6 Jenis Buah Yang Disebut Al-Quran

6 Jenis Buah Yang Disebut Al-Quran
6 Jenis Buah Yang Disebut Al-Quran

AlQuranPedia.Org - Allah-lah yang telah menciptakan berbagai tumbuhan di Al-Quranul Karim. Ada sayur, buah, kacang-kacangan, pepohonan dan lain sebagainya. Itu semua Allah yang menciptakan, Allah yang menumbuhkannya.

Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. (Q.S. Al-An’aam : 99)

Semua tumbuhan/tanaman yang diciptakan Allah pastilah tumbuhan yang baik, tumbuhan yang bermanfaat, tumbuhan yang berguna untuk banyak hal.

Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik. (Q.S. Luqman : 10)


Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai buah-buahan yang disebut Al-Quranul Karim. Ada beberapa jenis buah yang disebut Al-Quran yang menunjukkan kelebihan buah-buahan ini. Mau tahu buah apa saja? Simak di bawah ini.

1 - Kurma

Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan, (Q.S. Al-Mu’minuun : 19)

2 - Delima

Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. (Q.S. Al-An’aam : 141)

3 - Zaitun

Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. (Q.S. An-Nahl : 11)


4 - Tin

Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun, (Q.S. At-Tiin : 1)

5 - Anggur

Dan dari buah korma dan anggur, kamu buat minimuman yang memabukkan dan rezki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan. (Q.S. An-Nahl : 67)

6 - Pisang

dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), (Q.S. Al-Waaqi’ah : 29)

Itulah berbagai jenis buah yang disebut Al-Quran secara “jelas”, ada kurma, anggur, delima, pisang, tin dan buah zaitun. Khusus untuk buah pisang ini, sebagaimana yang disebutkan pada Surah Al-Waqi’ah bahwa buah pisang adalah salah satu di antara buah-buahan surga. Bagaimana dengan rasanya? Tentu saja rasanya sangat lezat, sangat manis, sangat nikmat, berbeda jauh dengan yang kita rasakan di dunia.

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan : "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu." Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya. (Q.S. Al-Baqarah : 25)

Pada ayat lain Allah berfirman,

di dalamnya mereka bertelekan (diatas dipan-dipan) sambil meminta buah-buahan yang banyak dan minuman di surga itu. (Q.S. Shaad : 51)

Begitu enak dan nikmatnya menjadi penghuni surga. Di dalamnya kita bisa minta apa saja dan tidak terbatas. Semuanya diberikan kepada kita, sebagai balasan atas amal sholih kita selama di dunia. Semoga kita menjadi penghuni surga Allah Ta’ala yang penuh dengan kenikmatan ini.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 2 Rabiul Akhir 1439 Hijriyah/20 Desember 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon