13 Ayat Al Quran Tentang Warna Putih

13 Ayat Al Quran Tentang Warna Putih
13 Ayat Al Quran Tentang Warna Putih

AlQuranPedia.Org - Allah ‘Azza Wa Jalla banyak menyebutkan dan menjelaskan tentang warna di dalam kitab-Nya Al-Quranul Karim. Warna-warna yang disebutkan Allah Ta’ala tentunya bukan tanpa sebab, melainkan dengan banyak hikmah. Tetapi kita saja yang jarang menyelidiki dan meneliti ayat-ayat warna di dalam Al-Quran.

(Al-Quran) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. (Q.S. Ali ‘Imran : 138)


Sebelumnya kita sudah membahas mengenai warna hitam dan warna hijau di dalam Al-Quran. Nah pada tulisan kali ini kita akan membahas ayat-ayat mengenai warna putih. Di dalam Al-Quran, warna putih sering disebut ketika penyebutan kisah Musa ‘alaihissalam. Hal itu dikarenakan salah satu mukjizat Nabiyullah Musa ‘alaihissalam adalah keluarnya cahaya putih dari ketiak beliau. Penasaran bukan? Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi ma'af kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa. (Q.S. Al-Baqarah : 187)

2
pada hari yang di waktu itu ada muka yang putih berseri, dan ada pula muka yang hitam muram. Adapun orang-orang yang hitam muram mukanya (kepada mereka dikatakan): "Kenapa kamu kafir sesudah kamu beriman? Karena itu rasakanlah azab disebabkan kekafiranmu itu." (Q.S. Ali ‘Imran : 106)

3
Adapun orang-orang yang putih berseri mukanya, maka mereka berada dalam rahmat Allah (surga); mereka kekal di dalamnya. (Q.S. Ali ‘Imran : 107)

4
Dan ia mengeluarkan tangannya, maka ketika itu juga tangan itu menjadi putih bercahaya (kelihatan) oleh orang-orang yang melihatnya. (Q.S. Al-A’raaf : 108)

5
Dan Ya'qub berpaling dari mereka (anak-anaknya) seraya berkata: "Aduhai duka citaku terhadap Yusuf", dan kedua matanya menjadi putih karena kesedihan dan dia adalah seorang yang menahan amarahnya (terhadap anak-anaknya). (Q.S. Yusuf : 84)

6
dan kepitkanlah tanganmu ke ketiakmu, niscaya ia ke luar menjadi putih cemerlang tanpa cacat, sebagai mukjizat yang lain (pula), (Q.S. Thaahaa : 22)


7
Dan (ingatlah) hari (ketika) langit pecah belah mengeluarkan kabut putih dan diturunkanlah malaikat bergelombang-gelombang. (Q.S. Al-Furqaan : 25)

8
Dan ia menarik tangannya (dari dalam bajunya), maka tiba-tiba tangan itu jadi putih (bersinar) bagi orang-orang yang melihatnya. (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 33)

9
Dan masukkanlah tanganmu ke leher bajumu, niscaya ia akan ke luar putih (bersinar) bukan karena penyakit. (Kedua mukjizat ini) termasuk sembilan buah mukjizat (yang akan dikemukakan) kepada Fir'aun dan kaumnya. Sesungguhnya mereka adalah kaum yang fasik." (Q.S. An-Naml : 12)

10
Masukkanlah tanganmu ke leher bajumu, niscaya ia keluar putih tidak bercacat bukan karena penyakit, dan dekapkanlah kedua tanganmu (ke dada)mu bila ketakutan, maka yang demikian itu adalah dua mukjizat dari Tuhanmu (yang akan kamu hadapkan kepada Fir'aun dan pembesar-pembesarnya). Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang fasik." (Q.S. Al-Qashash : 32)

11
Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat. (Q.S. Faathir : 27)

12
(Warnanya) putih bersih, sedap rasanya bagi orang-orang yang minum. (Q.S. Ash-Shaaffaar : 46)

13
(Bidadari-bidadari) yang jelita, putih bersih, dipingit dalam rumah. (Q.S. Ar-Rahmaan : 72)

Itulah pembahasan singkat kita mengenai ayat-ayat Al-Quran tentang warna putih. Semoga pembahasan ini semakin menambah wawasan dan pengetahuan kita terhadap Al-Quranul ‘Adzhim. Dan semoga juga membuat kita semakin tertarik dengan Al-Quran dan semakin mencintainya.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 24 Shafar 1439 Hijriyah/13 November 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon