5 Ayat Al-Quran Tentang Angka Seratus

5 Ayat Al-Quran Tentang Angka Seratus
5 Ayat Al-Quran Tentang Angka Seratus

AlQuranPedia.Org – Kalau kita membaca Al-Quranul Karim maka kita akan seringkali mendapati penyebutan berbagai angka, seperti seribu, seratus, sepuluh, dua, tiga, empat, lima, enam, tujuh, delapan, dan lain sebagainya. Penyebutan-penyebutan itu tentu saja mengandung hikmah yang sangat besar dan tidak hanya sekedar angka biasa. Allah menyebut angka tersebut dengan bilangan pasti, artinya tidak kira-kira, kisaran, sekitar dan yang semacamnya. Bila disebut seratus berarti memang seratus, tidak kurang dan tidak lebih. Begitu pula angka-angka lainnya. Di dalam hadits juga banyak sekali penyebutan angka seperti 3 amal yang tidak terputus meskipun sudah meninggal, 6 hak muslim dengan muslim lainnya, 8 pintu surga, dan lain sebagainya.


Pada tulisan kali ini akan dibahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang menyebutkan ataupun membicarakan tentang angka seratus. Tetapi sebelum itu ada beberapa hadits yang menyebutkan tentang seratus ini pula.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ : قِيلَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ , هَلْ نَصِلُ إِلَى نِسَائِنَا فِي الْجَنَّةِ؟ فَقَالَ: «إِنَّ الرَّجُلَ لَيَصِلُ فِي الْيَوْمِ إِلَى مِائَةِ عَذْرَاءَ»

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu, ia berkata: Di antara para sahabat ada yang bertanya: ‘Wahai Rasulullah, apakah kami akan bertemu dengan istri kami kelak di surga?’. Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam menjawab: “Seorang lelaki dalam sehari akan bertemu (baca:berjima’) dengan 100 bidadari” (HR. Al-Bazzar dalam Musnad-nya 3525, Abu Nu’aim dalam Shifatul Jannah 169, Ath-Thabrani dalam As Shaghir, 2/12, hadits shahih)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

إن لله مائة رحمة أنزل منها رحمة واحدة بين الجن والإنس والبهائم والهوام، فيها يتعاطفون، وبها يتراحمون، وبها تعطف الوحش على ولدها، وأخر الله تسعا وتسعين رحمة يرحم بها عباده يوم القيامة

“Sesungguhnya Allah memiliki 100 rahmat. Salah satu di antaranya diturunkannya kepada kaum jin, manusia, hewan, dan tetumbuhan. Dengan rahmat itulah mereka saling berbelas kasih dan menyayangi. Dengannya pula binatang liar mengasihi anaknya. Dan Allah mengakhirkan 99 rahmat untuk Dia curahkan kepada hamba-hamba-Nya pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari no. 6104 dan Muslim no. 2725)

Dan masih banyak hadits-hadits yang lainnya. Langsung saja kita bahas ayat-ayat Al-Quran yang membicarakan tentang angka seratus. Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Atau apakah (kamu tidak memperhatikan) orang yang melalui suatu negeri yang (temboknya) telah roboh menutupi atapnya. Dia berkata: "Bagaimana Allah menghidupkan kembali negeri ini setelah hancur?" Maka Allah mematikan orang itu seratus tahun, kemudian menghidupkannya kembali. Allah bertanya: "Berapakah lamanya kamu tinggal di sini?" Ia menjawab: "Saya tinggal di sini sehari atau setengah hari." Allah berfirman: "Sebenarnya kamu telah tinggal di sini seratus tahun lamanya; lihatlah kepada makanan dan minumanmu yang belum lagi beubah; dan lihatlah kepada keledai kamu (yang telah menjadi tulang belulang); Kami akan menjadikan kamu tanda kekuasaan Kami bagi manusia; dan lihatlah kepada tulang belulang keledai itu, kemudian Kami menyusunnya kembali, kemudian Kami membalutnya dengan daging." Maka tatkala telah nyata kepadanya (bagaimana Allah menghidupkan yang telah mati) diapun berkata: "Saya yakin bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." (Q.S. Al-Baqarah : 259)


2
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al-Baqarah : 261)

3
Hai Nabi, kobarkanlah semangat para mukmin untuk berperang. Jika ada dua puluh orang yang sabar diantaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang yang sabar diantaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan seribu dari pada orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu kaum yang tidak mengerti. (Q.S. Al-Anfaal : 65)

4
Sekarang Allah telah meringankan kepadamu dan dia telah mengetahui bahwa padamu ada kelemahan. Maka jika ada diantaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang kafir; dan jika diantaramu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ribu orang, dengan seizin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar. (Q.S. Al-Anfaal : 66)

5
Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman. (Q.S. An-Nuur : 2)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang angka seratus. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan kita seputar Al-Quranul Karim.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 8 Syawwal 1440 Hijriyah/11 Juni 2019 Masehi.


EmoticonEmoticon