26 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Yusuf

26 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Yusuf
26 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Yusuf

AlQuranPedia.Org – Nabi Yusuf ‘alaihissalaam sebagaimana yang disebutkan dalam beberapa hadits bahwa beliau dikaruniakan setengah ketampanan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menyebut Nabi Yusuf sebagai manusia yang paling mulia, Nabi Allah, anak dari nabi Allah, anak dari nabi Allah, anak dari kekasih-Nya. Maksudnya adalah Nabi Yusuf itu adalah Nabi Allah, anak nabi Allah yaitu Ya’qub, anak dari anak dari nabi Allah yaitu kakeknya yang merupakan Nabi Ishaq dan juga kakek buyutnya adalah kekasih Allah yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalaam. Artinya 4 generasi semuanya adalah Nabi ‘alaihimussalaam. Salah satu di antara mukjizat dan kelebihan beliau adalah keahlian beliau dalam menafsirkan mimpi.

 

Di dalam Al-Quran, Nabi Yusuf disebutkan sebanyak 27 kali dalam 26 ayat Al-Qurna yang berbeda. Kisah Nabi Yusuf ‘alaihissalaam sangat lengkap disebutkan Allah Ta’ala dalam satu surat khusus yakni Surat Yusuf. Dari masa kecil beliau sampai beliau menjadi bendaharawan Mesir secara lengkap diceritakan. Dari beliau kecil bermimpi melihat matahari bulan dan 11 bintang sujud kepada beliau. Kemudian kisah beliau dimasukkan ke dalam sumur. Kemudian beliau dijual menjadi budak di kerajaan Mesir. Lalu beliau diuji dengan digoda oleh istri Al-‘Aziz. Kemudian beliau diuji dengan dimasukkan ke dalam penjara dan bersama beliau ada 2 orang yang meminta agar ditafsirkan mimpinya. Kemudian beliau menafsirkan mimpi raja. Lalu beliau dikeluarkan dari penjara dan ditawarkan menjadi bendaharawan Mesir. Suatu perjalanan hidup yang penuh ujian dan cobaan. Nabi Yusuf berhasil melewati itu semua dengan ketaqwaan dan kesabaran. Sebagaimana kata Nabi Yusuf ‘alaihissalaam

 

اِنَّهٗ مَنْ يَّتَّقِ وَيَصْبِرْ فَاِنَّ اللّٰهَ لَا يُضِيْعُ اَجْرَ الْمُحْسِنِيْنَ

 

Sungguh, barangsiapa yang bertaqwa dan bersabar, maka sesungguhya Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat baik. (Q.S. Yusuf : 90)

 

(Baca Juga : Istiwa Allah di Atas 'Arsy)


Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang membicarakan tentang Nabi Yusuf ‘alaihissalaam. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

1

Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yaqub kepadanya. Kepada keduanya masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan kepada Nuh sebelum itu (juga) telah Kami beri petunjuk, dan kepada sebahagian dari keturunannya (Nuh) yaitu Daud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa dan Harun. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. (Q.S. Al-An’aam : 84)

 

2

(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: "Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku." (Q.S. Yusuf : 4)

 

3

Sesungguhnya ada beberapa tanda-tanda kekuasaan Allah pada (kisah) Yusuf dan saudara-saudaranya bagi orang-orang yang bertanya. (Q.S. Yusuf : 7)

 

4

(Yaitu) ketika mereka berkata: "Sesungguhnya Yusuf dan saudara kandungnya (Bunyamin) lebih dicintai oleh ayah kita dari pada kita sendiri, padahal kita (ini) adalah satu golongan (yang kuat). Sesungguhnya ayah kita adalah dalam kekeliruan yang nyata. (Q.S. Yusuf : 8)

 

5

Bunuhlah Yusuf atau buanglah dia kesuatu daerah (yang tak dikenal) supaya perhatian ayahmu tertumpah kepadamu saja, dan sesudah itu hendaklah kamu menjadi orang-orang yang baik." (Q.S. Yusuf : 9)

 

