3 Ayat Al-Quran Tentang Anjing

3 Ayat Al-Quran Tentang Anjing
3 Ayat Al-Quran Tentang Anjing
AlQuranPedia.Org – Anjing adalah salah satu hewan yang diciptakan Allah Jalla Dzikruhu. Di dalam Islam ada beberapa aturan penting berkaitan dengan anjing ini. Di antaranya adalah dilarang memelihara anjing selain untuk menjaga hewan ternak, untuk berburu, dan untuk menjaga tanaman. Adapun haditsnya adalah berikut ini.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam, beliau bersabda, “Barangsiapa memanfaatkan anjing selain anjing untuk menjaga hewan ternak, anjing (pintar) untuk berburu, atau anjing yang disuruh menjaga tanaman, maka setiap hari pahalanya akan berkurang sebesar satu qiroth” (HR. Muslim no. 1575)


Bahkan di dalam riwayat lain disebutkan,

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu 'anhuma, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Barangsiapa memanfaatkan anjing, bukan untuk maksud menjaga hewan ternak atau bukan maksud dilatih sebagai anjing untuk berburu, maka setiap hari pahala amalannya berkurang sebesar dua qiroth.” (HR. Bukhari no. 5480 dan Muslim no. 1574)

Sebagaimana yang disebutkan Ath-Thibi rahimahullah, ukuran qiroth adalah semisal gunung Uhud (Fathul Bari, 3/149)

Jadi tidak boleh kita memelihara anjing dengan alasan untuk kepuasan kita, karena dia lucu, karena hanya ingin sekedar memeliharanya, ini diharamkan berdasarkan kesepakatan para ‘ulama. Kalau masih bersikeras pula maka siap-siaplah pahalanya setiap hari dikurang satu atau bahkan dua qiroth.

Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia tertarik membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang membicarakan tentang anjing (kalbun). Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Dan kalau Kami menghendaki, sesungguhnya Kami tinggikan (derajat)nya dengan ayat-ayat itu, tetapi dia cenderung kepada dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah, maka perumpamaannya seperti anjing jika kamu menghalaunya diulurkannya lidahnya dan jika kamu membiarkannya dia mengulurkan lidahnya (juga). Demikian itulah perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami. Maka ceritakanlah (kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka berfikir. (Q.S. Al-A’raaf : 176)


2
Dan kamu mengira mereka itu bangun, padahal mereka tidur; Dan kami balik-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri, sedang anjing mereka mengunjurkan kedua lengannya di muka pintu gua. Dan jika kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling dari mereka dengan melarikan diri dan tentulah (hati) kamu akan dipenuhi oleh ketakutan terhadap mereka. (Q.S. Al-Kahf : 18)

3
Nanti (ada orang yang akan) mengatakan (jumlah mereka) adalah tiga orang yang keempat adalah anjingnya, dan (yang lain) mengatakan: "(jumlah mereka) adalah lima orang yang keenam adalah anjing nya", sebagai terkaan terhadap barang yang gaib; dan (yang lain lagi) mengatakan: "(jumlah mereka) tujuh orang, yang ke delapan adalah anjingnya." Katakanlah: "Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit." Karena itu janganlah kamu (Muhammad) bertengkar tentang hal mereka, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada seorangpun di antara mereka. (Q.S. Al-Kahf : 22)

Jadi itulah berbagai ayat Al-Quran yang menyebutkan dan membahas tentang anjing. Semoga menambah ilmu agama dan wawasan kita semua.


Semoga bermanfaat.


Diselesaikan pada 1 Muharram 1440 Hijriyah/10 September 2018 Masehi.


EmoticonEmoticon