21 Ayat Al-Quran Tentang Abu Jahal

21 Ayat Al-Quran Tentang Abu Jahal
21 Ayat Al-Quran Tentang Abu Jahal

AlQuranPedia.Org - Amr bin Hisyam atau yang lebih dikenal dengan nama Abu Jahal adalah gembongnya musyrikin. Abu Jahal memiliki berbagai sifat keburukan yang terkumpul dalam pribadinya. Abu Jahal dikenal sebagai Fir’aun nya umat ini, bahkan lebih parah. Fir’aun saat sekarat di Lau Merah karena tenggelam, dia mau bertaubat, terlepas dari benar atau tidaknya niat Fir’aun. Akan tetapi Abu Jahal ini, sudah sombong, dengki, tapi saat sekarat tetap tidak mau mencoba bertaubat bahkan tetap menantang Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Abu Jahal sering kali mengganggu dakwah Islam agar tidak tersebar. Abu Jahal selalu menjadi orang pertama jika berbicara memerangi Muhammad. Abu Jahal selalu memiliki ide cemerlang kalau berbicara menghentikan dakwah Islam. Kalau kita pernah membaca orang-orang yang dijamin masuk surga, maka ada juga orang-orang yang dijamin masuk neraka, dialah Abu Jahal -semoga Allah melaknatnya-. Abu Jahal juga sering membantah dan mengolok-olok ayat Al-Quran. Memang sungguh hina dan bejatnya Abu Jahal. Padahal anaknya adalah salah satu sahabat mulia Nabi, yakni Ikrimah bin Abu Jahal radhiyallahu ‘anhu. Tapi memang itulah faktanya, anak yang sholih belum tentu bisa memberikan hidayah dan keselamatan bagi keluarganya.

(Baca Juga : 21 Ayat Al-Quran Tentang Bani Israil)

Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran tentang Abu Jahal. Simak selengkapnya di tulisan ini.

1
Dan mereka berkata: "Kami sekali-kali tidak percaya kepadamu hingga kamu memancarkan mata air dan bumi untuk kami, (Q.S. Al-Israa’ : 90)

2
atau kamu mempunyai sebuah kebun korma dan anggur, lalu kamu alirkan sungai-sungai di celah kebun yang deras alirannya, (Q.S. Al-Israa’ : 91)

3
atau kamu jatuhkan langit berkeping-keping atas kami, sebagaimana kamu katakan atau kamu datangkan Allah dan malaikat-malaikat berhadapan muka dengan kami. (Q.S. Al-Israa’ : 92)

4
Atau kamu mempunyai sebuah rumah dari emas, atau kamu naik ke langit. Dan kami sekali-kali tidak akan mempercayai kenaikanmu itu hingga kamu turunkan atas kami sebuah kitab yang kami baca." Katakanlah: "Maha Suci Tuhanku, bukankah aku ini hanya seorang manusia yang menjadi rasul?" (Q.S. Al-Israa’ : 93)

5
Dan seperti itulah, telah Kami adakan bagi tiap-tiap nabi, musuh dari orang-orang yang berdosa. Dan cukuplah Tuhanmu menjadi Pemberi petunjuk dan Penolong. (Q.S. Al-Furqaan : 31)

6
Dan apabila mereka melihat kamu (Muhammad), mereka hanyalah menjadikan kamu sebagai ejekan (dengan mengatakan): "Inikah orangnya yang di utus Allah sebagai Rasul? (Q.S. Al-Furqaan : 41)

7
Dan mereka menyembah selain Allah apa yang tidak memberi manfaat kepada mereka dan tidak (pula) memberi mudharat kepada mereka. Adalah orang-orang kafir itu penolong (syaitan untuk berbuat durhaka) terhadap Tuhannya. (Q.S. Al-Furqaan : 55)

8
Rasakanlah, sesungguhnya kamu orang yang perkasa lagi mulia. (Q.S. Ad-Dukhaan : 49)

9
Ketahuilah! Sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas, (Q.S. Al-‘Alaq : 6)

10
karena dia melihat dirinya serba cukup. (Q.S. Al-‘Alaq : 7)
11
Bagaimana pendapatmu tentang orang yang melarang, (Q.S. Al-‘Alaq : 9)

12
seorang hamba ketika mengerjakan shalat, (Q.S. Al-‘Alaq : 10)

13
bagaimana pendapatmu jika orang yang melarang itu berada di atas kebenaran, (Q.S. Al-‘Alaq : 11)

14
atau dia menyuruh bertakwa (kepada Allah)? (Q.S. Al-‘Alaq : 12)

15
Bagaimana pendapatmu jika orang yang melarang itu mendustakan dan berpaling? (Q.S. Al-‘Alaq : 13)

16
Tidaklah dia mengetahui bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya? (Q.S. Al-‘Alaq : 14)

17
Ketahuilah, sungguh jika dia tidak berhenti (berbuat demikian) niscaya Kami tarik ubun-ubunnya, (Q.S. Al-‘Alaq : 15)

18
(yaitu) ubun-ubun orang yang mendustakan lagi durhaka. (Q.S. Al-‘Alaq : 16)

19
Maka biarlah dia memanggil golongannya (untuk menolongnya), (Q.S. Al-‘Alaq : 17)

20
kelak Kami akan memanggil malaikat Zabaniyah, (Q.S. Al-‘Alaq : 18)

21
sekali-kali jangan, janganlah kamu patuh kepadanya; dan sujudlah dan dekatkanlah (dirimu kepada Tuhan). (Q.S. Al-‘Alaq : 19)

Itulah penjelasan singkat kita mengenai ayat-ayat Al-Quran tentang Abu Jahal. Semoga menambah keimanan dan wawasan kita terhadap agama Allah.
Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 18 Rajab 1439 Hijriyah/4 April 2018 Masehi.


EmoticonEmoticon