7 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Hud

 

7 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Hud
7 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Hud

AlQuranPedia.Org – Nabi Hud ‘alaihissalaam diutus kepada kaum ‘Ad yang durhaka dan membangkang. Kaum ‘Ad ini tinggal di daerah yang bernama Al-Ahqaaf (Surat Al-Ahqaf).  Allah Ta’ala menyebut Nabi Hud sebanyak 7 kali di dalam Al-Quran. Sebagaimana para rasul lainnya Nabi Hud memulai dakwahnya dengan menyerukan kaumnya agar senantiasa menyembah Allah semata, menegakkan tauhid, tidak menyembah selainnya dan tidak melakukan kesyirikan sedikitpun. Nabi Hud mengingatkan kaumnya agar senantiasa bertaqwa dan beriman kepada Allah Jalla Dzikruhu.

 

Pada akhirnya kaum ‘Ad tidak menghiraukan nasehat dan seruan dari Nabi Hud. Alhasil kaum ‘Ad pun diazab oleh Allah Ta’ala dengan angin topan yang sangat dingin selama tujuh malam dan delapan hari berturut-turut. Allah sampai menggambarkan bagaimana keadaan kaum ‘Ad setelah diazab oleh Allah

 

سَخَّرَهَا عَلَيْهِمْ سَبْعَ لَيَالٍ وَّثَمٰنِيَةَ اَيَّامٍۙ حُسُوْمًا فَتَرَى الْقَوْمَ فِيْهَا صَرْعٰىۙ كَاَنَّهُمْ اَعْجَازُ نَخْلٍ خَاوِيَةٍۚ فَهَلْ تَرٰى لَهُمْ مِّنْۢ بَاقِيَةٍ

 

Dia menimpakan angin itu kepada mereka selama tujuh malam delapan hari terus-menerus. Maka, kamu melihat kaum (‘Ad) pada waktu itu mati bergelimpangan seperti batang-batang pohon kurma yang telah (lapuk) bagian dalamnya. Adakah kamu melihat seorang pun yang masih tersisa di antara mereka? (Q.S. Al-Haaqqah : 7-8)

 

(Baca Juga : 20 Ayat Al-Quran Tentang Jihad)


Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang Nabi Hud ‘alaihissalaam. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

1

Dan (Kami telah mengutus) kepada kaum 'Aad saudara mereka, Hud. Ia berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain dari-Nya. Maka mengapa kamu tidak bertakwa kepada-Nya?" (Q.S. Al-A’raaf : 65)

 

2

Dan kepada kaum 'Ad (Kami utus) saudara mereka, Huud. Ia berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Kamu hanyalah mengada-adakan saja. (Q.S. Huud : 50)

 

3

Kaum 'Ad berkata: "Hai Huud, kamu tidak mendatangkan kepada kami suatu bukti yang nyata, dan kami sekali-kali tidak akan meninggalkan sembahan-sembahan kami karena perkataanmu, dan kami sekali-kali tidak akan mempercayai kamu. (Q.S. Huud : 53)

 

(Baca Juga : 25 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Adam)


4

Dan tatkala datang azab Kami, Kami selamatkan Huud dan orang-orang yang beriman bersama dia dengan rahmat dari Kami; dan Kami selamatkan (pula) mereka (di akhirat) dari azab yang berat. (Q.S. Huud : 58)

 

5

Dan mereka selalu diikuti dengan kutukan di dunia ini dan (begitu pula) di hari kiamat. Ingatlah, sesungguhnya kaum 'Ad itu kafir kepada Tuhan mereka. Ingatlah kebinasaanlah bagi kaum 'Ad (yaitu) kaum Huud itu. (Q.S. Huud : 60)

 

6

Hai kaumku, janganlah hendaknya pertentangan antara aku (dengan kamu) menyebabkan kamu menjadi jahat hingga kamu ditimpa azab seperti yang menimpa kaum Nuh atau kaum Hud atau kaum Shaleh, sedang kaum Luth tidak (pula) jauh (tempatnya) dari kamu. (Q.S. Huud : 89)

 

7

Ketika saudara mereka Hud berkata kepada mereka: "Mengapa kamu tidak bertakwa? (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 124)

 

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang menyebutkan dan membicarakan tentang Nabi Hud ‘alaihissalaam. Semoga tulisan singkat nan ringkas ini menambah sedikit wawasan dan pengetahuan kita seputar kandungan Al-Quranul Karim.

 

(Baca Juga : 21 Ayat Al-Quran Tentang Tentara)


Semoga bermanfaat.

 

Diselesaikan pada sore hari menjelang berbuka 8 Ramadhan 1444 Hijriyah/30 Maret 2023 Masehi.


EmoticonEmoticon