Benarkah Kiamat Sudah Dekat?

Benarkah Kiamat Sudah Dekat?
Benarkah Kiamat Sudah Dekat?

AlQuranPedia.Org - Mungkin di antara kita yang bertanya-tanya, benarkah Kiamat sudah dekat ataukah belum. Karena pekara Kiamat ini membuat orang mencari-cari tahu baik itu bukti ataupun penelitian tentangnya. Sementara kita sebagai muslim, wajib mengembalikan pengetahuan Kiamat kepada Al-Quran dan Hadits. Cukuplah bagi umat Islam dengan dalil yang terdapat di Al-Quran dan Hadits shahih. Kalau tidak dijelaskan maka kita tidak boleh berkata apa-apa.


Berdasarkan dalil Al-Quranul Karim, Kiamat sudahlah dekat. Bahkan semenjak 1400 tahun yang lalu Al-Quran diturunkan, Allah telah menerangkan bahwa Kiamat sudah dekat. Perhatikan ayat-ayat berikut ini.

1
Telah dekat datangnya saat itu (hari Kiamat) dan telah terbelah bulan. (Q.S. Al-Qamar : 1)

2
Telah dekat kepada manusia hari menghisab segala amalan mereka, sedang mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (daripadanya). (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 1)

3
Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah." Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya. (Q.S. Al-Ahzaab : 63)

Perhatikan baik-baik ayat di atas. Ketiga ayat di atas turun sekitar 1400 tahun yang lalu. Menyebutkan bahwa Kiamat sudah dekat. Bayangkan dengan kita sekarang, rentang waktu dekat tersebut sudah dikurangi 1400 tahun. Lalu tinggal berapa tahun lagi wahai saudaraku?

Bukan hanya Al-Quran, banyak dalil dari hadits-hadits Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menyebutkan dekatnya hari Kiamat.

1
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Jarak diutusnya aku dan hari Kiamat seperti dua (jari) ini.” Beliau berisyarat dengan kedua jarinya (jari telunjuk dan jari tengah), lalu merenggangkannya." (HR. Bukhari)

2
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Aku diutus pada awal hembusan angin Kiamat.” (HR. Ad-Daulabi dan Ibnu Mandah, Syaikh Al-Albani mengatakan sanad hadits ini shahih)

3
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya ajal kalian jika dibandingkan dengan ajal umat terdahulu adalah seperti jarak antara shalat ‘Ashar dan Maghrib.” (HR. Bukhari)

4
Dari 'Abdullah bin 'Umar radhiyallahu 'anhuma, dia berkata, "Kami pernah duduk-duduk bersama Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sementara matahari berada di atas gunung Qu’aiqa’aan setelah waktu ‘Ashar, lalu beliau bersabda, ‘Tidaklah umur-umur kalian dibandingkan dengan umur orang yang telah berlalu kecuali bagaikan sisa hari (ini) dibandingkan dengan waktu siang yang telah berlalu.’" (HR. Ahmad dalam musnadnya. Syaikh Ahmad Syakir mengatakan sanad hadits ini shahih. Ibnu Katsir mengatakan sanad hadits ini hasan la ba’-sa bihi (perawi tidak memiliki cacat). Ibnu Hajar mengatakan hasan)


5
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Jarak diutusnya aku dan hari Kiamat secara bersamaan, hampir saja dia mendahuluiku.” (HR. Ahmad)

Berdasarkan dalil-dalil hadits di atas, bahwa jarak antara Kiamat dengan diutusnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah seperti jarak jari telunjuk dan jari tengah. Bahkan hadits terakhir yang disebutkan menjelaskan bahwa hampir saja Kiamat mendahului Rasulullah (maksudnya hampir saja Kiamat terjadi saat Rasulullah masih hidup).

Kita bisa bayangkan begitu dekatnya hari Kiamat. Kita bisa simpulkan beberapa hal :

Pertama, Kiamat sudah begitu dekat. Hal itu berdasarkan ayat Al-Quran yang telah disebutkan di atas. Bahkan, kedekatan jarak ini sekarang sudah dikurang 1400 tahun. Kita semakin mendekati Kiamat.

Kedua, Kiamat sudah teramat dekat. Hal itu berdasarkan hadits yang menyebutkan bahwa jarak diutusnya Rasul dengan Kiamat bagaikan jarak antara jari telunjuk dan jari tengah. Kita sudah mengetahui seberapa besar jarak antara jari telunjuk dan jari tengah, dan sekarang kita kurangi 1400 tahun. Kira-kira tinggal berapa lama lagi Kiamat?

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa kapan Kiamat, itu hanya Allah saja yang tahu. Tidak ada yang tahu kapan waktunya melainkan Allah. Bahkan Malaikat Jibril dan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak tahu.

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." (Q.S. Al-A’raaf : 187)

Kita serahkan saja ilmu hari Kiamat kepada AllahTa’ala. Hal terpenting adalah Allah telah memberitahu bahwa Kiamat sudah begitu dekat. Maka dari itu tugas kita bukanlah mencari-cari tahu kapan kiamat, berapa tahun lagi dan lain sebagainya. Akan tetapi tugas kita adalah beramal dan terus beramal. Memang ada beberapa ulama yang mencoba menghitung kapan terjadinya Kiamat, akan tetapi prediksi mereka semua salah. Bahkan ada yang mengatakan umur umat Islam 1500 tahun. Ini dari mana asalnya? Ayat Al-Quran dan hadits mana yang menyebutkan ini? Tidak ada wahai saudaraku. Ini membuktikan bahwa memang Kiamat itu rahasia Allah.

Sesungguhnya hari kiamat itu akan datang Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan. (Q.S. Thaahaa : 15)

Tidak usah kita capek-capek mencari tahu kapan Kiamat. Itu tidak ada gunanya. Hal yang harus kita fikirkan adalah bagaimana kita dapat beramal sholih sebanyak-banyaknya, berilmu sebanyak-banyaknya dan tetap tegak di atas jalan kebenaran. Karena bila waktu Kiamat tiba, akan tetapi persiapan kita kurang. Apa kelak yang akan kita katakana di hadapan Allah? Masya Allah.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 7 Rabiul Akhir 1439 Hijriyah/25 Desember 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon