19 Ayat Al-Quran Tentang Buah-Buahan

19 Ayat Al-Quran Tentang Buah-Buahan
19 Ayat Al-Quran Tentang Buah-Buahan

AlQuranPedia.Org – Buah-buahan adalah satu di antara banyaknya nikmat yang telah Allah anugerahkan kepada kita. Buah-buahan yang nikmat dan lezat adalah karunia Allah yang patut kita syukuri. Dengan buah-buahan itu kita bisa makan, minum, bahkan bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan keuntungan untuk menghidupi kebutuhan hidup. Buah-buahan juga merupakan di antara kenikmatan penghuni surga -semoga kita di antaranya-. Di surga kita bisa bebas memilih dan meminta buah apa saja, bahkan rasanya berjuta-juta kali lipat lebih lezat daripada di dunia.


Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia tertarik untuk membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang membicarakan tentang buah-buahan. Simak selengkapnya pada tulisan ini.

1
dan buah-buahan serta rumput-rumputan, (Q.S. ‘Abasa : 31)

2
Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman (dari segala kekhawatiran), (Q.S. Ad-Dukhaan : 55)

3
Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab hujan itu pelbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. (Q.S. Al-A’raaf : 57)

4
Dan sesungguhnya Kami telah menghukum (Fir'aun dan) kaumnya dengan (mendatangkan) musim kemarau yang panjang dan kekurangan buah-buahan, supaya mereka mengambil pelajaran. (Q.S. Al-A’raaf : 130)

5
Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian. Allah berfirman: "Dan kepada orang yang kafirpun Aku beri kesenangan sementara, kemudian Aku paksa ia menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali". (Q.S. Al-Baqarah : 126)

6
Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Q.S. Al-Baqarah : 155)

7
Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan : "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu." Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya. (Q.S. Al-Baqarah : 25)

8
Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya. (Q.S. Al-Baqarah : 266)


9
Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan, (Q.S. Al-Mu’minuun : 19)

10
Dan (mendapat) buah-buahan dari (macam-macam) yang mereka ingini. (Q.S. Al-Mursalaat : 42)

11
dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, (Q.S. Al-Waaqi’ah : 20)

12
dan buah-buahan yang banyak, (Q.S. Al-Waaqi’ah : 32)

13
Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. (Q.S. An-Nahl : 11)

14
kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (Q.S. An-Nahl : 69)

15
Dan Dia-lah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan, Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. (Q.S. Ar-Ra’d : 3)

16
Di dalam kedua syurga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasangan. (Q.S. Ar-Rahmaan : 52)

17
Di syurga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta. (Q.S. Yaasiin : 57)

18
di dalamnya mereka bertelekan (diatas dipan-dipan) sambil meminta buah-buahan yang banyak dan minuman di surga itu. (Q.S. Shaad : 51)

19
Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezki untukmu; dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu, berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai. (Q.S. Ibrahim : 32)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang buah-buahan. Semoga tulisan ini menambah wawasan dan khazanah pengetahuan kita.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 8 Sya’ban 1439 Hijriyah/23 April 2018 Masehi.


EmoticonEmoticon