Tidak Ada Nenek-Nenek di Surga

Tidak Ada Nenek-Nenek di Surga
Tidak Ada Nenek-Nenek di Surga

AlQuranPedia.Org - Surga adalah keinginan bagi setiap orang beriman. Surga adalah kenikmatan terbesar yang diimpi-impikan setiap mukmin. Allah Ta’ala menjanjikan surga bagi hamba-hamba-Nya yang mentaati perintah-Nya dan menjauhi larangannya. Tidak ada seorangpun yang bisa membayangkan bagaimana surga itu. Keindahan surga tidak pernah dipandang mata sebelumnya dan tak akan bisa dijangkau akal. Lihatlah bagaimana Allah Ta’ala menggambarkan kenikmatan surga

Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera. (Q.S. Al-Hajj : 23)


Pada ayat lain Allah ‘Azza Wa Jalla berfirman,

Orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan saleh, kelak akan Kami masukkan ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah telah membuat suatu janji yang benar. Dan siapakah yang lebih benar perkataannya dari pada Allah? (Q.S. An-Nisaa’ : 122)

Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai tidak adanya nenek-nenek di surga. Benarkah nenek-nenek tidak masuk surga? Kenapa itu bisa terjadi? Jawabannya adalah karena di surga semua orang akan menjadi muda, bentuk yang paling sempurna dan tidak ada yang tua. Hal itu berdasarkan firman Allah Tabaraka Wa Ta’ala.

dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan. penuh cinta lagi sebaya umurnya. (Q.S. Al-Waaqi’ah : 36-37)


Hal itupun diperkuat lagi dengan hadits Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di mana ketika itu terjadi kisah seorang nenek tua yang mendatangi baginda shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Diriwayatkan dari Al-Hasan radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, “Seseorang nenek tua mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Nenek itu pun berkata, “Ya Rasulullah, berdoalah kepada Allah agar Dia memasukkanku ke dalam surga!” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,”Wahai Ibu si Anu, sesungguhnya surga tidak dimasuki oleh nenek tua.” Kemudian nenek itua itu pun pergi sambil menangis. Beliau pun mengatakan, “Kabarkanlah kepadana bahwasannya wanita tersebut tidak akan masuk surga dalam keadaan seperti nenek tua. Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman, “dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan. penuh cinta lagi sebaya umurnya. (Q.S. Al-Waaqi’ah : 36-37)” (HR. Tirmidzi dalam Syamail Muhammadiyah no. 240. Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Jadi kalau misalnya ada seorang nenek tua ataupun kakek tua yang wafat lantas dia masuk surga, dia akan masuk surga dalam kondisi dia masih muda dan dalam bentuk yang paling sempura. Begitu pula kalau ada anak muda yang wafat dalam keadaan beriman sehingga dia masuk surga, maka dia akan masuk surga dalam kondisi dalam bentuk yang sebaik-baiknya dan paling tampan.

Tidak ada yang jelek, tidak ada yang tua, tidak ada yang pendek, tidak ada yang buncit, tidak ada yang punya kekurangan. Misalnya kita punya luka bekas kecelakaan di wajah kita ada ada luka di kaki kita, maka di surga nanti kita tidak ada luka dan semuanya dalam kondisi sempurna.

Kita berdoa semoga Allah Ta’ala memasukkan kita kelak di surga firdaus-Nya, yakni surga yang paling tinggi.

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal, mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin berpindah dari padanya. (Q.S. Al-Kahf : 107-108)


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 19 Shafar 1439 Hijriyah/8 November 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon