15 Ayat Al-Quran Tentang Buta

15 Ayat Al-Quran Tentang Buta
15 Ayat Al-Quran Tentang Buta

AlQuranPedia.Org - Allah Ta’ala seringkali menyebut kata “buta” di dalam Al-Quranul Karim. Allah Ta’ala sering memaksudkan buta di sini bukanlah buta matanya, akan tetapi buta hatinya. Maksudnya adalah hatinya tidak mau menerima kebenaran, tidak mau menggunakan hatinya untuk mengingat Allah, tidak mau mengisi hatinya untuk hal-hal kebaikan, mengisi hatinya dengan maksiat dan dosa, mengisi hatinya dengan iri dan dengki, dan lain sebagainya. Akan tetapi beberapa ayat menunjukkan bahwa Allah memang memaksudkan buta matanya, seperti yang mengabaikan Al-Quran. Mereka kelak akan dibutakan matanya oleh Allah pada hari Kiamat.


Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat yang membicarakan tentang buta. Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Maka mereka mendustakan Nuh, kemudian Kami selamatkan dia dan orang-orang yang bersamanya dalam bahtera, dan Kami tenggelamkan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami. Sesungguhnya mereka adalah kaum yang buta (mata hatinya). (Q.S. Al-A’raaf : 64)

2
Sesungguhnya telah datang dari Tuhanmu bukti-bukti yang terang; maka barangsiapa melihat (kebenaran itu), maka (manfaatnya) bagi dirinya sendiri; dan barangsiapa buta (tidak melihat kebenaran itu), maka kemudharatannya kembali kepadanya. Dan aku (Muhammad) sekali-kali bukanlah pemelihara(mu). (Q.S. Al-An’aam : 104)

3
Dan perumpamaan (orang-orang yang menyeru) orang-orang kafir adalah seperti penggembala yang memanggil binatang yang tidak mendengar selain panggilan dan seruan saja. Mereka tuli, bisu dan buta, maka (oleh sebab itu) mereka tidak mengerti. (Q.S. Al-Baqarah : 171)

4
Tiada dosa atas orang-orang yang buta dan atas orang yang pincang dan atas orang yang sakit (apabila tidak ikut berperang). Dan barangsiapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya; niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai dan barang siapa yang berpaling niscaya akan diazab-Nya dengan azab yang pedih. (Q.S. Al-Fath : 17)

5
Dan orang-orang yang apabila diberi peringatan dengan ayat- ayat Tuhan mereka, mereka tidaklah menghadapinya sebagai orang- orang yang tuli dan buta. (Q.S. Al-Furqaan : 73)

6
maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada. (Q.S. Al-Hajj : 46)

7
Dan barangsiapa yang buta (hatinya) di dunia ini, niscaya di akhirat (nanti) ia akan lebih buta (pula) dan lebih tersesat dari jalan (yang benar). (Q.S. Al-Israa’ : 72)


8
Dan barangsiapa yang ditunjuki Allah, dialah yang mendapat petunjuk dan barangsiapa yang Dia sesatkan maka sekali-kali kamu tidak akan mendapat penolong-penolong bagi mereka selain dari Dia. Dan Kami akan mengumpulkan mereka pada hari kiamat (diseret) atas muka mereka dalam keadaan buta, bisu dan pekak. Tempat kediaman mereka adalah neraka jahannam. Tiap-tiap kali nyala api Jahannam itu akan padam, Kami tambah lagi bagi mereka nyalanya. (Q.S. Al-Israa’ : 97)

9
Dan tidaklah sama orang yang buta dengan orang yang melihat, dan tidaklah (pula sama) orang-orang yang beriman serta mengerjakan amal saleh dengan orang-orang yang durhaka. Sedikit sekali kamu mengambil pelajaran. (Q.S. Al-Mu’min : 58)

10
Sebenarnya pengetahuan mereka tentang akhirat tidak sampai (kesana) malahan mereka ragu-ragu tentang akhirat itu, lebih-lebih lagi mereka buta daripadanya. (Q.S. An-Naml : 66)

11
Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta." (Q.S. Thaahaa : 124)

12
Perbandingan kedua golongan itu (orang-orang kafir dan orang-orang mukmin), seperti orang buta dan tuli dengan orang yang dapat melihat dan dapat mendengar. Adakah kedua golongan itu sama keadaan dan sifatnya? Maka tidakkah kamu mengambil pelajaran (daripada perbandingan itu)? (Q.S. Huud : 24)

13
Dan tidaklah sama orang yang buta dengan orang yang melihat. (Q.S. Faathir : 19)

14
Katakanlah: Aku tidak mengatakan kepadamu, bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan tidak (pula) aku mengetahui yang ghaib dan tidak (pula) aku mengatakan kepadamu bahwa aku seorang malaikat. Aku tidak mengikuti kecuali apa yang diwahyukan kepadaku. Katakanlah: "Apakah sama orang yang buta dengan yang melihat?" Maka apakah kamu tidak memikirkan(nya)?" (Q.S. Al-An’aam : 50)

15
Mereka tuli, bisu dan buta, maka tidaklah mereka akan kembali (ke jalan yang benar), (Q.S. Al-Baqarah : 18)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang menyebutkan dan membicarakan tentang buta. Semoga ayat-ayat di atas menjadi renungan bagi kita agar hati kita lebih bersih dari segala keburukan. Semoga tulisan ini juga menambah iman dan wawasan kita terhadap agama Allah Subhanahu Wa Ta’ala.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 7 Rabiul Akhir 1439 Hijriyah/25 Desember 2017 Masehi.


EmoticonEmoticon