6

Seorang diantara mereka berkata: "Janganlah kamu bunuh Yusuf, tetapi masukkanlah dia ke dasar sumur supaya dia dipungut oleh beberapa orang musafir, jika kamu hendak berbuat." (Q.S. Yusuf : 10)

 

7

Mereka berkata: "Wahai ayah kami, apa sebabnya kamu tidak mempercayai kami terhadap Yusuf, padahal sesungguhnya kami adalah orang-orang yang mengingini kebaikan baginya. (Q.S. Yusuf : 11)

 

8

Mereka berkata: "Wahai ayah kami, sesungguhnya kami pergi berlomba-lomba dan kami tinggalkan Yusuf di dekat barang-barang kami, lalu dia dimakan serigala; dan kamu sekali-kali tidak akan percaya kepada kami, sekalipun kami adalah orang-orang yang benar." (Q.S. Yusuf : 17)

 

9

Dan orang Mesir yang membelinya berkata kepada isterinya: "Berikanlah kepadanya tempat (dan layanan) yang baik, boleh jadi dia bermanfaat kepada kita atau kita pungut dia sebagai anak." Dan demikian pulalah Kami memberikan kedudukan yang baik kepada Yusuf di muka bumi (Mesir), dan agar Kami ajarkan kepadanya ta'bir mimpi. Dan Allah berkuasa terhadap urusan-Nya, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahuinya. (Q.S. Yusuf : 21)

 

10

(Hai) Yusuf: "Berpalinglah dari ini, dan (kamu hai isteriku) mohon ampunlah atas dosamu itu, karena kamu sesungguhnya termasuk orang-orang yang berbuat salah." (Q.S. Yusuf : 29)

 

11

(Setelah pelayan itu berjumpa dengan Yusuf dia berseru): "Yusuf, hai orang yang amat dipercaya, terangkanlah kepada kami tentang tujuh ekor sapi betina yang gemuk-gemuk yang dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus-kurus dan tujuh bulir (gandum) yang hijau dan (tujuh) lainnya yang kering agar aku kembali kepada orang-orang itu, agar mereka mengetahuinya." (Q.S. Yusuf : 46)

 

12

Raja berkata (kepada wanita-wanita itu): "Bagaimana keadaanmu ketika kamu menggoda Yusuf untuk menundukkan dirinya (kepadamu)?" Mereka berkata: "Maha Sempurna Allah, kami tiada mengetahui sesuatu keburukan dari padanya." Berkata isteri Al Aziz: "Sekarang jelaslah kebenaran itu, akulah yang menggodanya untuk menundukkan dirinya (kepadaku), dan sesungguhnya dia termasuk orang-orang yang benar." (Q.S. Yusuf : 51)

 

13

Dan demikianlah Kami memberi kedudukan kepada Yusuf di negeri Mesir; (dia berkuasa penuh) pergi menuju kemana saja ia kehendaki di bumi Mesir itu. Kami melimpahkan rahmat Kami kepada siapa yang Kami kehendaki dan Kami tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik. (Q.S. Yusuf : 56)

 

(Baca Juga : Tawakkal Dengan Rezeki Allah)


14

Dan saudara-saudara Yusuf datang (ke Mesir} lalu mereka masuk ke (tempat) nya. Maka Yusuf mengenal mereka, sedang mereka tidak kenal (lagi) kepadanya. (Q.S. Yusuf : 58)

 

15

Dan tatkala mereka masuk ke (tempat) Yusuf. Yusuf membawa saudaranya (Bunyamin) ke tempatnya, Yusuf berkata : "Sesungguhnya aku (ini) adalah saudaramu, maka janganlah kamu berdukacita terhadap apa yang telah mereka kerjakan." (Q.S. Yusuf : 69)

 

16

Maka mulailah Yusuf (memeriksa) karung-karung mereka sebelum (memeriksa) karung saudaranya sendiri, kemudian dia mengeluarkan piala raja itu dari karung saudaranya. Demikianlah Kami atur untuk (mencapai maksud) Yusuf. Tiadalah patut Yusuf menghukum saudaranya menurut undang-undang raja, kecuali Allah menghendaki-Nya. Kami tinggikan derajat orang yang Kami kehendaki; dan di atas tiap-tiap orang yang berpengetahuan itu ada lagi Yang Maha Mengetahui. (Q.S. Yusuf : 76)

