Kenapa Surah At-Taubah Tidak Diawali Basmalah?

Kenapa Surah At-Taubah Tidak Diawali Basmalah?
Kenapa Surah At-Taubah Tidak Diawali Basmalah?

AlQuranPedia.Org - Kalau kita melihat di antara 114 surah di A-Quran, ada satu surah yang tidak diawali dengan basmalah (bismilahirrahmanirrahim). Dia adalah surah At-Taubah (Surah Bara'ah), surah ke-9. Mengenai tidak adanya basmalah pada awal surah At-Taubah ada dua penjelasan.


Pertama, tidak adanya basmalah di awal surat At-Taubah adalah ijtihad para sahabat terkait urutan Al-Quran yang diajarkan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Para sahabat menyimpulkan dari beliau, yang kemudian menjadi acuan penulisan dalam mushaf Utsmani.

'Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma menanyakan hal ini kepada 'Utsman radhiyallahu ‘anhu, "Apa yang menyebabkan anda memposisikan surat al-Anfal disambung dengan surat at-Taubah, sementara anda tidak menuliskan kalimat basmalah diantara keduanya. Dan anda letakkan di 7 deret surat yang panjang. Apa alasan anda?"

Utsman bin Affan radhiyallahu 'anhu menjawab, "Selama masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendapatkan wahyu, turun surat-surat yang ayatnya banyak. Ketika turun kepada beliau sebagian ayat, maka beliau akan memanggil sahabat pencatat Al-Quran, lalu beliau perintahkan, “Letakkan ayat-ayat ini di surat ini.” Ketika turun ayat lain lagi, beliau perintahkan, “Letakkan ayat ini di surat ini.”"

Utsman radhiyallahu 'anhu melanjutkan, "Sementara surat Al-Anfal termasuk surat yang pertama turun di Madinah. Sedangkan surat At-Taubah, turun di akhir masa. Padahal isi At-Taubah mirip dengan surat Al-Anfal. Sehingga kami (para sahabat) menduga bahwa surat At-Taubah adalah bagian dari surat al-Anfal. Tetapi, hingga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat, beliau tidak menjelaskan kepada kami, bahwa At-Taubah itu bagian dari Al-Anfal."

Lalu Utsman menegaskan, "Karena alasan ini, saya urutkan At-Taubah setelah Al-Anfal, dan tidak kami beri pemisah dengan tulisan bismillahirrahmanirrahim, dan aku posisikan di tujuh surat yang panjang. (HR. Abu Dawud, Ahmad dan Tirmidzi. Riwayat ini dihasankan oleh Imam Abu 'Isa At-Tirmidzi dan Imam Adz-Dzahabi)


Alasan sahabat Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu ini, seolah menjelaskan latar belakang, mengapa di awal surat At-Taubah tidak tertulis basmalah. Yang sejatinya, ini merupakan hasil pemahaman (ijtihad) sahabat terhadap Al-Quran yang mereka dapatkan dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Kedua, tidak adanya basamalah di awal At-Taubah, karena basmalah kurang sesuai dengan isi At-Taubah.

Basmalah menggambarkan keamanan, rahmat dan kasih sayang Allah. Sementara Surah At-Taubah menyebutkan tentang permusuhan Allah dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada orang musyrikin dan orang munafik.

'Abdullah bin 'Abbas radhiyallahu 'anhuma pernah bertanya kepada 'Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, "Mengapa anda tidak menulis bismillahirrahmanirrahim di awal surat at-Taubah?"

Jawab Ali bin Abi Thalib, "Karena bismillahirrahmanirrahim isinya damai, sementara surat At-Taubah turun dengan membawa syariat perang, di sana tidak ada damai." (HR. Hakim di dalam Kitab Al-Mustadrak no. 3273)

Penjelasan sahabat Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu ini adalah penjelasan mengenai hikmah tidak adanya basmalah di awal surah At-Taubah. Beliau menjelaskan makna dari basmalah dan makna dari Surat At-Taubah. Basmalah, kalimat yang berisi rahmat Allah, memberikan kedamaian dan keamanan. Sementara surat At-Taubah merupakan pengumuman perang Allah dan Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wa sallam terhadap orang musyrikin.

Kedua-dua pendapat ini tidak kontradiksi namun saling melengkapi satu sama lainnya. Penjelasan ‘Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu menjelaskan dari sisi latar belakang mengapa tidak ada basmalah di awal Surah At-Taubah. Sementara penjelasan ‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu menjelaskan dari sisi hikmah dan hakikat.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 6 Rabiul Akhir 1439 Hijriyah/24 Desember 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon