takdir-Nya. Maka mereka pantas disebut dengan pujian yang baik.”

 

Itulah berbagai ayat Al-Quranul Karim yang membicarakan dan menyebutkan tentang Nabi Idris ‘alaihissalaam. Semoga tulisan sederhana ini menambah ilmu dan khazanah pengetahuan kita seputar kandungan Al-Quran dan kisah-kisah para nabi Allah ‘Azza Wa Jalla.

 

(Baca Juga : 11 Ayat Al-Quran Tentang 'Aisyah)


Semoga bermanfaat.


Diselesaikan pada malam 10 Ramadhan 1444 Hijriyah/31 Maret 2021 Masehi.


EmoticonEmoticon