6 Ayat Al-Quran Tentang Kambing

6 Ayat Al-Quran Tentang Kambing
6 Ayat Al-Quran Tentang Kambing


AlQuranPedia.Org – Kambing adalah salah satu binatang ternak yang menguntungkan. Merawat kambing tidaklah susah dan sangat cocok bagi orang yang ingin beternak hewan. Di dalam Al-Quran ada beberapa kisah yang berkaitan dengan kambing. Contohnya adalah kisah kambing, Nabi Dawud dan Nabi Sulaiman ‘alaihimassalam.

Sebagaimana yang diriwayatkan ‘Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwa sekelompok kambing telah merusak tanaman di waktu malam. maka yang mempunyai tanaman mengadukan hal ini kepada Nabi Dawud ‘alaihissalam. Nabi Dawud ‘alaihissalam memutuskan bahwa kambing-kambing itu harus diserahkan kepada yang mempunyai tanaman sebagai ganti tanam-tanaman yang rusak. Tetapi Nabi Sulaiman ‘alaihissalam memutuskan supaya kambing-kambing itu diserahkan sementara kepada yang mempunyai tanaman untuk diambil manfaatnya. Dan orang yang mempunyai kambing diharuskan mengganti tanaman itu dengan tanam-tanaman yang baru. Apabila tanaman yang baru telah dapat diambil hasilnya, mereka yang mempunyai kambing itu boleh mengambil kambingnya kembali. Putusan Nabi Sulaiman ‘alaihissalam ini adalah keputusan yang tepat.


Para Nabi Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga penggembala kambing

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada Nabi kecuali pernah menjadi penggembala kambing.” Mereka para sahabat bertanya, “Apakah engkau juga wahai Rasulullah?” Beliau berkata, “Iya, saya telah menggembala dengan imbalan beberapa qirath dari penduduk Mekah.” (HR. Bukhari, no. 2262)

Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran tentang kambing.

1
(yaitu) delapan binatang yang berpasangan, sepasang domba, sepasang dari kambing. Katakanlah: "Apakah dua yang jantan yang diharamkan Allah ataukah dua yang betina, ataukah yang ada dalam kandungan dua betinanya?" Terangkanlah kepadaku dengan berdasar pengetahuan jika kamu memang orang-orang yang benar, (Q.S. Al-An’aam : 143)

2
Dan (ingatlah kisah) Daud dan Sulaiman, di waktu keduanya memberikan keputusan mengenai tanaman, karena tanaman itu dirusak oleh kambing-kambing kepunyaan kaumnya. Dan adalah Kami menyaksikan keputusan yang diberikan oleh mereka itu, (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 78)


3
Dan Allah menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagi kamu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit binatang ternak yang kamu merasa ringan (membawa)nya di waktu kamu berjalan dan waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu onta dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan perhiasan (yang kamu pakai) sampai waktu (tertentu). (Q.S. An-Nahl : 80)

4
Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan (kambing) yang besar. (Q.S. Ash-Shaaffaat : 107)

5
Daud berkata: "Sesungguhnya dia telah berbuat zalim kepadamu dengan meminta kambingmu itu untuk ditambahkan kepada kambingnya. Dan sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang berserikat itu sebahagian mereka berbuat zalim kepada sebahagian yang lain, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh; dan amat sedikitlah mereka ini." Dan Daud mengetahui bahwa Kami mengujinya; maka ia meminta ampun kepada Tuhannya lalu menyungkur sujud dan bertaubat. (Q.S. Shaad : 24)

6
Berkata Musa: "Ini adalah tongkatku, aku bertelekan padanya, dan aku pukul (daun) dengannya untuk kambingku, dan bagiku ada lagi keperluan yang lain padanya." (Q.S. Thaahaa : 18)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang menceritakan tentang kambing. Semoga tulisan ini menjadi renungan bagi kita dan menambah pengetahuan agama kita.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 21 Jumadil Akhir 1439 Hijriyah/9 Maret 2018 Masehi.


EmoticonEmoticon