4 Ayat Al-Quran Tentang Kesehatan

4 Ayat Al-Quran Tentang Kesehatan
4 Ayat Al-Quran Tentang Kesehatan

AlQuranPedia.Org - Kesehatan adalah harta yang tak bernilai bagi manusia, karena dengan kesehatan semua orang dapat melakukan aktifitas sehari-harinya tanpa ada yang membatasinya. Akan tetapi banyak sekali orang-orang yang tidak memperdulikan kesehatannya. Namun, kita baru sadar kesehatan itu begitu mahal ketika kita tertimpa penyakit. Kalau bisa dicegah dan dirawat, kenapa harus menunggu sakit baru menyadari pentingnya sehat?


Pada tulisan kali ini Blog Al-Quran Pedia akan memberikan ayat-ayat tentang kesehatan, yang mana bisa menjadi solusi ataupun tindakan pencegahan bagi kita agar tidak terkena penyakit. Bagi mereka yang sakit, bisa aplikasikan ayat-ayat di bawah ini.

1 - AL-QURAN

Al-Quran adalah obat dari segala penyakit manusia. Banyak manusia berpendapat bahwa penyakit fisik itu berbahaya, macam batuk, tenggorokan dan lain sebagainya. Tetapi dia tidak sadar bahwa penyakit yang paling berbahaya adalah penyakit yang ada di dalam dada, yaitu penyakit hati. Kalau sudah begitu, maka Al-Quran adalah solusinya.

Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. (Q.S. Yunus : 57)

Bukan hanya penyakit hati saja yang bisa sembuh dengan Al-Quran. Tetapi Al-Quran memang betul-betul bisa menyembuhkan penyakit. Contohnya saja Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan bahwa Al-Fatihah itu bisa untuk meruqyah penyakit. Begitu pula ayat lainnya seperti Surah Al-Falaq dan Surah An-Naas.

Dan Kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. (Q.S.Al-Israa’ : 82)

Pada ayat lain Allah berfirman,

Dan jikalau Kami jadikan Al-Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: "Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?" Apakah (patut Al-Quran) dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: "Al-Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al-Quran itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh." (Q.S. Fushshilat : 44)


2 - KURMA

Ketika Maryam lari dari kampungnya, dia pun lelah dan sudah kepayahan karena sudah hamil besar Nabi ‘Isa. Maryam berhenti di suatu daerah dan duduk beristirahat di bawah pohon kurma. Kemudian Jibril memerintahkan kepada Maryam agar menggoyangkan pangkal pohon kurma agar buahnya berjatuhan.

Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini." (Q.S. Maryam : 25-26)

Alhasil Maryam memiliki energi dan tenaga yang cukup, karena memang kurma memiliki banyak khasiat, terutama bagi wanita hamil.

3 - MADU

kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (Q.S. An-Nahl : 69)

Khasiat madu sudah tidak diraguka lagi, mulai dari mencegah berbagai penyakit sampai menyembuhkan penyakit, dengan izin Allah tentunya.

4 - SUSU

Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya. (Q.S. An-Nahl : 66)

Allah Ta’ala telah menjadikan susu dari hewan-hewan ternak sebagai salah satu minuman yang sangat bermanfaat bagi manusia. Sumber protein dan kalsium yang sangat tinggi, baik itu susu sapi, kambing, maupun unta.

Itulah berbagai ayat kesehatan di dalam Al-Quran. Semoga pembahasan ini menambah ilmu dan wawasan kita.

Perlu diingat, kalau kita sakit yang menyembuhkan bukanlah madu, bukanlah obat dan lainnya. Akan tetapi yang menyembuhkan adalah Allah. Obat, madu, dan lainnya hanyalah perantara kesembuhan. Allah yang menurunkan penyakit, Allah pula yang menurunkan obatnya dan yang menyembuhkan kita semua.

dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku, (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 80)


Semoga bermanfaat

Diselesaikan pada 29 Rabiul Awwal 1439 Hijriyah/18 Desember 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon