11 Ayat Al-Quran Tentang Tuli

11 Ayat Al-Quran Tentang Tuli
11 Ayat Al-Quran Tentang Tuli

AlQuranPedia.Org - Allah Tabaraka Wa Ta’ala tidak hanya menyebut buta saja di Al-Quran, akan tetapi Allah juga menyebut beberapa kali mengenai “tuli”. Tuli yang dimaksudkan Allah bukanlah tuli tidak bisa mendengar, akan tetapi tuli yang tidak mau mendengar kebenaran, acuh tak acuh terhadap perintah agama, dan malah menggunakan telinganya untuk bermaksiat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Namun dalam beberapa ayat, kata “tuli” juga dimaksudkan betul-betul tidak bisa mendengar. Sesungguhnya Allah member pendengaran kepada siapa yang Dia kehendaki.

dan tidak (pula) sama orang-orang yang hidup dan orang-orang yang mati. Sesungguhnya Allah memberi pendengaran kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan kamu sekali-kali tiada sanggup menjadikan orang yang didalam kubur dapat mendengar. (Q.S. Faathir : 22)


Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang membicarakan tentang tuli. Simak selengkapnya ayat-ayat berikut ini.

1
Mereka itulah orang-orang yang dila'nati Allah dan ditulikan-Nya telinga mereka dan dibutakan-Nya penglihatan mereka. (Q.S. Muhammad : 23)

2
Mereka tuli, bisu dan buta, maka tidaklah mereka akan kembali (ke jalan yang benar), (Q.S. Al-Baqarah : 18)

3
Dan perumpamaan (orang-orang yang menyeru) orang-orang kafir adalah seperti penggembala yang memanggil binatang yang tidak mendengar selain panggilan dan seruan saja. Mereka tuli, bisu dan buta, maka (oleh sebab itu) mereka tidak mengerti. (Q.S. Al-Baqarah : 171)

4
Maka sesungguhnya kamu tidak akan sanggup menjadikan orang-orang yang mati itu dapat mendengar, dan menjadikan orang-orang yang tuli dapat mendengar seruan, apabila mereka itu berpaling membelakang. (Q.S. Ar-Ruum : 52)

5
Dan mereka mengira bahwa tidak akan terjadi suatu bencanapun (terhadap mereka dengan membunuh nabi-nabi itu), maka (karena itu) mereka menjadi buta dan pekak, kemudian Allah menerima taubat mereka, kemudian kebanyakan dari mereka buta dan tuli (lagi). Dan Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan. (Q.S. Al-Maa’idah : 71)


6
Sesungguhnya binatang (makhluk) yang seburuk-buruknya pada sisi Allah ialah; orang-orang yang pekak dan tuli yang tidak mengerti apa-apapun. (Q.S. Al-Anfaal : 22)

7
Dan di antara mereka ada orang yang mendengarkanmu. Apakah kamu dapat menjadikan orang-orang tuli itu mendengar walaupun mereka tidak mengerti. (Q.S. Yunus : 42)

8
Perbandingan kedua golongan itu (orang-orang kafir dan orang-orang mukmin), seperti orang buta dan tuli dengan orang yang dapat melihat dan dapat mendengar. Adakah kedua golongan itu sama keadaan dan sifatnya? Maka tidakkah kamu mengambil pelajaran (daripada perbandingan itu)? (Q.S. Huud : 24)

9
Katakanlah (hai Muhammad): "Sesungguhnya aku hanya memberi peringatan kepada kamu sekalian dengan wahyu dan tiadalah orang-orang yang tuli mendengar seruan, apabila mereka diberi peringatan" (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 45)

10
Dan orang-orang yang apabila diberi peringatan dengan ayat-ayat Tuhan mereka, mereka tidaklah menghadapinya sebagai orang-orang yang tuli dan buta. (Q.S. Al-Furqaan : 73)

11
Sesungguhnya kamu tidak dapat menjadikan orang-orang yang mati mendengar dan (tidak pula) menjadikan orang-orang yang tuli mendengar panggilan, apabila mereka telah berpaling membelakang. (Q.S. An-Naml : 80)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang membicarakan tentang tuli. Semoga ayat-ayat di atas menjadi renungan dan pelajaran bagi kita. Dan semoga ayat-ayat di atas menambah keimanan dan wawasan kita terhadap agama Allah ini. Terlebih lagi di zaman fitnah dan keterasingan Islam di tengah-tengah umat.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 7 Rabiul Akhir 1439 Hijriyah/25 Desember 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon