Benarkah Al-Quran Merendahkan Wanita?

Benarkah Al-Quran Merendahkan Wanita?
Benarkah Al-Quran Merendahkan Wanita?

AlQuranPedia.Org - Banyak sekali fitnah yang dituduhkan kepada Agama Allah Islam. Banyak yang mengolok-olok agama Islam, mengejeknya, merendahkannya, menghinanya dan melecehkannya. Padahal agama Islam mengajarkan kepada kebaikan dan melarang berbuat kejahatan, tetapi itu seperti diabaikan saja bagi orang-orang yang di luar Islam. Mereka begitu membenci Islam sebenci-bencinya. Mereka tiada henti-hentinya menghina dan memfitnah dinul Islam ini. Benarlah firman Allah, bahwa mereka tidak akan pernah berhenti mengolok-olok agama Islam sampai kita masuk ke agama mereka (murtad).

Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)". Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu. (Q.S. Al-Baqarah : 120)


Salah satu fitnah keji yang mereka tuduhkan adalah agama Islam itu merendahkan wanita, Al-Quran itu merendahkan wanita, Islam menyuruh wanita jadi pembantu, tugasnya hanya sebagai tempat menyalurkan nafsu lelaki saja. Na’udzubillah. Bagi para pemfitnah Islam, ada 6.236 ayat, 114 Surah dan 30 juz di dalam Al-Quran, bisa buka ayat mana saja yang membuktikan Islam itu merendahkan wanita, bisakah kalian buktikan itu? Kalau bisa komentar di bawah postingan blog ini atau kalau kalian tidak mau dilihat orang bisa hubungi kami via e-mail.

Ketahuilah, fitnah-fitnah yang dituduhkan kepada Islam bahwa Al-Quran merendahkan wanita, Islam menghinakan wanita, itu bertolak belakang dengan kenyataannya. Mungkin mereka tidak tahu, bahwa di antara 114 Surah di Al-Quran, ada surah An-Nisaa’, yang terletak pada urutan ketiga dari susunan Al-Quran. An-Nisaa’ itu berarti wanita. Bisa cek dari 114 Surah itu, tidak ada satupun surah yang namanya “Ar-Rijal” yang berarti lelaki. Itu adalah salah satu contoh konkret bahwa Islam dan Al-Quran tidak merendahkan wanita. Islam justru memuliakan wanita dan sangat melindungi para wanita.

Fitnah lainnya adalah mengenai jilbab. Orang-orang di luar Islam banyak beranggapan kalau jilbab itu mengekang perempuan, menyiksa perempuan, membuat wanita kuno, ketinggalan zaman, jilbab itu buat gerah, jilbab itu sangat membebankan perempuan. Masya Allah. Jilbab itu justru melindungi wanita, jilbab/kerudung itu menutup rambut dan dada wanita yang selama ini bisa menimbulkan syahwat, tidak ada seorangpun yang memandang perempuan berjilbab syar’i dengan pandangan zina, kecuali bentuk jilbabnya yang aneh dan tidak sesuai syari’at. Tidak ada laki-laki yang berniat memperkosa ataupun bertindak asusila terhadap wanita yang berjilbab dengan syar’i (menutupi tubuhnya).

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Al-Ahzaab : 59)

Lantas jilbab merendahkan wanita? Kami jawab, lantas bagaimana dengan perempuan di jalan-jalan, yang menggunakan pakaian tipis, ketat, rok mini, kemudian memancing laki-laki untuk berzina, untuk memperkosanya? Na’udzubillah. Manakah sekarang yang merendahkan wanita? Jilbab atau pakaian seksi? Tentu saja jilbab, orang berakal pasti menjawab jilbab. Itu adalah bukti lain bahwa Islam amat menghormati wanita.

Bukti lainnya adalah, Allah sering kali menggandeng penyebutan mukminin dengan mukminat, yang artinya orang-orang beriman laki-laki dan perempuan. Ini membuktikan Allah Ta’ala tidak pilih kasih, tidak merendahkan wanita, justru Allah sangat adil.

Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang yang mukmin dan mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata. (Q.S. Al-Ahzaab : 58)


Pada ayat lain Allah Ta’ala berfirman,

Mengapa di waktu kamu mendengar berita bohong itu orang-orang mukminin dan mukminat tidak bersangka baik terhadap diri mereka sendiri, dan (mengapa tidak) berkata: "Ini adalah suatu berita bohong yang nyata." (Q.S. An-Nuur : 12)

Ayat lainnya,


Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S. An-Nahl : 97)

Bahkan Allah sangat tegas terhadap orang yang coba-coba sembarangan menuduh seorang wanita berzina tanpa mendatangkan bukti dan saksi.

Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik (berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka (yang menuduh itu) delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka buat selama-lamanya. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik. (Q.S. An-Nuur : 4)

Jadi jelaslah bagi kita bahwa Islam dan Al-Quran tidak merendahkan wanita/perempuan. Justru sebaliknya, Islam dan Al-Quran sangat memuliakan wanita, menyayangi mereka, melindungi mereka dan sangat menghormati mereka.

Ketahuilah semua orang itu sama kedudukannya di sisi Allah, tidak melihat dia laki-laki atau perempuan, kaya atau miskin, raja atau rakyat biasa, pemimpin atau masyarakat. Akan tetapi yang membedakan kita di sisi Allah Ta’ala adalah ketaqwaan kita.

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (Q.S. Al-Hujuraat : 13)

Maka dari itu bersyukurlah, kita laki-laki atau wanita. Jadilah hamba Allah yang bertaqwa dan terus meningkatkan taqwa kita. Karena taqwa itu adalah sebaik-baik bekal yang kita bawa di akhirat nanti.

Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal. (Q.S. Al-Baqarah : 197)

Itulah pembahasan singkat kita mengenai Islam dan Al-Quran apakah merendahkan wanita ataukah tidak. Sudah dijawab secara jelas di atas bahwa Islam dan Al-Quran tidak merendahkan wanita, tetapi justru sangat memuliakan wanita. Hendaklah orang-orang yang memfitnah Islam bertaubat dan meneliti apa yang diucapkannya. Semoga Allah beri hidayah bagi kita semua. Bagi yang muslim semoga semakin beriman dan bertaqwa, sedangkan yang kafir semoga Allah beri hidayah untuk masuk Islam.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 25 Shafar 1439 Hijriyah/14 November 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon