4 Saksi Kita Pada Hari Kiamat

4 Saksi Kita Pada Hari Kiamat
4 Saksi Kita Pada Hari Kiamat

AlQuranPedia.Org - Di hari Kiamat kelak, di saat hisab, di saat kita akan mempertanggung jawabkan segala perbuatan kita di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Saat itu kita akan ditanya tentang apa-apa saja yang telah kita lakukan selama hidup di dunia. Saat itu kita akan membantah terhadap dosa-dosa yang telah kita perbuat. Akan tetapi, Allah Ta’ala mendatangkan saksi yang akan membuat kita terdiam dan tak bisa berkata apa-apa.
Saat itu kita tidak bisa meminta tolong kepada siapapun, tinggallah kita sendiri yang akan bertanggung jawab terhadap diri kita sendiri.

Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya, (Q.S. Al-Muddatstsir : 38)

Saksi Pertama - Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Allah ‘Azza Wa Jalla berfirman,

Dan berapa banyaknya kaum sesudah Nuh telah Kami binasakan. Dan cukuplah Tuhanmu Maha Mengetahui lagi Maha Melihat dosa hamba-hamba-Nya. (Q.S. Al-Israa’ : 17)

Saksi pertama yang akan bersaksi tentang perbuatan kita selama hidup di atas bumi Allah adalah Allah sendiri. Allah akan menjelaskan bahwa kita melakukan dosa itu dosa ini, pada tanggal sekian, hari sekian, pukul sekian, di tempat ini. Allah Ta’ala senantiasa mengawasi hamba-Nya selama di dunia, meskipun kita tidak melihat-Nya akan tetapi Dia selalu melihat kita.

Saksi Kedua - Para Malaikat Allah

Allah Tabaraka Wa Ta’ala berfirman,

Dan datanglah tiap-tiap diri, bersama dengan dia seorang malaikat penggiring dan seorang malaikat penyaksi. (Q.S. Qaaf : 21)

Setiap perbuatan kita, tidak terlepas dari pengawasan malaikat-malaikat Allah yang bertugas mencatat amal. Setiap kita berbuat dosa, pasti tercatat pada buku catatan para malaikat-Nya. Tidak ada yang terlewat sedikitpun, semua dicatat sedemikian detailnya.

Allah berfirman,

Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir. (Q.S. Qaaf : 18)

Pada ayat lain Allah berfirman,

Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu), mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-Infithaar : 10-12)
Saksi Ketiga - Bumi Tempat Kita Berpijak

Bumi pun akan menjadi saksi bagi kita di akhirat kelak. Bumi akan menjelaskan bahwa di tempat ini, di tempat itu, si fulan berbuat dosa, di sana fulan berbuat dosa, di sini fulan berbuat dosa. Dalilnya adalah firman Allah Jalla Jalaluh di Surah Az-Zalzalah sebagaimana yang disebutkan Kitab Tafsir Ibnu Katsir rahimahullah,

Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi begini)?", pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. (Q.S. Az-Zalzalah : 1-5)

Saksi Keempat - Diri Kita Sendiri

Mungkin kalau orang lain kita tidak akan percaya, tetapi kalau diri sendiri yang memberikan kesaksian maka kita tidak akan bisa mengelak sedikitpun. Pada hari Kiamat nanti, di Hari Pengadilan, Allah akan mengunci mulut kita, dan akan memerintahkan kaki, tangan, dan anggota tubuh kita lainnya untuk bersaksi atas diri kita tentang apa-apa saja yang telah kita lakukan selama di dunia. Bahkan, kulitpun akan bersaksi atas kita.

Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan. (Q.S. Yaasiin : 65)

Allah berfirman pada ayat lain,

Sehingga apabila mereka sampai ke neraka, pendengaran, penglihatan dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang telah mereka kerjakan. Dan mereka berkata kepada kulit mereka: "Mengapa kamu menjadi saksi terhadap kami?" Kulit mereka menjawab: "Allah yang menjadikan segala sesuatu pandai berkata telah menjadikan kami pandai (pula) berkata, dan Dia-lah yang menciptakan kamu pada kali pertama dan hanya kepada-Nya lah kamu dikembalikan." Kamu sekali-sekali tidak dapat bersembunyi dari kesaksian pendengaran, penglihatan dan kulitmu kepadamu bahkan kamu mengira bahwa Allah tidak mengetahui kebanyakan dari apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Fushshilat : 20-22)

Itulah saksi-saksi yang akan menjelaskan tentang perbuatan apa saja yang sudah kita lakukan selama hidup di dunia. Kita ketika itu tidak akan mengelak, kita akan menangis, sedih, meminta kepada Allah agar kembali ke dunia. Akan tetapi Allah tidak mengabulkannya.

Dan, jika sekiranya kamu melihat mereka ketika orang-orang yang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Tuhannya, (mereka berkata): "Ya Tuhan kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami (ke dunia), kami akan mengerjakan amal saleh, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang yakin." (Q.S. As-Sajdah : 12)

Itulah pembahasan singkat kita mengenai saksi-saksi pada hari Kiamat. Semoga dengan tulisan ini kita lebih hati-hati, lebih takut kepada-Nya sehingga kita lebih meningkatkan amal ‘ibadah kita.
Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 13 Shafar 1439 Hijriyah/2 November 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon