8 Ayat Al-Quran Tentang Ikan

8 Ayat Al-Quran Tentang Ikan
8 Ayat Al-Quran Tentang Ikan


AlQuranPedia.Org - Ikan adalah salah satu di antara ciptaan Allah ‘Azza Wa Jalla yang memiliki sejuta manfaat bagi manusia. Ikan bisa dikonsumsi, bisa dijadikan sebagai penghasilan dan bisa dijadikan sebagai hiasan. Ikan bisa kita temukan di sungai, danau, rawa, laut, kolam dan lain sebagainya. Ikan juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh manusia. Ikan memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat cocok bagi pertumbuhan anak-anak. Semua yang diciptakan Allah pasti memiliki manfaat dan faedah yang sangat banyak.

Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dengan bermain-main. Kami tidak menciptakan keduanya melainkan dengan haq, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui. (Q.S. Ad-Dukhaan : 38-39)


Pada ayat lain Allah Ta’ala berfirman,

Yang demikian itu adalah Allah, Tuhanmu, Pencipta segala sesuatu, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia; maka bagaimanakah kamu dapat dipalingkan? (Q.S. Al-Mu’min : 62)

Di dalam Al-Quran, penyebutan ikan berkaitan dengan pelanggaran janji Bani Israil dengan Allah di hari Sabtu, kisah Nabi Musa dan Khidhr ‘alaihimassalam, kisah Nabi Yunus ‘alaihissalam ketika di perut ikan dan tentang laut dan manfaatnya. Pada tulisan kali ini.
                                                                                            
1
Dan tanyakanlah kepada Bani Israil tentang negeri yang terletak di dekat laut ketika mereka melanggar aturan pada hari Sabtu, di waktu datang kepada mereka ikan-ikan (yang berada di sekitar) mereka terapung-apung di permukaan air, dan di hari-hari yang bukan Sabtu, ikan-ikan itu tidak datang kepada mereka. Demikianlah Kami mencoba mereka disebabkan mereka berlaku fasik. (Q.S. Al-A’raaf : 163)

2
Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim." (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 87)


3
Maka tatkala mereka sampai ke pertemuan dua buah laut itu, mereka lalai akan ikannya, lalu ikan itu melompat mengambil jalannya ke laut itu. (Q.S. Al-Kahf : 61)

4
Muridnya menjawab: "Tahukah kamu tatkala kita mencari tempat berlindung di batu tadi, maka sesungguhnya aku lupa (menceritakan tentang) ikan itu dan tidak adalah yang melupakan aku untuk menceritakannya kecuali syaitan dan ikan itu mengambil jalannya ke laut dengan cara yang aneh sekali." (Q.S. Al-Kahf : 63)

5
Maka bersabarlah kamu (hai Muhammad) terhadap ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu seperti orang yang berada dalam (perut) ikan ketika ia berdoa sedang ia dalam keadaan marah (kepada kaumnya). (Q.S. Al-Qalam : 48)

6
Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur. (Q.S. An-Nahl : 14)

7
Maka ia ditelan oleh ikan besar dalam keadaan tercela. (Q.S. Ash-Shaaffaat : 142)

8
niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit. (Q.S. Ash-Shaaffaat : 144)

Semoga ayat-ayat di atas menjadi renungan dan i’tibar bagi kita. Dan semoga tulisan ini menambah ilmu agama dan pengetahuan kita terhadap Al-Quranul ‘Adzhim.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 13 Jumadil Akhir 1439 Hijriyah/1 Maret 2018 Masehi.


EmoticonEmoticon