 

17

Mereka berkata: "Jika ia mencuri, maka sesungguhnya, telah pernah mencuri pula saudaranya sebelum itu." Maka Yusuf menyembunyikan kejengkelan itu pada dirinya dan tidak menampakkannya kepada mereka. Dia berkata (dalam hatinya): "Kamu lebih buruk kedudukanmu (sifat-sifatmu) dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu terangkan itu." (Q.S. Yusuf : 77)

 

18

Maka tatkala mereka berputus asa dari pada (putusan) Yusuf mereka menyendiri sambil berunding dengan berbisik-bisik. Berkatalah yang tertua diantara mereka: "Tidakkah kamu ketahui bahwa sesungguhnya ayahmu telah mengambil janji dari kamu dengan nama Allah dan sebelum itu kamu telah menyia-nyiakan Yusuf. Sebab itu aku tidak akan meninggalkan negeri Mesir, sampai ayahku mengizinkan kepadaku (untuk kembali), atau Allah memberi keputusan terhadapku. Dan Dia adalah Hakim yang sebaik-baiknya." (Q.S. Yusuf : 80)

 

19

Dan Ya'qub berpaling dari mereka (anak-anaknya) seraya berkata: "Aduhai duka citaku terhadap Yusuf", dan kedua matanya menjadi putih karena kesedihan dan dia adalah seorang yang menahan amarahnya (terhadap anak-anaknya). (Q.S. Yusuf : 84)

 

20

Mereka berkata: "Demi Allah, senantiasa kamu mengingati Yusuf, sehingga kamu mengidapkan penyakit yang berat atau termasuk orang-orang yang binasa." (Q.S. Yusuf : 85)

 

21

Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir." (Q.S. Yusuf : 87)

 

22

Yusuf berkata: "Apakah kamu mengetahui (kejelekan) apa yang telah kamu lakukan terhadap Yusuf dan saudaranya ketika kamu tidak mengetahui (akibat) perbuatanmu itu?” (Q.S. Yusuf : 89)

 

23

Mereka berkata: "Apakah kamu ini benar-benar Yusuf?" Yusuf menjawab: "Akulah Yusuf dan ini saudaraku. Sesungguhnya Allah telah melimpahkan karunia-Nya kepada kami." Sesungguhnya barang siapa yang bertakwa dan bersabar, maka sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik". (Q.S. Yusuf : 90)

 

24

Tatkala kafilah itu telah ke luar (dari negeri Mesir) berkata ayah mereka: "Sesungguhnya aku mencium bau Yusuf, sekiranya kamu tidak menuduhku lemah akal (tentu kamu membenarkan aku)." (Q.S. Yusuf : 94)

 

25

Maka tatkala mereka masuk ke (tempat) Yusuf: Yusuf merangkul ibu bapanya dan dia berkata: "Masuklah kamu ke negeri Mesir, insya Allah dalam keadaan aman." (Q.S. Yusuf : 99)

 

26

Dan sesungguhnya telah datang Yusuf kepadamu dengan membawa keterangan-keterangan, tetapi kamu senantiasa dalam keraguan tentang apa yang dibawanya kepadamu, hingga ketika dia meninggal, kamu berkata: "Allah tidak akan mengirim seorang (rasulpun) sesudahnya. Demikianlah Allah menyesatkan orang-orang yang melampaui batas dan ragu-ragu. (Q.S. Al-Mu’min : 34)

 

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang menceritakan dan membahas tentang Nabi Yusuf ‘alaihissalaam. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita seputar isi kandungan Al-Quran dan kisah para nabi.

 

(Baca Juga : 26 Ayat Al-Quran Tentang Bertasbih)


Semoga bermanfaat.

 

Diselesaikan pada sore 8 Ramadhan 1444 Hijriyah/30 Maret 2023 Masehi.


EmoticonEmoticon