Dari Kuliah Umum Hingga Mengajar di Masjid Nabawi

Ustadz Firanda Andirja dan Syaikh Abdurrahman As-Sudais
Ustadz Firanda Andirja dan Syaikh Abdurrahman As-Sudais

Karya Ustadz Dr. Firanda Andirja, MA hafidzhahullah
Karya Ustadz Dr. Firanda Andirja, MA hafidzhahullah

Hidayah selalu saja menyinari hamba yang jujur dalam mencari kebenaran..
Dahulu beliau awam, sebagaimana kebanyakan anak kampus. Kuliah beliau pun awalnya adalah Universitas umum, tidak ada latar belakang pendidikan agama.

Namun saat seseorang mencari kebenaran, menelusuri jejak kenabian, maka Allah tunjukan jalan tersebut.

(Baca Juga : 8 Keuamaan Penghafal Al-Quran)

Ustadz DR. Firanda Andirja Lc,MA. Salah satu alumnus Universitas Islam Madinah, murid dari para ulama kibar di Kota Madinah. Siapa sangka, yang kini diberikan amanah sebagai pengajar tetap Masjid Nabawi, dahulu adalah pelajar di kampus umum, tidak mendalami agama. Namun dengan izin Allah yang Maha membolak balikkan hati, Allah tanamkan hatinya kecintaan kepada ilmu agama, sehingga beliau banting setir dari kuliah umum menuju kampus Islam ternama di Madinah.

Meski banyak manusia yang menuduh beliau macam-macam, menjulukinya dengan panggilan yang tidak seharusnya dilontarkan oleh seorang muslim. Namun beliau tenang, menghadapinya dengan hikmat dan ilmiah.

Jika pembelaan diri tidaklah berarti di hadapan manusia, biarkan sejarah kelak yang berbicara. Betapa banyak dahulu para ulama dihina, caci, difitnah semasa hidupnya. Namun Allah harumkan namanya setelah ia wafat.

Sebagaimana Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Imam Ibnul Qayyim, Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab, semasa hidupnya merasakan kerasnya kebencian dan fitnah dari musuh dakwahnya.

(Baca Juga : 7 Ayat Al-Quran Tentang Mutiara)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

واعلم أن النصر مع الصبر ، وأن الفرج مع الكرب ، وأن مع العسر يسرا

“Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan itu akan datang kemudahan.” (Hadits riwayat Abdu bin Humaid di dalam Musnad-nya dengan nomor 636, Ad Durrah As Salafiyyah hal. 148)

Baarakallah Ustadz DR. Firanda Andirja حفظه الله..
_____________
Hadhramaut-Yaman

Tulisan Al-Ustadz Abu Naayif Iqbal hafidzhahullah

Sumber: https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=136931197343935&id=100030811651129


EmoticonEmoticon