Doa Sebelum dan Sesudah Tidur Sesuai Sunnah

Doa Sebelum dan Sesudah Tidur Sesuai Sunnah
Doa Sebelum dan Sesudah Tidur Sesuai Sunnah

AlQuranPedia.Org – Di antara kenikmatan yang diberikan Allah Jalla Jalaluh adalah tidur.

dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat, (QS. An-Naba’ : 9)

Tidur setiap hari dilakukan setiap orang. Sebagai seorang muslim yang baik, maka sudah sepatutnya kita tidak asal tidur saja. Maksudnya adalah ketika sampai di tempat tidur janganlah kita langsung tidur. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kita beberapa adab dan dzikir sebelum tidur. Sebagai mukmin yang taat dan mencintai beliau, maka sudah sebaiknya kita mencontoh beliau dalam segala aktifitas, termasuk dalam hal tidur.

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS. Al-Ahzaab : 21)


Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia akan membahas salah satu di antara adab tidur, yakni doa sebelum dan doa setelah tidur.

Untuk sebelum tidur, ada beberapa lafal doa sebelum tidur yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

1
بِاسْمِكَ أَمُوتُ وَأَحْيَا
BISMIKA AMUUTU WA AHYAA (HR. Bukhari, no. 6312)

2
بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا
BISMIKA ALLOOHUMMA AMUUTU WA AHYAA (HR. Bukhari, no. 6324)

3
بِاسْمِكَ نَمُوتُ وَنَحْيَا
BISMIKA NAMUUTU WA NAHYAA (HR. Bukhari, no. 7395)

4
اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَمُوتُ وَأَحْيَا
ALLOOHUMMA BISMIKA AMUUTU WA AHYAA (HR. Bukhari, no. 6314, 6325)

5
اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَأَمُوتُ
ALLOOHUMMA BISMIKA AHYAA WA AMUUT (HR. Bukhari, no. 7394)

6
اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ
ALLOOHUMMA BISMIKA AHYAA WA BISMIKA AMUUT (HR. Muslim, no. 2711)


Adapun doa bangun/setelah tidur, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan doa:

الحَمْدُ للهِ الَّذِي أَحْيَانَا بعْدَ مَا أماتَنَا وإِلَيْهِ النُّشُورُ

ALHAMDU LILLAHILLADZI AHYAANAA BA’DA MAA AMAATANAA WA ILAIHIN NUSYUUR

Hal ini berdasarkan hadits berikut,

عَنْ حُذَيفَةَ ، وَأَبِي ذَرٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا ، قَالاَ : كَانَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – إِذَا أوَى إِلَى فِرَاشِهِ ، قَالَ : (( بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَأموتُ )) وَإذَا اسْتَيقَظَ قَالَ :(( الحَمْدُ للهِ الَّذِي أَحْيَانَا بعْدَ مَا أماتَنَا وإِلَيْهِ النُّشُورُ )) . رَوَاهُ البُخَارِي

Dari Hudzaifah dan Abu Dzarr radhiyallahu ‘anhuma, mereka berdua berkata, “Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika hendak tidur, beliau mengucapkan, ‘BISMIKA ALLOOHUMMA AHYAA WA AMUUT’ (dengan menyebut nama-Mu Ya Allah, aku hidup dan aku mati) dan apabila beliau bangun, beliau mengucapkan, ‘ALHAMDU LILLAHILLADZI AHYAANAA BA’DA MAA AMAATANAA WA ILAIHIN NUSYUUR’ (segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan hanya kepada-Nya kami kembali).” (HR. Bukhari)

Jadi itulah doa sebelum dan sesudah tidur. Sudah sepatutnya kita menghafalnya, termasuk seluruh doa sebelum tidur. Untuk mengamalkannya, kita bisa membacanya bergantian setiap harinya. Misalnya hari ini kita baca doa pertama, keesokan harinya doa kedua, dan begitu seterusnya. Hal itu tentu saja bentuk pengamalan dan pelestarian kita terhadap sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Adapun adab dan dzikir lainnya baik itu sebelum maupun sesudah tidur kita tidak bahas pada postingan ini. Namun sekedar membagi ilmu, di antara bacaan sebelum tidur adalah ayat Kursi, 2 ayat terakhir surat Al-Baqarah, surat Al-Kaafiruun, surat As-Sajdah, surat Al-Mulk, dan lainnya. Sementara di antara bacaan sesudah tidur adalah membaca 10 ayat terakhir surat Ali ‘Imran.

Semoga kita dapat mengamalkan dan menjaga sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 18 Syawwal 1439 Hijriyah/2 Juli 2018 Masehi.


EmoticonEmoticon